KEMBALI KE ARTIKEL
10 November 2021

GNET

 

Konsep rumah panggung modern aman dari banjir

Rumah panggung merupakan rumah tradisional Indonesia yang berbentuk panggung atau dasar rumah tidak menempel pada tanah. Ketinggian rumah panggung itu sendiri bervariasi dan bermacam-macam, tergantung tempat dan lokasi di mana rumah panggung tersebut berada. Ada yang 50cm atau bahkan ada yang mencapai 2 meter. Dulu, rumah panggung sering dijadikan solusi tempat berteduh pada lingkungan seperti perbukitan hingga pesisir pantai. Namun seiring perkembang zaman, konsep rumah panggung telah mengalami modifikasi sedemikian rupa. Rumah panggung masa kini pun sudah mulai sering ditemukan di perkotaan dengan desain modern minimalis. Nah, untuk kamu yang tertarik untuk membangun rumah dengan konsep rumah panggung, di bawah ini Genta menyediakan beberapa mdoel rumah panggung modern dan juga tentunya anti banjir. Yuk simak!

 

1. Model rumah panggung modern minimalis bentuk kubus

rumah panggung modern

Sumber: Homify

Model rumah panggung berbentuk kubus tersebut tampak elegan jika dilihat dari jauh. Fasadnya sendiri dibuat berlapis kayu agar tampak alami. Jika tidak ingini memakai kayu asli, kamu bisa menggantinya dengan GNET Plank. Nah, bagian lantai bawah sengaja dikosongkan agar siap kapan saja saat banjir datang. Saat tidak banjir, lantai bawah bisa digunakan sebagai garasi. 

 

2. Model rumah panggung modern minimalis ala Scandinavian

rumah panggung modern scandinavian

Sumber: scandinavianretreat.blogspot.com 

Rumah ala Scandinavian biasanya minimalis dan tidak terlalu banyak aksesoris baik eksterior maupun interiornya. Seperti terlihat pada gambar di atas, bahkan finishing luarnya pun dibuat apa adanya, namun malah justru terlihat artistik. Selain itu, bangunan tersebut memiliki bentuk asimetris. Walaupun asimetris dan minimalis, justru gaya-gaya seperti ini menampilkan kesan modern masa kini, cocok untuk rumah untuk millenial. 

 

3. Model rumah panggung modern di area perkotaan

rumah panggung modern di area perkotaan

Sumber: Pinterest

Model rumah panggung belakangan mulai banyak diminati oleh masyarakat perkotaan di Indonesia, terutama untuk daerah yang rawan banjir. Dengan luas tanah yang tidak terlalu luas, maka estetika dan fungsional rumah menjadi sangat penting sebagai bahan pertimbangan. Hal ini mencakup sirkulasi udara lancar, ketersediaan lahan terbuka hijau, parkir, serta aman dari banjir. Oleh karena itu, model rumah panggung banyak menjadi pilihan. 

 

4. Model rumah panggung dengan gaya industrial

rumah panggung modern di perkotaan

Sumber: Pinterest

Konsep rumah panggung ini sebenarnya dapat dikombinasikan dengan konsep rumah lainnya. Salah satu konsep yang bisa diterapkan yaitu konsep rumah industrial. Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, penggunaan warna-warna semen atau abu-abu selalu melekat pada konsep rumah industrial, atau biasa dikenal dengan konsep unfinished. Btw, kamu bisa menggunakan GNET board loh untuk konsep industrial ini. Bahan jelas berkualitas, ramah lingkungan, dan tentunya jadi makin estetik!

 

Nah, buat kamu yang berencana membangun rumah, semoga beberapa penjelasan di atas bisa membantu dan menginspirasimu untuk mewujudkan rumah idamanmu ya. Jangan lupa tetap gunakan bahan bangunan berkualitas dari GNET untuk hasil terbaik. Hunian nyaman, GNET solusinya!