KEMBALI KE ARTIKEL
23 November 2023

Apakah rumahmu terasa sumpek karena dipenuhi oleh barang-barang tidak berguna? Jika iya, kini saatnya untuk melakukan declutter rumah. Keberadaan barang yang sudah tidak terpakai tentu akan menghambat Kamu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

Untuk itu, GNET Indonesia akan mengulas secara lengkap mulai dari definisi declutter, manfaat sampai cara melakukannya di rumah. Simak selengkapnya langsung melalui artikel di bawah ini.

Declutter Artinya 

Declutter adalah proses mengurangi atau membersihkan barang-barang yang tidak perlu dan sudah tidak digunakan dalam suatu ruangan rumah. Tujuan utama dari melakukan declutter adalah mewujudkan ruang hunian yang lebih teratur, efisien dan nyaman.

Kenyamanan rumah tentu akan memberikan kesehatan mental untuk Kamu sebagai penghuninya. Ketika rumah tertata rapi, tentu akan mengurangi kekacauan dan stres akibat tata letak barang yang berantakan.

Proses decluttering melibatkan pemilihan dan pengelompokan barang-barang, pembuangan atau pengembalian barang yang tidak dibutuhkan atau tidak digunakan, dan seringkali juga melibatkan penyusunan kembali barang-barang yang tetap. Decluttering juga dapat dilakukan di area selain rumah, kantor dan ruang kerja.

Manfaat Declutter Rumah

Apa sajakah manfaat melakukan declutter di rumah? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Memperbaiki Kesehatan Mental

Dengan mengurangi barang-barang yang berantakan di sekitar Anda, decluttering dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan teratur. Hal ini dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan fokus, dan menciptakan perasaan ketenangan pada mental. Rumah yang rapi sering kali menciptakan suasana yang lebih positif dan nyaman.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Rumah yang terorganisir membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah dikelola. Anda dapat dengan cepat menemukan barang-barang yang dibutuhkan sehingga tugas-tugas rumah tangga menjadi lebih efisien. Hal ini tentunya dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan lebih banyak waktu untuk kegiatan yang diinginkan.

  1. Menciptakan Ruang Tambahan

Ketika melakukan declutter, Kamu dapat merapikan barang-barang yang tadinya memenuhi setiap sudut ruangan. Rumah yang tadinya penuh jadi tampak lebih kosong sehingga tersedia ruang kosong.

Nah, ruangan kosong ini bisa menjadi space tambahan yang bisa Kamu manfaatkan untuk beragam keperluan lainnya. Misalnya, seperti untuk ruang bermain anak-anak, ruang kerja dan mini perpustakaan dan sebagainya.

  1. Mencegah Pertumbuhan Penyakit

Barang-barang yang menumpuk di rumah sering kali menjadi tempat berkumpulnya debu dan alergen penyebab berbagai penyakit. Dengan decluttering, Anda dapat mengurangi tempat-tempat yang menampung debu dan alergen sehingga menciptakan lingkungan rumah yang lebih bersih dan sehat.

Cara Melakukan Declutter Rumah

Untuk memudahkanmu dalam melakukan declutter, GNET Indonesia akan membagikan caranya sebagai berikut:

  1. Tentukan Apa yang Hendak Diuraikan

Cara pertama yang perlu Kamu lakukan saat decluttering adalah menentukan barang-barang apa saja yang hendak diurai. Kamu bisa membuat to-do-list untuk memudahkannya.

Fokuslah pada area-area seperti laci, lemari dan sudut-sudut ruangan. Kamu juga perlu memperhatikan area ruangan yang telah terbengkalai dalam waktu lama. Ini karena area tersebut berpotensi telah memiliki debu dan alergen yang mengendap dan membahayakan kesehatan.

  1. Mulai dari Satu Area Dahulu

Rintangan yang kerap membuat kita malas dan menunda-nunda dalam melakukan decluttering adalah bingung untuk memulainya dari mana. Lebih parahnya, masalah ini berpotensi mengganggu kesehatan mental Kamu.

Untuk itu, Kamu dapat fokus untuk memulai dari area rumah yang paling berantakan atau penuh dengan barang tak berguna. Bisa ruang tamu, ruang kerja, dapur atau bahkan kamar tidur.

  1. Sortir Barang Jadi Tiga Jenis

Cara selanjutnya Kamu dapat melakukan sortir barang dalam tiga jenis, yaitu simpan, donasi/jual, dan buang. Dengan hal ini Kamu akan lebih mudah dalam mengelompokkan barang sesuai prioritas kebutuhan. 

Pastikan untuk selektif dalam memilih barang yang benar-benar hendak disimpan. Jika tidak, maka akan banyak barang yang tersisa dan proses decluttering menjadi tidak maksimal.

  1. Sediakan Kotak untuk Menyimpan Barang Tertentu

Kamu mungkin masih berpikir ada beberapa barang yang benar-benar penting, namun belum begitu bermanfaat di masa sekarang. Inilah sebabnya Kamu harus menyisihkan barang tersebut dan memasukkannya ke dalam sebuah kotak khusus. Supaya ruangan tetap rapi, pastikan Kamu meletakkan kotak tersebut di dalam gudang. 

  1. Lakukan Declutter Bertahap

Jangan coba melakukan decluttering seluruh rumah sekaligus. Alih-alih melakukan decluttering secara sekaligus, cobalah untuk fokus di satu ruangan atau area pada satu waktu. Ini membantu mencegah rasa kekalahan dan memastikan bahwa Kamu dapat melakukan decluttering secara maksimal.

  1. Evaluasi Proses Declutter

Supaya proses declutter dapat berjalan optimal, lakukanlah evaluasi secara berkala. Pastikan untuk mempertahankan keteraturan barang dan menahan diri untuk tidak gegabah dalam membeli perabotan baru. 

Sesekali perhatikan kembali, apakah barang yang tersisa masih dibutuhkan atau tidak. Lalu buatlah kembali to-do-list barang tak terpakai selanjutnya. Jadi, proses declutter bisa Kamu lakukan secara berkelanjutan.

Penutup

Demikian ulasan tentang cara melakukan declutter rumah. Semoga artikel di atas dapat membantumu untuk menyelesaikan masalah penuhnya barang-barang di dalam hunian yang berantakan.

Temukan lebih banyak artikel tentang dekorasi dan inspirasi hunian lainnya bersama GNET Indonesia. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya!