KEMBALI KE ARTIKEL
05 April 2024

Mengetahui cara merawat lantai kayu sangatlah penting untuk Kamu yang ingin menjaga komponen ini tetap awet dan tidak mudah lapuk seiring berjalannya waktu. Seperti diketahui, kondisi lingkungan sangatlah mempengaruhi durabilitas dari lantai kayu itu sendiri.

Untuk itu, GNET Indonesia akan mengajakmu untuk mengetahui tentang bagaimana cara merawat lantai kayu secara intensif supaya dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Simak langsung ulasannya berikut ini.

Cara Merawat Lantai Kayu

Tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja ketahui lebih jauh mengenai cara merawat lantai kayu yang bisa Kamu lakukan, yakni di antaranya:

  1. Rutin Menyapu Lantai

Cara perawatan pertama adalah dengan rutin menyapu lantai kayu. Ini sangat membantu dalam menghilangkan dan membersihkan debu serta kotoran yang ada pada permukaan lantai.

Kamu bisa dengan rutin menyapu lantai setiap hari supaya tidak ada penumpukan debu. Pastikan untuk menggunakan sapu dengan berbulu lembut atau halus. Hal tersebut untuk mencegah sapu meninggalkan goresan pada permukaan lantai kayu.

Silakan menyapu secara menyeluruh sampai sudut-sudut ruangan sekalipun. Dengan demikian, lantai kayu dapat bersih secara maksimal dan Kamu juga semakin nyaman untuk menginjaknya.

  1. Pel Menggunakan Air Hangat

Cara selanjutnya adalah mengepel lantai kayu dengan menggunakan air hangat. Ingat air hangat bukan air panas ya. Memakai air panas justru akan merusak permukaan lantai kayu sama seperti air bersuhu dingin.

Gunakan pula kain lap dengan serat halus atau kain microfiber.Kamu dapat mencampurkan air hangat yang digunakan untuk mengepel dengan sedikit bahan pembersih. Ikuti panduan pemakaian secara tepat supaya memberikan hasil maksimal.

Saat mengepel, peras air secara optimal. Mengapa perlu demikian? Hal ini untuk mencegah kain pel terlalu basah dan meninggalkan banyak air pada lantai kayu. Jika Kamu tidak memerasnya dengan baik, kain pel akan sangat basah dan mengakibatkan lantai menjadi lembab.

  1. Gunakan Vacuum Cleaner

Bila sebelumnya sudah dibahas mengenai cara merawat lantai kayu menggunakan sapu, kini akan diulas pula mengenai penggunaan vacuum cleaner. Nah, vacuum cleaner dinilai lebih efektif dalam membersihkan debu pada permukaan lantai kayu.

Namun, dalam penggunaannya masih ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan. Terutama dalam mengatur tingkat daya penyerapan debu. Di sini Kamu dapat menggunakan pengaturan dengan daya rendah supaya tidak memberikan kerusakan pada permukaan lantai.

Saat menggunakan vacuum cleaner, Kamu juga perlu hati-hati. Hindari terlalu sering menabrak atau menggesekan vacuum cleaner dengan lantai. Ini karena akan menyisakan goresan pada permukaan.

  1. Lap Lantai Kayu Saat Terkena Tumpahan

Secara tidak sadar Kamu pasti pernah menumpahkan makanan atau minuman pada lantai. Apabila Kamu menggunakan lantai kayu, hal ini perlu segera Kamu bersihkan. Bila tidak cairan pada makanan atau minuman akan menimbulkan kerusakan pada lantai.

Silakan Kamu bersihkan dengan menggunakan lap bertekstur lembut disertai cairan pembersih. Lap secara perlahan-lahan hingga lantai kayu benar-benar kering tanpa menyisakan cairan kotoran sedikit pun.

  1. Aplikasikan Coating

Untuk menjaga lantai kayu tetap mengkilap dan melindungi permukaannya dari kerusakan, Kamu bisa mengaplikasikan coating. Nah, pengaplikasian coating ini dapat Kamu lakukan setidaknya 2 sampai 3 tahun sekali bergantung pada intensitas aktivitas pada lantai kayu Kamu.

Apabila lantai kayu terpasang di area dengan tingkat aktivitas tinggi, seperti ruang keluarga Kamu dapat melakukan coating 2 tahun sekali. Dengan demikian lantai kayu akan lebih awet secara penampilan dan durabilitas.

Kamu dapat melakukan proses coating sendiri dengan memperhatikan pemilihan bahan baku dan cara pengaplikasian yang baik. Jika Kamu tidak mempunyai waktu untuk melakukannya silakan gunakan jasa coating untuk memberikan hasil yang optimal.

  1. Perhatikan Alas Furniture

Tahukah Kamu? Salah satu penyebab umum kerusakan lantai kayu adalah akibat alas furniture yang terlalu kasar atau tajam. Akibatnya ketika furniture digeser, maka akan menimbulkan goresan bahkan hingga kerusakan pada permukaan lantai kayu.

Itu sebabnya Kamu perlu berhati-hati dalam memilih penggunaan furniture. Perhatikan dahulu apakah furniture tersebut memiliki alas yang kasar atau tidak. Jika alasnya bersifat kasar, ada baiknya Kamu melapisinya dengan karet.

Selain itu, bila Kamu ingin memindahkan furniture upayakan untuk melakukannya dengan cara diangkat. Cara ini tentu jauh lebih efektif untuk menghindari kerusakan pada lantai kayu akibat alas furniture.

  1. Jaga Suhu Ruangan

Kondisi suhu ruangan yang lembab dapat mengurangi tingkat durabilitas dari lantai kayu itu sendiri. Itu sebabnya, Kamu perlu memperhatikan pula kondisi suhu ruangan sebelum memasang lantai kayu.

Apabila situasi suhu ruangan Kamu terlanjur lembab tidak disarankan untuk mengaplikasikan lantai kayu. Ini karena lantai kayu akan rentan mengalami pelapukan. Serta, mengalami serangan dari jamur atau rayap.

Jika tetap ingin menggunakan lantai kayu, Kamu dapat membuat lapisan partisi yang dilengkapi dengan material insulasi ruangan. Salah satu produknya adalah GNET Rock Wool yang akan menjaga suhu ruangan di rumah Kamu tetap stabil dan nyaman.

  1. Gunakan Pembersih Alami

Bila biasanya Kamu membersihkan lantai menggunakan cairan kimia, untuk lantai kayu sebaiknya cara ini dihindari. Pasalnya cairan kimia terutama dengan kandungan tinggi cenderung dapat merusak kondisi lantai kayu.

Tapi jangan khawatir, Kamu dapat menggunakan pembersih alami untuk menjaga lantai kayu tetap bersih. Ada beberapa bahan alami yang bisa Kamu gunakan sebagai pembersih alami, di antaranya cuka putih, minyak zaitun, lemon, minyak kelapa, dan baking soda.

  1. Aplikasikan Pelapis Anti Rayap

Lantai kayu yang terbuat dari kayu asli sangatlah rentan akan serangan rayap. Jika dibiarkan rayap akan merusak lantai kayu secara perlahan hingga menimbulkan kerusakan secara masif.

Guna mencegah masalah ini terjadi, Kamu dapat mengaplikasikan pelapis anti rayap. Pilihlah pelapis dengan kandungan kimia yang aman sehingga tidak merusak lantai kayu. Oleskan pelapis anti rayap secara menyeluruh. 

Tetapi sebelum itu pastikan lantai kayu sudah dalam keadaan bersih. Alhasil, pelapis anti rayap dapat teraplikasi secara sempurna dan dapat mengering dengan baik untuk memberikan hasil yang optimal.

  1. Lapisi Lantai dengan Karpet

Terakhir Kamu dapat melapisi lantai kayu dengan menggunakan karpet. Seperti diketahui, aktivitas sehari-hari yang Kamu lakukan bisa saja memberikan efek kerusakan pada lantai kayu secara tidak sadar.

Untuk mencegah hal ini terjadi, melapisi lantai kayu dengan kain karpet dapat menjadi solusi yang tepat. Keberadaan karpet akan memberikan perlindungan secara lebih jauh kepada lantai kayu dari potensi goresan dan kerusakan lainnya.

Penutup

Itulah beberapa cara merawat lantai kayu yang bisa Kamu terapkan di rumah. Semoga artikel di atas dapat membantu Kamu untuk menjaga lantai kayu tetap awet sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Buat Kamu yang tertarik untuk menggunakan lantai kayu, GNET SPC Flooring dari GNET Indonesia bisa jadi solusinya! Terbuat dari material PVC dan batu kapur membuat GNET SPC Flooring mempunyai durabilitas maksimal.

Selain itu, GNET SPC Flooring juga dilengkapi dengan sistem click & lock sehingga proses pemasangan menjadi sangat mudah. Bahkan, bisa Kamu lakukan langsung seorang diri.

Tunggu apalagi? Yuk, langsung checkout produknya di Official Store Tokopedia GNET Indonesia!