KEMBALI KE ARTIKEL
15 May 2021

GNET

Tips membersihkan lantai keramik

Lantai keramik kamu terlihat kusam? Lantai keramik yang kusam dapat mengurangi estetika rumah. Wajar sih kalau lantai rumah tiba-tiba terkena tumpahan minuman, minuman, atau noda lainnya. Tapi yang jadi masalah adalah ketika kotoran atau noda tersebut tidak segera dibersihkan. Kotoran tersebut lama kelamaan bisa mengendap dan akhirnya menjadi bekas yang sulit dibersihkan.

Kalau lantai keramik kamu mulai terlihat kusam, jangan buru-buru menggantinya dengan keramik baru. Keramik kusam bisa disebabkan oleh kotoran yang mengendap, barang yang diletakkan di atas keramik terlalu lama sehingga membekas, atau bisa juga faktor usia karena umurnya terlalu lama. Mesti terlihat sepele, jangan menganggap remeh tentang hal ini. Berikut Genta rangkum beberapa cara membersihkan lantai keramik yang sudah terlanjur kusam. Bahan-bahannya pun sengaja Genta pilih yang mudah ditemukan di rumah kok. Yuk simak!

 

1. Membersihkan lantai keramik dengan cuka

membersihkan lantai keramik cuka

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat keramik tidak kusam lagi adalah larutan cuka. Selain mudah didapatkan, bahan ini bisa membuat keramik yang kusam bisa kembali mengkilap. Cara menggunakannya pun cukup mudah lho. Cukup tuangkan cuka putih ke atas keramik yang kusam dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, gunakan kain kering untuk menggosok keramik tersebut. Untuk menghilangkan aroma cuka yang cukup kuat, kamu bisa gunakan pembersih lantai setelahnya.

 

2. Membersihkan lantai keramik dengan tepung terigu

Salah satu penyebab keramik mudah kusam adalah noda berupa minyak. Oleh karena itu, lantai dapur adalah yang paling sering terkena noda ini. Jika terkena noda minyak terus menerus, maka lentai dapur lama kelamaan akan kusam. Nah, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan tepung terigu. Cukup taburkan tepung terigu ke lantai yang berminyak, dan tunggu hingga bahan tersebut menyerap minyak di permukaan lantai.

 

3. Membersihkan lantai keramik dengan kaporit

membersihkan lantai dengan kaporit

Kaporit biasanya digunakan untuk menjernihkan air. Namun ternyata, kaporit juga bisa lho digunakan untuk membersihkan keramik yang terlihat kusam. Caranya cukup dengan menaburkan kaporit di atas keramik dan diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas keramik dengan air bersih. Untuk menghilangkan noda yang melekat, gosok keramik menggunakan sikat sambil dibilas dengan air bersih. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali hingga keramik terlihat kembali mengkilap.

 

4. Membersihkan lantai keramik dengan baking soda

Selain mudah ditemukan di pasaran, baking soda juga ampuh lho untuk membersihkan noda dan kotoran yang menempel di permukaan lantai keramik. Caranya cukup mudah, campurkan baking soda dan air hingga menjadi bahan pasta, kemudian oleskan atau lapiskan pasta tersebut ke lantai yang memiliki noda bandel, kemudian diamkan hingga mengering.

 

5. Membersihkan lantai keramik dengan cairan karbol

Cairan karbol juga mudah ditemukan di pasaran. Cairan ini mengandung zat kimia yang cukup kuat untuk melunturkan noda kusam yang menempel pada keramik. Karena cairan ini mengandung zat kimia yang cukup kuat, maka ketika mengaplikasikan bahan ini pada keramik sebaiknya gunakanlan sarung tangan agar karbol tidak langsung mengenai kulit.

Gimana? Cukup mudah kan untuk merawat lantai keramik? Kamu gak harus ganti lantai keramik kalau suatu saat terlihat mulai kusam, tapi cukup lakukan cara-cara yang Genta telah sebutkan di atas. Tapi kalau sudah gak ketolong, ya mending ganti keramiknya. Hehehe Pakai GNET Ceramic Tile untuk kualitas terbaik dengan harga ekonomis. Hunian nyaman, GNET solusinya.