KEMBALI KE ARTIKEL
08 August 2018

Pada saat ini baja ringan sudah marak menjadi pengganti kayu atau baja konvesional sebagai rangka atap. GNET ROOF TRUSS datang sebagai solusi Rangka atap hunian anda, yang terbuat dari bahan Galvalume ini memiliki massa yang ringan namun kuat dan kokoh sebagai struktur bangunan. Baja ringan memiliki mutu yang tinggi dengan kekuatan gaya tarik di atas 550 MPA. Baja ringan biasanya diproduksi dengan profil C, walaupun terdapat profil-profil lain seperti L dan dan kotak/hollow. Masing-masing baja ringan memliki fungsi berbeda-beda. Profil pada baja ringan berfungsi untuk meningkatkan kemampuan gaya tekan.

Rangka atap baja ringan dapat dipasang dalam waktu relatif singkat karena bobotnya yang ringan dan dapat disambung dengan berbagai jenis sambungan.

Kelebihan Menggunakan Baja Ringan di bandingkan rangka atap kayu atau baja konvensional, rangka atap memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

Memiliki kekuatan yang lebih kuat namun ringan.

Dari segi kelebihan, konstruksi atap yang terbuat dari baja ringan ini cenderung lebih kuat dan harganya lebih murah. Karena terbuat dari bahan yang ringan, maka tidak akan terlalu membebani atap rumah.

Tahan terhadap serangan rayap sehingga lebih tahan lama.

Bahan baja ringan adalah salah satu bahan yang sangat cocok digunakan sebagai atap rumah karena bahan ini memiliki ketahanan yang luar biasa jika digunakan sebagai atap. Bahan baja ringan yang digunakan sebagai bahan atap bangunan akan digunakan untuk menggantikan penggunaan kayu. Untuk mencari kayu yang tahan rayap seperti kayu jati, pastinya dibutuhkan banyak uang. Harganya tidak jauh berbeda dengan harga dari baja ringan. Sedangkan jika anda menggunakan kayu biasa maka kemungkinan kayu tersebut akan rusak dalam waktu cepat sangat tinggi sehingga akan lebih menguntungkan menggunakan baja ringan yang notabennya memiliki ketahanan terhadap rayap yang tinggi. 

Tahan terhadap karat.

Material baja ringan tahan terhadap karat sehingga tidak memerlukan finishing cat lagi. Harganya juga lebih murah dibandingkan stainless steel yang memiliki keunggulan yang sama. Setelah dibongkar, baja ringan tetap memiliki nilai yang bisa dimanfaatkan kembali. Baja ringan bisa didaur ulang setelah pemakaiannya selesai sehingga lebih ramah lingkungan.

Proses pemasagan rangka atap baja ringan relatif cepat.

Proses instalasi atau pemasangan rangka atap baja ringan memerlukan waktu yang relatif singkat, yaitu sekitar tiga hari hingga satu minggu tergantung tingkat kerumitan dan luasan atap. Hal ini dikarenakan baja ringan mudah disambung dengan berbagai jenis sambungan seperti baut, keling, atau las. Selain itu dengan bobotnya yang ringan, mengurangi kesulitan selama proses konstruksi.

Mengurangi kemungkinan kesalahan pemotongan

Pada saat anda menggunakan kerangka dari bahan kayu. Anda perlu memotong kayu tersebut menjadi beberpaa bagian yang serupa sesuai dengan standarnya. Apa yang terjadi jika anda salah memotong kayu yang akan anda gunakan? Kayu tersebut menjadi tidak dapat digunakan bukan? Hal seperti ini tidak akan terjadi jika anda menggunakan baja ringan seperti yang Nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta miliki. Baja ringan telah dibuat dengan ukuran yang disesuaikan oleh pabriknya. Oleh karena itu anda tidak perlu repot-repot memotongnya kembali dan bisa langsung menggunakannya.

Ramah lingkungan

Seperti yang disebutkan sebelumnya teknologi muncul untuk mempermudah hidup manusia. Selain mempermudah kehidupan manusia, teknologi juga harus bisa digunakan untuk membantu alam agar bisa hidup lebih sehat. Dengan penggunaan baja ringan untuk bahan konstruksi, secara langsung anda telah mengurangi penebangan pohon untuk keperluan manusia. Dengan adanya hal ini anda mengurangi penggunaan populasi paru-paru dunia sehingga bumi dapat hidup dengan lebih sehat.

Pada saat ini baja ringan sudah marak menjadi pengganti kayu atau baja konvesional sebagai rangka atap. Rangka atap yang dibuat dari bahan Galvalume ini memiliki massa yang ringan namun kuat dan kokoh sebagai struktur bangunan. Baja ringan memiliki mutu yang tinggi dengan kekuatan gaya tarik di atas 550 MPA. Baja ringan biasanya diproduksi dengan profil C, walaupun terdapat profil-profil lain seperti L dan dan kotak/hollow. Masing-masing baja ringan memliki fungsi berbeda-beda. Profil pada baja ringan berfungsi untuk meningkatkan kemampuan gaya tekan. Rangka atap baja ringan dapat dipasang dalam waktu relatif singkat karena bobotnya yang ringan dan dapat disambung dengan berbagai jenis sambungan.