KEMBALI KE ARTIKEL
12 March 2019

Membangun rumah sendiri adalah impian hampir semua orang. Selain untuk menghemat pengeluaran, Anda juga dapat mempetahankan kualitas dan merancang sesuai keinginan Anda. Berikut ini kita sudah merangkum untuk anda, untuk Membangun rumah sendiri sederhana yang tidak menguras kantong Anda. Memilih sendiri bahan bangunan dan mengatur penempatan furnitur di dalam rumah akan menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk Anda.

Buat anggaran kebutuhan bahan secara rinci

Dalam membangun rumah sendiri, anda perlu merencanakan anggaran atau budget yang anda miliki. Rencanakanlah pembangunan rumah secara jelas dan detail sesuai dengan kebutuhan anda, Jika anda sudah tahu ukuran bangunan, bentuk rumah, dan target waktu pembangunan, saatnya membuat anggaran secara rinci.

Gunakan model rumah minimalis

Bentuk bangunan berpengaruh pada tingkat kesulitan pembangunan dan kebutuhan bahan bangunan. Dalam membangun rumah sendiri, rumah berbentuk persegi atau persegi panjang cenderung lebih mudah dibangun dan lebih hemat biaya dibandingkan dengan rumah berbentuk segitiga atau yang bersudut lainnya.

Membentuk beberapa sudut atau lengkungan akan menyisakan banyak material bangunan. Selain itu, tingkat kesulitan pada bangunan bersudut atau lengkung juga lebih tinggi, sehingga berisiko pada bentuk bangunan yang kurang sempurna serta beresiko dalam membangun rumah sendiri.

Pilih bahan bangunan lokal berkualitas

Saat membangun rumah sendiri, tentu ingin menggunakan bahan bangunan yang berkualitas. Sekarang udah banyak material lokal dengan kulitas tinggi, sehingga tidak perlu memakai semua material produksi luar negeri yang harganya kurang terjangkau. Salah satunya produk lokal yang memiliki kualitas tinggi dengan harga yang terjangkau adalah produk GNET, di tahun 2019 ini GNET sudah merambah berbagai macam produk bahan bangunan, mulai dari floordeck, baja ringan, lampu LED, silicate board, silicate plank, ACP, kitchen sink, atap metal, kitchen sink, plafond pvc hingga .

Dengan menggunakan bahan bangunan lokal biasanya punya harga yang lebih miring dari bahan produksi luar negeri dengan kualitas tetap terjamin. Dengan begini, anda bisa melakukan cukup banyak penghematan dalam membangun rumah sendiri.

Selektif memilih tukang bangunan

Membangun rumah sendiri bukan berarti Anda juga yang mendirikan rumah tersebut, tetapi butuh jasa juru bangunan atau tukang sebagai pelaksana pembangunan. Merekalah yang akan mengolah semua bahan bangunan dan menyajikan hasil akhirnya berupa bangunan rumah yang bagus berkualitas. Mengingat pentingnya peran dari tukang ini, tak heran jika biaya untuk membayar jasanya menyita bagian yang cukup besar dalam anggaran yang disiapkan. Oleh sebab itu, Anda harus selektif dalam memilih tukang. Pilihlah tukang yang benar-benar ahli di bidangnya dan memiliki reputasi kerja yang baik. Hal ini penting karena baik tidaknya kinerja tukang akan mempengaruhi efisiensi proses pembangunan rumah anda, mulai dari efisiensi waktu dan penggunaan bahan.

Dengan cara yang diatas, bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya membangun rumah sendiri.tak perlu bingung lagi untuk membangun rumah sendiri dengan dana terbatas.

Selamat mewujudkan hunian idamanmu dengan strategi di atas!