KEMBALI KE ARTIKEL
25 January 2022

GNET

Membangun landasan garasi mobil

Ketika membangun rumah, membangun pondasi yang kuat merupakan hal yang paling penting. Hal yang sama juga dilakukan ketika membangun carport atau garasi mobil. Pondasi ini harus direncanakan secara matang dan dibuat dengan cermat. Ketika membangun carport, karena carport ini bersifat ruangan tambahan, kebanyakan orang terkadang mengabaikan struktur pondasinya. Padahal pembuatan carport atau garasi tidak bisa dibuat sembarangan dan harus dibuat dengan perhitungan yang tepat, mengingat beban yang ditanggung juga cukup berat. Untuk lebih jelasnya, simak teknik membangun landasan carport yang kuat.

1. Dalam membangun landasan carport, buatlah subgrade yang konstan

membangun landasan carport kuat

Sumber: houzz.com

Seringkali carport atau garasi mobil dibuat dengan menguruk halaman depan, lalu memadatkannya. Setelah itu menempatkan keramik di atasnya. Ketika membuat landasan carport semacam ini, tentu saja landasannya tidak kuat. 

Untuk memiliki landasan yang kuat, siapkanlah susunan subgrade terlebih dahulu. Bersihkan serta ratakan ruangan yang nantinya akan dipakai carport atau garasi mobil. Selanjutnya, padatkan dengan menggunakan mesin pemadat atau stamper agar landasan carport tersebut nantinya benar-benar kuat dan tidak gampang retak. Kemudian tambahkan batu kali berdiameter sekitar 20 cm atau gravel supaya membuat susunan yang padat. Susunan batu ini akan meningkatkan kepadatan subgrade serta menghindarkan risiko tanah naik ke atas. Setelah itu hamparkan pasir atau sirtu dengan ketebalan sekitar 5 cm.

 

2. Dalam membangun landasan carport, siapkan pengecoran beton secara cermat

Pada tahap ini, lihatlah kualitas beton yang akan dipakai dalam pengecoran. Gunakan kualitas beton yang berkualitas tinggi. Kualitas beton direpresentasikan dengan huruf K dan diikuti angka di belakangnya. Makin tinggi angka, makin tinggi kualitasnya. Misalnya K200 dan K300.

Untuk carport atau garasi rumah, beton K200-K250 sudha cukup memenuhi standard, namun waktu yang diperlukan cukup lama, yaitu hingga 28 hari. Hal ini dilakukan agar beton cor sampai pada kemampuan optimalnya. Selain itu, perhatikan juga tulangan beton yang dipakai. Untuk carport, tulangan beton yang dipakai berukuran sekitar 8-10 cm. Sebaiknya proses pengecoran dikerjakan secara terus menerus dan tidak terputus agar hasil pengecoran bisa lebih maksimal. Untuk hasil yang lebih baik, kerjakan pengecoran beton pada malam hari. 

3. Dalam membangun landasan carport, perhatikan juga estetikanya

Landasan carport dari bahan beton jadi pilihan kebanyakan orang. Namun tampilan lantai carport dari beton cor kurang menarik karena warnanya yang kusam. Kamu bisa melapis beton cor dengan menggunakan beton cap atau floor hardener.

a. Landasan carport menggunakan beton cap

Salah satu opsi untuk melapisi beton cor yaitu dengan menggunakan beton cap. Dengan menggunakan beton cap, dijamin tampilan carport menjadi lebih menawan! Pertama, tebarkan bahan color hardener terlebih dahulu pada saat beton cor ada dalam keadaan setengah kering. Setelah itu, tambahkan bahan release agent yang berfungsi untuk mencegah melekatnya color hardener pada alat bikin.

Langkah selanjutnya ialah dengan menggunakan alat bikin yang terbuat dari karet. Alat bikin ini berperan membuat struktur dengan kedalaman 3mm s/d 1cm. Pada hari selanjutnya, dilakukan proses finishing untuk menyempurnakan warna pada permukaan carport. Jika sudah selesai, bersihkan permukaan lantai dengan air serta obat pembersih khusus. Hari berikutnya, lakukan proses coating dengan menggunakan sacrifice agent.

b. Landasan carport menggunakan floor hardener

Floor hardener adalah material berupa semen yang mempunyai pigmen warna. Kamu bisa memilih salah satu di antara variasi warna yang ada, seperti hijau, biru, kuning, dan lain sebagainya. Floor harderner ini diterapkan saat beton sudah setengah kering. Kemudainb permukaan beton digosok dengan memakai roskan kayu. Setelah itu, tebarkan bahan floor hardener, serta ratakan dan padatkan menggunakan roskam kayu. Nantinya, floor harderner tersebut akan meresap serta menyatu dengan sususan beton cor yang masih memiliki kandungan sisa air. Ketebalan floor hardener ini adalah sekitar 2 mm - 3 mm.

Jika floor hardener telah kering, gosoklah permukaannya dengan mesin dan gunakan roskam besi untuk membuat struktur pada permukaan lantai. Kemudian tambahkan cairan curing untuk menahan penguapan yang cepat. Penguapan yang terlalu cepat akan menyebabkan keretakan pada lantai. Setelah itu, diamkan dan tunggu minimal 2 hari sebelum carport atau garasi dipakai. 

 

4. Tambahkan kanopi pada carport atau garasi mobil

Kanopi berfungsi sebagai tambahan pada carport. Fungsinya yaitu untuk melindungi mobil dari berbagai cuaca seperti panas, angin, maupun hujan. Selain melindungi dari berbagai cuaca, kanopi juga berfungsi membuat rumah lebih nyaman karena bisa menangkal bias cahaya sehingga kita tidak merasa silau. Gunakan kanopi dengan menggunakan bahan dari GNET UPVC, mampu meredam panas, tahan lama, kedap suara dan tidak berisik, tahan benturan, serta ramah lingkungan.

Dari penjelasan di atas, memang tampaknya cukup rumit untuk membuat carport atau garasi yang benar-benar kuat dan bagus. Namun proses dan biaya yang dikeluarkan akan sebanding dengan kualitas carport yang kamu miliki nantinya. Carport yang berkualitas akan meminimalisir biaya perbaikan atau perawatan karena jelas awet dan tahan lama.

 

Nah itu dia beberapa langkah yang dilakukan ketika ingin membangun landasan carport atau garasi mobil yang kuat. Ketika membangun ruman, jangan lupa gunakan bahan bangunan berkualitas untuk hasil yang maksimal. Hunian nyaman, GNET solusinya!