KEMBALI KE ARTIKEL
23 February 2022

GNET

Mengenal Flashing Pada Atap Rumah

Jika kamu seorang arsitek atau kontraktor bangunan, pasti kamu udah gak asing lagi dengan istilah Flashing. Hal ini karena setiap pekerjaan konstruksi bangunan yang melibatkan eksterior rumah pasti mempunyai lebih dari satu Flashing. Nah, buat kamu yang belum familiar dengan istilah Flashing, apa saja jenis Flashing, dan lain sebagainya, yuk simak di bawah ini penjelasannya! 

Apa itu Flashing?

flashing atap rumah 1

Sumber: coloradoroofingpro.com

Dalam konstruksi baja ringan, Flashing adalah salah satu material bangunan yang digunakan untuk melindungi rumah dari kebocoran. Flashing dipasang di bawah sambungan antara plafon dengan atap. Flashing ini berfungsi sebagai segel pelindung pada sambungan antara plafon dan atap rumah dari segala macam kerusakan yang disebabkan oleh air.

Mengapa perlindungan terhadap sambungan atap dan plafon dibutuhkan? Alasannya karena atap dan sisi rumah adalah salah satu bagian terlemah dan bagian paling sensitif terhadap kebocoran atau kerusakan lainnya yang disebabkan oleh air hujan.  

 

Material flashing

flashing pada atap rumah 2

Sumber: rollsec.com.au

Flashing yang berkualitas terbuat dari galvalume, karena galvalume terbuat dari baja ringan yang dilapisi aluminium, silikon dan seng (zinc). Komposisi tersebut bertujuan untuk melindungi baja dari oksidasi sehingga tidak mudah berkarat. Fungsi dari flashing tersebut ialah untuk mencegah air agar tidak mudah masuk ke dalam rumah dan membuat atap rumah terlihat lebih rapi dan estetik. Untuk kualitas terbaik, gunakan GNET Flashing. Dengan bahan galvalume, GNET Flashing dirancang khusus dengan desain modern, kedap terhadap air, tahan terhadap karat, tahan panas, ringan dan kuat, tahan lama, serta ramah lingkungan. GNET Flashing juga bersifat fleksibel dan mudah dibentuk, sehingga memudahkan dalam proses pemasangannya.

 

Jenis flashing

Sebenarnya, kebutuhan flashing tidak hanya untuk atap, namun ada beberapa jenis flashing yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Apa saja sih jenis flashing? Berikut jenis flashing yang ada di pasaran saat ini:

1. Flashing Atap (Roofing Flashing)

Flashing atap atau Roofing Flashing biasanya terbuat dari logal seperti alumunium, stainless steel, atau baja galvanis. Proses pemasangan flashing ini bisa dilakukan secara internal maupun eksternal. Secara internal, pemasangan flashing dilakukan di bawah atap sirap (atap yang dibuat bersusun seperti potongan-potongan kayu). Untuk pemasangan eksternal, atap yang dipasang adalah di atas sirap yang letaknya di lembah maupun di sekitar puncak atap. Beberapa contoh Flashing atap:

- Lembah atap

- Puncak atap

- Di sepanjang tepi atap dan dinding

- Di sekitar ruang ventilasi

- Di sekitar cerobong asap

2. Flashing jendela (Window Flashing)

flashing atap rumah 3

Sumber: certainteed.com

Selain flashing atap, flashing juga bisa dipasang di sepanjang jendela. Fungsinya adalah untuk mencegah mesuknya air hujan yang bocor di sela-sela jendela. Hal ini karena hujan yang disertai dengan angin kencang bisa masuk dengan mudah ke dalam celah kecil. Namun dengan adanya flashing jendela, area sepanjang jendela rumah dapat terlindungi. Flashing jendela juga memiliki beberapa jenis:

- Flashing dengan bahan lempengan logam

Lempengan logam ini adalah lempengan yang tipis dari dasar logam. Material ini mudah dibentuk sehingga bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan ruangan.

- Flashing dengan bahan vinyl

Vinyl ini merupakan salah satu jenis material yang bisa digunakan sebagai pelapis lantai. Flashing dengan bahan vinyl harganya relatif lebih murah dibanding jenis flashing lainnya.

- Flashing dengan bahan tape

Tape adalah salah satu bentuk terbaru dari flashing. Flashing dari bahan tape hadir sebagai membran yang sangat fleksibel yang dapat melekat sendiri. 

 

3. Flashing Dek (Deck Flashing)

Ketika kamu akan memasang teras atau dek, akan lebih baik jika kamu memasang pelindung tambahan, yaitu flashing dek. Ada beberapa jenis flashing dek: stainless steel, vinyl, dan tembaga. 


 

Keunggulan GNET Flashing

GNET flashing atap rumah

Untuk kualitas terbaik, gunakan GNET Flashing. Dirancang khusus dengan bahan berkualitas, GNET Flashing memiliki banyak keunggulan:

1. Fleksibel

GNET Flashing memiliki karakter fleksibel sehingga akan lebih memudahkan proses pemasangan.

2. Tahan terhadap api

GNET Flashing terbuat dari bahan galvalume berkualitas, sehingga GNET Flashing tidak mudah terbakar.

3. Tahan terhadap karat

Flashing dari GNET tahan terhadap karat karena terbuat dari galvalume yang dilakpisi oleh seng dan alumunium.

4. Awet dan tahan lama

GNET Flashing mampu menahan beban berat yang berada di atasnya serta memiliki durabilitas yang tinggi sehingga awet dan tahan lama.

 

Nah, itulah sekilas mengenai apa itu flashing, material flashing, dan fungsi flashing pada rangka baja ringan. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi referensi ketika kamu ingin mencari flashing untuk kebutuhan rumah. Jangan lupa untuk selalu gunakan bahan bangunan berkualitas ya untuk hunian idamanmu. Hunian nyaman, GNET solusinya!