KEMBALI KE ARTIKEL
10 February 2020

Atap baja ringan dipilih banyak penghuni rumah sebagai material bangunan karena memiliki banyak keuntungan dibandingkan material lain. Diantaranya adalah pemasangannya lebih mudah, lebih awet, harganya lebih murah dibandingkan kayu. Namun, atap baja ringan memang memiliki sifat induktor yaitu, bisa menghantarkan listrik dengan mudah, sehingga memiliki resiko tersetrum saat melakukan instalasi terutama pada saat musim hujan. Risiko tersengat listrik bisa terjadi dengan material kontruksi apa saja. Kontruksi material kayu pun bisa menjadi konduktor listrik jika dalam kondisi basah. Kesalahan dalam pemasangan instalasi kelistrikan, bias menjadi salah satu faktornya. Tetapi ada cara untuk mencegah tersengat listrik dari atap baja ringan. Simak tipsnya di bawah ini.


1. Meletakkan Instalasi di Tempat Aman
Pencegahan tersengat listrik lainnya yaitu, selalu memposisikan instalasi listrik pada area yang tidak bersentuhan langsung dengan kontruksi baja ringan. Cobalah untuk memasang atau menempelkannya langsung pada dinding atau jika terpaksa ditaruh pada besi bisa buatlah posisinya agar menggantung.


2. Gunakan Material yang Memiliki Kualitas Terbaik
Selanjutnya, pilih pembungkus kabel dengan material terbaik. Cara yang satu ini harus kamu lakukan agar tidak tersengat listrik. Sebab, material terbaik bisa menghindari dari gigitan tikus. Walaupun lebih mahal, kabel dengan kualitas yang bagus dan kuat tentu lebih aman.


3. Bungkus Semua Kabel dengan Pipa Conduit
Tahukah kamu bahwa pipa conduit bisa membuat kabel listrik lebih tahan lama. Kamu akan terhindar dari peristiwa tersengat listrik dan kabel yang tergores sehingga isi tembaga keluar hingga rentan terjadi kebocoran instalasi.


4. Pasang Alat Pemutus Sirkuit Listrik di Rumah
Selanjutnya, untuk mencegah tersengat listrik kamu bisa memasang alat pemutus sirkuit. Alat ini berguna untuk menghentikan aliran listrik terutama saat alat ini mendeteksi ada arus yang mengalir melalui benda-benda penghantar listrik. Alat pemutus sirkuit lisrih bisa terhenti dan dapat menghindari kamu dari bahaya tersengat listrik.