KEMBALI KE ARTIKEL
13 December 2018

Sudah merasa rumah butuh nuansa baru? Coba lihat ke setiap sudut ruangan di rumah anda. Bisa saja selama setahun belakangan Anda menambah banyak barang hingga menumpuk dan membuat ruangan terlihat sempit. Ruangan yang terasa sesak dapat meningkatkan hormon kortisol dan menyebabkan stres? Jadikan momen awal tahun ini untuk memulai dengan suasana baru. Luangkan waktu untuk memilah dan merapikan barang-barang di rumah. Lihat tips bersih-bersih rumah dari GNET di bawah ini untuk membersihkan rumah di akhir tahun.

Merencanakan kegiatan beres-beres rumah tahunan.

membersihkan rumah di akhir tahun sebaiknya tidak dilakukan secara mendadak. Anda perlu merencanakannya jauh-jauh hari agar tidak ada bagian di rumah terlewatkan, efisien waktu, dan tepat sasaran.

Alokasikan hari tertentu

Kesibukan menjelang akhir tahun ditambah dengan rencana liburan untuk menyambut tahun baru bisa membuat rencana membersihkan rumah di akhir tahun tidak jarang akan terbengkalai. Tentukan hari yang akan Anda gunakan untuk merapikan rumah dari jauh hari. Di hari yang telah ditentukan, luangkan waktu seharian untuk benar-benar membersihkan rumah di akhir tahun.

Buat perencanaan tertulis

Sangat penting untuk merencanakan apa saja yang akan Anda lakukan saat membersihkan rumah di akhir tahun agar Anda fokus dan kegiatan beres-beres Anda efektif. Urutkan mulai dari prioritas tertinggi. Awali dengan membersihkan kamar Anda. Buat target yang ingin Anda capai hari itu, misalnya merapikan koleksi buku dan sneakers Anda. Kamar yang bersih bisa memotivasi Anda untuk membersihkan ruangan lain di rumah. Buat target yang realistis agar Anda tidak memaksakan diri harus selesai dalam satu hari.

Pilah-pilah barang

Bagian tersulit dari membersihkan rumah di akhir tahun adalah ketika Anda harus memilah-milah barang mana yang perlu Anda simpan, barang yang dapat didonasikan ke yang lebih membutuhkan, dan barang mana yang dapat dibuang. Kuncinya adalah untuk “tega” terhadap barang-barang yang memang sudah tidak berguna lagi agar tidak menumpuk dan menjadi rongsokan. Beri ruang untuk Anda beraktivitas, dan siapa tahu, barang yang tidak berguna lagi bagi Anda bisa bermanfaat bagi orang lain.

Gunakan boks transparan

Pada saat membersihkan rumah di akhir tahun pilih barang mana yang masih perlu Anda simpan dan dapat digunakan, bagi kembali menjadi dua kategori, yaitu barang yang sering dipakai dan jarang dipakai. Untuk barang yang sering dipakai, tempatkan di tempat yang mudah terlihat dan terjangkau. Sering dipakai atau tidak, tempatkan barang-barang Anda di boks atau kontainer transparan. Jangan lupa beri label untuk setiap boks agar Anda ingat apa saja yang ada di boks tersebut.

Jadi itu dia tips membersihkan rumah di akhir tahun, apakah Anda sudah siap untuk memulai tahun baru dengan tempat tinggal yang lebih rapi, bersih dan nyaman?