KEMBALI KE ARTIKEL
09 January 2024

Berbicara tentang keamanan, folding gate merupakan salah satu komponen yang tidak boleh dilewatkan. Bagaimana tidak? Folding gate mempunyai durabilitas tinggi dan kokoh sehingga sulit untuk ditembus oleh tamu-tamu yang tidak diinginkan. 

GNET Indonesia akan mengajakmu untuk mengulas lebih lengkap mulai dari apa itu folding gate sampai kisaran harga sebagai referensi untuk membelinya. Simak langsung pembahasanya melalui artikel yang ada di bawah ini.

Apa itu Folding Gate?

Folding gate adalah salah satu jenis pagar yang mempunyai karakteristik bisa dilipat untuk menutup atau membuka area bangunan. Umumnya pagar ini terbuat dari material yang kokoh namun tetap ringan. Dengan demikian, Kamu dapat dengan mudah untuk melipatnya tanpa terasa beban yang berat.

Kamu tentu sering menemukan folding gate banyak digunakan untuk garasi, ruko, gudang dan bangunan perkantoran. Mekanisme folding gate adalah dengan menggeser pintu secara horizontal dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Berbeda dengan rolling door yang mekanisme untuk buka tutupnya dilakukan secara vertikal dari atas ke bawah.

Keunggulan Folding Gate dari Jenis Gerbang Lainnya

Apa sajakah keunggulan folding gate yang menjadikan pagar ini banyak digunakan pada beragam jenis bangunan?

  1. Instalasi Mudah

Walau mekanismenya tak semudah pagar pada umumnya, instalasi folding gate ternyata cukup mudah dan cepat. Kamu cukup mempersiapkan obeng, mesin las dan komponen-komponen pendukung pemasangan folding gate. Namun jika Kamu tidak mempunyai waktu untuk pemasangan, Kamu dapat meminta tolong langsung pada ahlinya agar proses instalasi dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Dengan proses instalasi yang mudah memungkinkan folding gate dapat segera digunakan. Alhasil keamanan bangunan Kamu pun akan lebih terjamin sehingga Kamu tidak perlu waspada akan adanya ancaman pencurian.

  1. Hemat Ruang

Seperti diketahui, mekanisme folding gate dilakukan secara dilipat. Hal ini memungkinkan folding gate tidak memakan banyak ruang. Saat dibuka, folding gate seolah-olah akan terlipat. Lalu ketika ditutup lipatan pagar tersebut bakal membentang menutupi area bangunan secara solid. 

Itu sebabnya, folding gate sangatlah cocok untuk diaplikasikan pada bangunan dengan ketersediaan ruang yang terbatas. Misalnya seperti, ruko, kantor, garasi dan lain sebagainya.

  1. Varian Desain dan Warna

Di pasaran, folding gate tersedia dalam berbagai desain dan warna. Artinya Kamu bisa menyesuaikan pemilihan folding gate dengan kebutuhan dan konsep bangunan. Apabila bangunanmu merupakan sebuah ruko, maka direkomendasikan untuk memilih desain yang minimalis dan berwarna gelap. 

Hal tersebut lantaran ruko biasanya memiliki lalu lintas pengunjung yang tinggi. Pemilihan warna gelap akan membuat folding gate tidak mudah kotor. Alhasil Kamu dapat lebih mudah dalam melakukan perawatan.

  1. Ventilasi dan Visibilitas

Tahukah Kamu? Bahwa folding gate nyatanya dapat memberikan ventilasi dan visibilitas untuk yang baik untuk bangunan. Hal ini lantaran folding gate terdiri dari dua lapis bagian. Daun besi untuk lapisan luar dan rangka besi harmonika.

Kamu dapat membuka daun besi dan mempertahankan kerangka besi harmonika supaya udara dan cahaya alami bisa masuk. Walau begitu keamanannya tetap terjamin. Pasalnya, rangka besi harmonika tetap bisa Kamu kunci. 

Jenis Folding Gate Berdasarkan Materialnya

Berikut ada beberapa jenis folding gate yang bisa Kamu pilih berdasarkan material pembuatannya.

  1. Folding Gate Galvalum

Jenis pertama ada folding gate galvalum.  Buat Kamu yang ingin memiliki folding gate dengan tingkat durabilitas tinggi, tetapi tetap memiliki bobot ringan jenis ini bisa jadi solusi tepat. Pasalnya folding gate galvalum mempunyai daya tahan terhadap korosi dan kerusakan yang diakibatkan oleh perubahan cuaca, serta paparan sinar uv matahari.

  1. Folding Gate Galvanis

Sekilas folding gate galvalum dan folding gate galvanis tampak serupa. Akan tetapi, ternyata komposisi pembuatannya cukup berbeda. Folding gate galvanis mempunya kandungan aluminium yang lebih rendah dari galvalum sehingga harganya lebih terjangkau. Namun, Kamu perlu memberi lapisan anti karat supaya folding gate galvanis tak mudah mengalami korosi.

  1. Folding Gate PVC

Selanjutnya ada folding gate PVC. Material PVC adalah jenis plastik yang kuat dan tahan karat. Folding gate jenis ini dapat menjadi alternatif yang cocok buat Kamu jika memiliki anggaran terbatas karena harganya lebih terjangkau. 

Selain itu beberapa folding gate PVC juga sudah memiliki sifat insulasi termal dan akustik. Hal ini tentu akan membantu interior ruangan dalam mempertahankan suhu secara stabil dan meminimalisir gelombang suara yang bising dari luar.

  1. Folding Gate Kayu

Buat Kamu yang ingin menghadirkan estetika dan tampilan unik, folding gate kayu bisa jadi pilihan tepat. Itu karena tampilan dari folding gate kayu sangat khas dan berbeda jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

Namun, Kamu harus memberikan perhatian lebih pada folding gate kayu. Terutama pada segi perawatan. Jika tidak dikhawatirkan folding gate kayu mengalami keropos akibat rayap. Untuk itu, Kamu perlu melapisi cat anti rayap supaya material kayu pada folding gate bisa tetap awet.

Tips Memilih Folding Gate

Sebelum membeli folding gate, berikut ada beberapa tips untuk pemilihannya.

  • Sesuaikan ukuran folding gate dan area bangunan

  • Cari tahu spesifikasi sesuai ketersediaan anggaran

  • Pilih folding gate yang telah dilapisi cat pelindung atau cat anti rayap

  • Padupadankan desain folding gate dengan konsep bangunan

  • Perhatikan tingkat kesulitan perawatan

  • Tingkat kesulitan proses instalasi

  • Garansi pemasangan dan kerusakan produksi

Kisaran Harga Folding Gate

GNET Indonesia telah merangkum beberapa kisaran harga folding gate yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu untuk membelinya.

No. Jenis Harga
1. Folding Gate 0,5 Bahan Galvalum Rp550.000
2. Folding Gate 0,4 Bahan Galvanis Rp450.000
3. Folding Gate Besi Rangka Standar Rp430.000
4. Folding Gate Galvalum Rp650.000
5. Pintu Harmonika Folding Gate Rp850.000

 

Penutup

 

Itulah pembahasan tentang apa itu folding gate, keunggulan, jenis, tips memilih dan kisaran harganya. Semoga artikel pembahasan di atas bisa memberikan insight bermanfaat untuk Kamu. Temukan lebih banyak artikel tentang tips dan trik menarik lainnya di website GNET Indonesia.