KEMBALI KE ARTIKEL
15 August 2021

GNET

 

Media Tanam Hidroponik Kekinian

Tanaman hidroponik kini menjadi salah satu alternatif bagi pecinta tanaman yang memiliki lahan yang terbatas di rumah. Hal ini karena menanam secara hidroponik tidak membutuhkan tanah sebagai media tanamnya. Sistem teknologi hidroponik adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan air sebagai media tumbuhnya tanaman dengan menitikberatkan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Selain menghemat ruang, menanam secara hidroponik juga lebih praktis. Menanam secara hidroponik pun akan menghemat penggunaan air hingga 90% lho!

Selain menghemat penggunaan air dan cara menanam yang lebih praktis, menanam secara hidroponik bisa memungkinkan beberapa tanaman dapat dua kali lebih cepat jika sistem hidroponik dikelola dengan baik. Nah, berikut Genta merangkum pilihan media tanam hidroponik populer yang sering digunakan oleh banyak orang. Yuk simak di bawah ini!

 

1. Media Tanam Sabut Kelapa

sabut kelapa media tanam hidroponik

Sumber: Kompas

Sabut kelap menjadi salah satu media tanam paling populer di kalangan pecinta tanaman. Hal ini karena selain sabut kelapa mudah didapat, sabut kelapa juga merupakan media yang bagus untuk hidroponik. Sabut kelapa melindungi benih dan daging dari kerusakan akibat sinar matahari dan garam. Hal ini menunjukkan jika sabut kelapa berfungsi sebagai media tumbuh yang bagus. Sabut kelapa yang digiling akan berfungsi sebagai media yang kaya akan hormone dan bebas jamur bagi tanaman.

 

2. Media Tanam Rockwool

rockwool media tanam hidroponik

Sumber: service-partners.com

Udah pada familiar dengan material bernama Rockwool? Di dunia bahan bangunan, Rockwool adalah material insulasi nomor 1. Namun ternyata, di dunia tanaman pun Rockwool juga jadi primadona. Rockwool adalah sekumpulan serat yang bentuknya menyerupai busa. Material ini cocok sebagai media tanam hidroponik karena materialnya mampu menyerap banyak pupuk cair sekaligus udara yang dapat membantu pertumbuhan akar dalam penyerapan unsur hara. 

 

3. Media Tanam Hidrogel

hidrogel media tanam hidroponik

Sumber: Goukm.id

Media tanam hidrogel ini juga banyak digunakan sebagai media tanam hidroponik yang populer. Fungsi dari hidrogel ini adalah menyerap air dan nutrisi untuk tanaman dan melepaskannya secara perlahan sesuai dengan kebutuhan tanaman hias atau hidroponik. Media tanam hidroponik ini terbuat dari kristal polimer yang berbentuk bulat berwarna-warni. Cantik kan?

 

4. Media Tanam Kerikil

hidrogel media tanam hidroponik

Sumber: Pixabay

Penggunaan kerikil sebagai media tanam hidroponik juga banyak digunakan karena selain mudah didapat, kerikil juga merupakan media tanam yang baik untuk membantu penyebaran nutrisi dan udara, sehingga pertumbuhan akar tanaman tidak akan terhambat. Hal ini terjadi karena kerikil memiliki pori-pori yang berukuran besar dengan jumlah yang banyak. 

 

5. Media Tanam Arang Sekam

arang sekam media tanam hidroponik

Sumber: tokoternak.com

Dalam dunia tanaman dan pertanian, arang sekam memang memiliki sejuta manfaat. Arang sekam ini sering digunakan untuk pembuatan pupuk kompos dan penggemburan tanah, sehingga mempermudah akar tanaman dalam menyerap nutrisi dan unsur hara. Selain itu, media tanam hidroponik aram sekam ini mengandung kandungan komponen kimiawi seperti protesin kasar, kadar air, abu, serat kasar, karbon, oksigen, karbohidrat, dan hidrogen.

 

Nah, itu tadi beberapa media tanam hidroponik yang populer digunakan. Menanam hidroponik bisa jadi kegiatanmu untuk mempercantik rumah loh. GNET menjual salah satu media tanam hidroponik yang populer, yaitu Rockwool. Hubungi kami segera untuk melakukan pemesanan. Jika kamu ada kebutuhan bahan bangunan lain, jangan ragu untuk segera konsultasikan kepada kami.