KEMBALI KE ARTIKEL
20 December 2023

Exhaust fan adalah salah satu komponen penting yang tidak bisa Kamu lewatkan. Pasalnya rumah yang nyaman tentu mempunyai sirkulasi udara bagus. Tanpa adanya sirkulasi yang memadai, udara kotor dan bau-bau tidak sedap dapat dibuang ke luar ruangan. 

GNET Indonesia akan mengulas lebih lanjut tentang exhaust fan, fungsi, jenis dan cara pemasangannya. Yuk, simak sampai habis ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Exhaust Fan Adalah

Exhaust fan adalah kipas angin yang membantu menjaga sirkulasi udara di dalam sebuah bangunan. Lantaran fungsinya untuk melakukan pertukaran udara, exhaust fan akan ditempatkan secara linier baik pada indoor maupun dan outdoor. 

Kipas indoor akan menghisap udara kotor. Selanjutnya, udara kotor tersebut akan dibuang melalui kipas outdoor. Pada saat bersamaan udara bersih dari luar ruangan juga akan terhisap oleh kipas outdoor. Setelah itu kipas indoor akan mengeluarkan udara segar tersebut ke dalam ruangan.

Exhaust fan umumnya terpasang di dinding atau langit-langit ruangan. Beberapa ruangan untuk penempatan exhaust fan di antaranya, yaitu dapur, kamar mandi, gudang, garasi dan masih banyak lagi.

Satu hal yang perlu Kamu perhatikan adalah pemilihan ukuran exhaust fan. Pastikan ukuran exhaust fan sesuai dengan luas ruangan supaya penggunaan daya listrik dapat efisien dan memberi hasil maksimal.

Manfaat Exhaust Fan

Ada beberapa manfaat penggunaan exhaust fan jika Kamu menggunakannya pada ruang hunian, di antaranya:

  1. Menjaga Kualitas Udara

Manfaat pertama tentunya adalah menjaga kualitas udara. Exhaust fan bermanfaat membuang udara atau polutan yang terkontaminasi bakteri. Bau tak sedap yang disebabkan oleh berbagai hal juga dapat dibuang oleh exhaust fan. Dengan begitu, udara dalam ruangan menjadi lebih bersih walau tidak memiliki sistem ventilasi, seperti jendela sekalipun.

  1. Menjaga Stabilitas Suhu

Ketika sirkulasi udara terjaga, suhu ruangan pun dapat lebih nyaman dan terkendali. Terutama pada ruangan dapur yang mana kerap mengalami perubahan suhu secara signifikan. Mulai dari suhu panas ke suhu lembab atau sebaliknya.

Jika Kamu tak segera memasang exhaust fan, bisa jadi suhu pada ruangan dapur tidak stabil. Akibatnya pun beragam, mulai dari gangguan pernapasan, adanya bau tidak sedap hingga kerusakan furniture ruangan dapur akibat suhu lembab.

  1. Mengurangi Bau Tak Sedap

Beberapa ruangan seperti dapur dan gudang biasanya mempunyai bau yang kurang sedap. Penyebabnya pun variatif. Bau tidak sedap di dapur dapat dihasilkan oleh masakan. Sedangkan bau kurang sedap di gudang bisa dihasilkan dari barang-barang yang sudah lama tidak terpakai. Namun, Kamu bisa atasi masalah ini dengan memasang exhaust fan. 

  1. Efisiensi Energi

Dengan mengeluarkan udara panas pada waktu-waktu tertentu, exhaust fan dapat membantu mengurangi kebutuhan penggunaan AC. Bila dibandingkan penggunaan daya listriknya, exhaust fan jauh lebih kecil yang hanya memakan daya sekitar 50 watt. Sedangkan AC memerlukan daya listrik setidaknya 600 watt.

Jenis-Jenis Exhaust Fan

Supaya dapat berfungsi dengan maksimal ada baiknya Kamu mengetahui dahulu jenis-jenis exhaust fan yang tersedia sebagai berikut:

  1. Ceiling Exhaust Fan

Ceiling (plafon) exhaust fan merupakan salah satu jenis kipas sirkulasi yang kerap dipasang pada ruangan yang tidak berdekatan dengan area terbuka. Akibatnya udara pun perlu dialirkan melalui saluran pembuangan yang ada di plafon.

Saluran pembuangan di instalasi pada langit-langit ruangan. Kipas ventilasi yang dipasang di langit-langit memerlukan sistem mekanis sehingga bisa beroperasi.

Penggunaan ceiling exhaust fan cocok pada ruangan yang memerlukan sirkulasi udara secara merata. Exhaust fan ini memiliki desain yang menarik dan menyatu dengan ruangan. Itulah mengapa exhaust fan jenis ini cocok untuk dipadupadankan bersama ragam konsep interior ruangan.

  1. Wall Mounted Exhaust Fan

Selain ceiling, exhaust fan jenis wall mounted juga banyak digunakan di permukiman. Sesuai namanya exhaust fan ini menempel pada bagian dinding yang langsung terhubung dengan area luar.

Exhaust fan wall mounted dirancang untuk menghisap asap, uap, minyak dan udara kotor keluar ruangan. Desain dan cara kerjanya cukup simpel karena tidak membutuhkan saluran pembuangan udara. Pemasangannya juga cenderung lebih mudah.

  1. Inline Exhaust Fan

Inline exhaust fan mempunyai beberapa komponen bagian mekanis yang terdiri dari saringan luar, saringan dalam, kipas penghisap dan pipa. Exhaust fan jenis inline mempunyai tenaga yang lebih powerfull namun lebih rendah dalam penggunaan energi. 

Hal tersebut terjadi lantaran inline exhaust fan ditempatkan di dalam pipa penghubung yang berguna sebagai penyaring. Inline exhaust fan dapat menghilangkan hawa panas, lembab dan debu pada ruangan tertutup.

  1. Window Exhaust Fan

Seperti pada namanya, window exhaust fan didesain untuk berukuran pas dengan jendela sehingga bisa ditempatkan langsung. Window exhaust fan dapat diatur antara mode menghisap udara atau menghembuskan udara.

Beberapa produk window exhaust fan juga memiliki thermostat. Ketika temperatur suhu ruangan menurun kipas akan mati secara otomatis. Exhaust fan tersebut juga umumnya memiliki 3 variabel kecepatan.

  1. Rangehood Exhaust Fan

Rangehood exhaust fan dirancang untuk menghisap asap, bau dan debu akibat aktivitas memasak di dapur. Peran kipas penghisap penting untuk menjaga kualitas udara di dapur. Biasanya rangehood exhaust fan dipasang di atas kompor untuk menghisap udara kotor saat aktivitas memasak.

Kipas penghisap jenis rangehood juga biasanya sudah dilengkapi filter yang berfungsi untuk menghilangkan bau masakan, oli dan juga karbon (arang). Dengan demikian, ranghehood exhaust fan semakin fungsional untuk diinstalasi di ruang dapur.

Kisaran Harga Exhaust Fan

GNET Indonesia bagikan beberapa harga exhaust fan dikutip dari berbagai sumber sebagai referensimu sebagai berikut:

No. Jenis  Harga
1. EXHAUST FAN PLAFON 12 Inch - 30 Cm Rp429.000
2. Sekai Wall Exhaust Fan 12 Inch Rp283.900
3.  Inline Exhaust Fan 12 Inch Rp1.350.000
4.  Mini Inline Exhaust Fan 4 Inch Rp145.000
5. KDK Window Exhaust Fan 8 Inch Rp965.000

Penutup

Demikian ulasan tentang exhaust fan adalah, manfaat dan ragam jenisnya. Semoga artikel ini dapat memberikan insight bermanfaat. Sampai jumpa di pembahasan tips dan trik dekorasi rumah lainnya bersama GNET Indonesia!