KEMBALI KE ARTIKEL
12 June 2021

GNET

 

Apa sih Rumah Pintar / Smarthome itu?

Beberapa tahun belakangan, istilah rumah pintar “smarthome” makin populer. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya inovasi-inovasi di bidang teknologi yang tentunya membuat hidup kita lebih praktis dan lebih nyaman. Teknologi tersebut dikembangkan sedemikian rupa untuk mengatur rumah secara otomatis dari jarak jauh, dari mana saja dan kapan saja. Pengaturan tersebut dilakukan dengan mengandalkan koneksi internet dengan menggunakan smartphone yang kita miliki sebagai remotenya.

Di negara-negara maju, rumah dengan konsep smarthome sudah menjadi tren karena terbukti memudahkan dan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Secara tampilan luar, mungkin tidak ada yang berbeda dari smarthome, namun teknologi di dalamnyalah yang membedakan dari rumah biasa. Seperti apa sih kelebihan rumah pintar ini?

 

1. Semua terkoneksi dengan Internet dan teknologi

Rumah pintar smart home

Sumber: Panzeri.it

Inilah kelebihan rumah pintar yang utama. Semua perangkat rumah terintegrasi dengan koneksi internet, karena internetlah yang membuat berbagai perangkat rumah tersebut bisa dikontrol dari jarak jauh. Hal inilah yang menjadikan pekerjaan kita menjadi lebih mudah. 

 

2. Rumah pintar hemat energi

rumah pintar smart home hemat energi

Semakin banyak penggunaan barang elektronik, semakin banyak juga energi yang dikeluarkan. Nah kalau kita sudah menerapkan konsep rumah pintar, barang-barang elektronik bisa mati otomatis. Gak ada lagi istilah lupa matiin lampu atau AC yang bisa menyebabkan boros listrik.

 

3. Rumah pintar membuat pekerjaan rumah lebih praktis

rumah pintar smart home

Saat ini sudah banyak peralatan pintar yang bisa memudahkan pekerjaan rumah, seperti kulkas pintar, mesin cuci pintar, sampai robot vacuum cleaner yang bisa bersih-bersih sendiri. Dijamin kamu makin mager deh!

 

4. Bisa memantau rumah dari jauh secara real-time 

Keunggulan lain dari rumah pintar yaitu kamu dapat memantau keadaan rumah dari jarak jauh seperti memasang beberapa CCTV di dalam dan sekitar rumah dan menghubungkannya dengan gadget yang kamu miliki. Melalui gadget/smartphone, kamu dengan mudah mengetahui dan mengontrol apapun yang terjadi di dalam ataupun sekitar rumah.

 

5. Keamanan lebih terjamin dengan rumah pintar

rumah pintar smart lock

Sumber: Pinterest

Jika menerapkan konsep rumah pintar, pintu konvensional dengan kunci sudah tidak digunakan lagi dan digantikan oleh pintu pintar. Untuk membukanya, pintu ini menggunakan kode rahasia, sidik jari, atau kartu. Bahkan ada juga yang menggunakan kamera untuk bisa melihat wajah tamu. Dengan begitu, keamanan lebih terjamin. Selain itu, kita pun bisa memantau keadaan rumah 24 jam kapanpun dan di manapun.

 

6. Harga jual rumah pintar lebih tinggi

Wah, kalau ini gak perlu ditanya. Dibanding rumah konvensional, tentu rumah pintar memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Dari segi manapun, rumah pintar memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi penghuninya. Namanya juga rumah masa depan, pastinya banyak dicari orang dong.

Nah, itu tadi beberapa kelebihan rumah pintar. Tertarik untuk menerapkan konsep rumah pintar sebagai rumah idaman kamu? Selain pintar, tentu rumah harus nyaman, ya gak sih? Ingat, Hunian nyaman, GNET solusinya. Jangan lupa, bahan bangunannya pakai GNET yang udah jelas kualitasnya ya!