KEMBALI KE ARTIKEL
14 February 2022

GNET

Desain rumah art deco

Mungkin sebagian dari kamu pernah denger istilah art deco. Desain art deco adalah salah satu gaya desain yang pernah menjadi tren pada zaman dahulu. Lebih lanjut, art deco sebenarnya merupakan salah satu desain arsitektur yang berkembang dan sempat populer sekitar tahun 1920-1930. Walaupun sudah cukup lama, ternyata masih banyak juga yang menyukai desain ini hingga sekarang. Desain art deco ini mempunyai karakter yang artistic, estetik, namun tetap mewah dilihat. Penasaran gimana desain rumah art deco ini? Yuk simak beberapa karakteristiknya di bawah ini!

 

1. Desain rumah art deco mempunyai sebagian sisi melengkung

Desain rumah art deco 1

Sumber: Flickr

Arsitektur art deco identik dengan karakteristiknya yang maskulin namun tidak kaku. Rumah yang menerapkan desain ini, sebagian sisi bangunan dibuat melengkung sebagai fokus utama dari bangunan. Kombinasi antara gaya desain yang tegas dengan sisi yang melengkung menjadi salah satu ciri khas desain art deco. 

 

2. Desain rumah art deco memiliki atap datar

Desain rumah art deco 2

Sumber: nilase.top

Karena desain art deco berasal dari Eropa dan merupakan adaptasi dari gaya kubisme, desain art decocenderung mempunyai atap datar. Walaupun tidak semua bangunan art deco beratap datarnamun sebagian besar bangunan yang menerapkan arsitektur ini memiliki bentuk atap datar. Di negara-negara tropis, biasanya ada beberapa penyesuaian, salah satunya menggunakan atap miring, namun disiasati dengan ketinggian atap rendah agar atap tetap terlihat rata.

 

3. Desain rumah art deco memiliki jendela pada fasad

Desain rumah art deco

Sumber: design-milk.com

Jendela adalah salah satu elemen yang melekat pada desain rumah art deco  Bentuk bangunan yang tegas dengan salah satu sisi melengkung, dan dengan jendela pada fasad menjadi ciri khas yang selalu melekat pada desain rumah art deco. Selain jendela, arsitektur art deco  juga seringkali menggunakan balok-balok kaca yang disusun rapi. Selain berfungsi sebagai estetika rumah, balok-balok kaca ini juga berfungsi sebagai pencahayaan alami pada rumah agar rumah tampak lebih terang dan sehat.

 

4. Penggunaan warna yang variatif

desain rumah art deco 4

Sumber: home-designing.com

Desain art deco menekankan pada kebebasan berekspresi. Oleh karena itu, kreativitas merupakan unsur penting dalam desain rumah art deco. Pemilihan warna dalam desain art deco juga tidak mengenal batasan. Warna yang digunakan seringkali warna-warna yang terang dan berani.

 

5. Furnitur klasik

desain rumah art deco 5

Sumber: Pinterest

Karena arsitektur ini populer di tahun 1920an, desain interior rumah art deco banyak menggunakan furnitur atau perabotan klasik. Gaya klasik dianggap dapat memberikan kesan mewah dalam ruangan.

Nah, itulah sekilas mengenai desain rumah art deco yang populer tahun 1920an namun masih relevan jika diterapkan pada hunian masa kini. Apakah kamu tertarik mengaplikasikannya pada rumahmu? Apapun gaya arsitektur yang kamu terapkan, jangan lupa untuk menggunakan bahan bangunan berkualitas ya! Hunian nyaman, GNET solusinya.