KEMBALI KE ARTIKEL
14 November 2019

 

Dalam menginsulasi atap, jenis insulasi yang paling banyak dijual di pasaran adalah insulasi termal aluminium foil. Lembaran insulasi termal ini terdiri dari dua lapisan utama yang saling berkolaborasi dalam meredam panas. Lapisan pertama merupakan aluminium foil itu sendiri. Fungsi lapisan ini adalah merefleksikan panas matahari hingga 97% yang membuat panas di dalam ruangan berkurang hingga 45%. Pula, lapisan ini mampu meredam suara hingga 7 db.

Lapisan kedua berupa lapisan berongga. Lapisan ini terdiri dari tiga pilihan bahan yang bisa digunakan, yaitu polythylene, bubble pack, dan glasswool. Bahan polyethylene lebih jago untuk mereduksi suara air hujan dari langit, sedangkan bahan bubble pack baik dalam mengurangi suhu panas.

Cara kerja insulasi atap

Saat panas matahari menyinari atap rumah, terjadi dua peristiwa yaitu pemantulan dan penyerapan. Panas matahari diserap oleh atap dan diteruskan ke dalam ruangan. Namun, dengan memakai insulasi atap, ia akan menghalangi panas dan menangkapnya serta disimpan dalam lapisan insulasi atap yang berongga. Hasilnya, suhu ruangan tidak terlalu panas dan lebih sejuk.

Jenis insulasi atap yang dijual di pasaran

Ada banyak jenis insulasi atap yang dijual di pasaran, tetapi yang paling banyak dijual adalah insulasi atap aluminium foilglasswool, dan bubble foil. Berikut adalah penjelasannya.

Aluminium foil

Insulasi Atap Aluminium Foil

Seperti yang sudah dikatakan, aluminium foil adalah insulasi atap yang paling banyak dijual dan dipakai. Berbentuk lembaran berwarna perak, insulasi atap ini efektif melindungi bangunan dari panas. Efeknya, ruangan pun terjaga kelembapannya. Kamu nggak perlu khawatir dalam proses pemasangannya karena cukup mudah dan nggak memerlukan waktu serta tenaga lebih.

Bubble Foil

Insulasi Atap Bubble Foil

Jenis insulasi atap ini memiliki sifat dan bentuk yang hampir sama dengan aluminium foil. Perbedaannya adalah bentuk permukaannya. Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa insulasi atap ini berbentuk lembaran dengan tekstur lingkaran sama besar di atasnya. Bubble foil mampu menyerap panas dan melindungi rumah dari panas berlebih. Jenis ini juga lebih ramah untuk manusia karena tidak beracun.

Glasswool

Insulasi atap ini terbuat dari serat fiberglass yang diolah sedemikian rupa sehingga membentuk lapisan seperti wool. Glasswool sering digunakan sebagai insulasi atap di gedung perkantoran, pabrik, dan lainnya. Dibandingkan dengan aluminium foilglasswool lebih baik dalam hal meredam suara. Maka dari itu, glasswool sering dipakai juga dala studio musik.