KEMBALI KE ARTIKEL
05 May 2021

GNET

Seberapa penting sih pencahayaan alami?

pencahayaan alami bangunan

Sumber: interiorrumah-elegan

Cahaya alami yang berasal dari matahari memiliki banyak sekali manfaat untuk rumah atau hunian. Menurut Departemen Energi Amerika Serikat, cahaya dalam rumah yang sebaiknya digunakan adalah cahaya alami yang didapatkan dari cahaya matahari. Hal ini tidak hanya menciptakan suasana hangat di dalam ruangan, tapi juga memiliki manfaat kesehatan serta dapat menghemat energi. Oleh karena itu, tak heran jika pencahayaan alami pada bangunan dapat menjadi pilihan banyak orang. Sebenarnya seberapa penting sih pencahayaan alami pada suatu bangunan atau ruangan? Apa dampaknya jika ruangan tanpa pencahayaan alami? Yuk kita bahas lebih lengkap!

 

1. BAIK UNTUK KESEHATAN

cahaya alami bangunan untuk kesehatan

Sumber: Arsitag

Dari segi kesehatan, cahaya matahari mampu memberikan rasa hangat ke dalam rumah. Selain itu, cahaya matahari juga baik untuk kesehatan karena bisa memberikan asupan vitamin D bagi tubuh, mengurangi kelembapan sehingga ruangan terasa lebih segar, bahkan dapat membantu mencegah timbulnya bau yang tidak sedap akibat jamur.

 

2. MENAMBAH KESAN LUAS PADA RUANGAN

pencahayaan alami bangunan

Sumber: Pinterest

Cahaya alami memiliki peran yang penting dalam perpepsi ruang. Hal yang akan kamu rasakan ketika rumah mendapat pencahayaan alami yang cukup adalah kesan bertambah luas. Cahaya alami akan menyinari sudut-sudut gelap dan berbayang, sehingga batas ruangan terasa lebih besar. Efek cahaya ini akan kurang maksimal jika hanya mengandalkan cahaya dari lampu.

 

3. PENCAHAYAAN ALAMI AKAN MENINGKATKAN MOOD / ENERGI

pencahayaan alami pada kamar

Sumber: interiordesign.id

Punya masalah bangun pagi? Setiap pagi, ruangan yang gelap dan minim sinar matahari akan membuat kita sulit bangun dan beranjak dari tempat tidur. Hal itu tidak akan terjadi jika kamarmu mendapat pencahayaan alami dari jendela yang besar. Cahaya alami memberikan keuntungan besar bagi energi dan mood kamu. Sinar matahari mampu membantu meningkatkan mood dan mendorong semangatmu dalam menjalani aktivitas, serta dapat membantumu semakin kreatif dan produktif. Coba deh!

 

4. PENCAHAYAAN ALAMI HEMAT ENERGI DAN BIAYA

pencahayaan alami hemat energi

Sumber: Pinterest

Dalam merancang suatu bangunan, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah efisiensi energi. Dalam merancang atau mendesain ruang, sebisa mungkin meminimalisit penggunaan daya listrik. Bangunan dengan desain yang banyak jendela, penggunaan atap transparan seperti trimdek, pvc roof, dan lain sebagainya mendukung gaya hidup hemat energi dan tentunya dapat mengurangi biaya pengurangan listrik.

 

5. MEMBANTU MENCEERAHKAN WARNA ASLI DARI BARANG-BARANG DI DALAM RUANGAN

manfaat cahaya alami untuk ruangan

Sumber: Arsitekturia

 

Ruangan yang gelap atau redup akan membuat warna dinding atau perabotan di rumah terlihat lebih kusam. Nah, beda cerita jika ada pencahayaan alami. Warna-warna tersebut akan lebih terlihat jelas dan hidup. Konsep desain dan warna yang digunakan pun akan memberikan kesan dan karakter yang lebih kuat.

 

Tuh kan, jangan sepelekan pencahayaan alami pada suatu hunian ya, karena manfaatnya banyak banget! Dari segi kesehatan sampai ke estetika suatu ruangan, kita butuh cahaya matahari untuk rumah yang lebih nyaman. Pakai selalu produk berkualitas dari GNET. Hunian nyaman, GNET solusinya!