KEMBALI KE ARTIKEL
02 February 2024

Ruang tamu menjadi salah satu wajah untuk membangun citra rumah kepada teman dan kerabat yang datang berkunjung. Melalui ruangan ini, Kamu bisa menyambut kehadiran tamu ketika mereka masuk ke dalam rumah.

Tak heran apabila banyak orang yang memberikan perhatian lebih lanjut dalam mendesain ruang tamu dengan sedemikian rupa demi menghadirkan nuansa elegan dan nyaman. Seperti apakah contoh tampilan ruang tamu mewah yang minimalis dan modern? Berikut GNET Indonesia merangkum beberapa contoh inspirasi untuk Kamu.

Inspirasi Ruang Tamu Mewah Minimalis dan Modern

Tak perlu berlama-lama lagi, yuk simak contoh-contoh menarik ruang tamu mewah minimalis dan modern sebagai tambahan referensi dekorasi rumahmu.

  1. Ruang Tamu Mewah Minimalis ala Jepang

Ruang Tamu Mewah Minimalis ala Jepang

Inspirasi pertama ada ruang tamu mewah minimalis ala Jepang. Rasakan nuansa ketenangan pada ruangan ini dengan menciptakan memilih palet warna tenang, seperti krem, abu-abu dan cokelat.

Bila Kamu perhatikan pada contoh di atas tampak furniture yang digunakan memiliki tampilan serat kayu alami dengan warna hangat. Hal ini sangat sering ditemukan pada desain-desain rumah ala Jepang.

Keberadaan tanaman hias buatan juga menambah kesan natural dan alami pada ruang tamu. Pemilihan furniture dengan ukuran kecil dan minimalis juga menambah kesan leluasa pada ruang tamu, walau tidak mempunyai space yang luas.

  1. Ruang Tamu Mewah dengan Dominasi Warna Beige

Ruang Tamu Mewah dengan Dominasi Warna Beige

Berikutnya ada ruang tamu mewah dengan dominasi warna beige. Kamu bisa mengaplikasikan warna beige baik pada cat tembok dan menempatkan furniture pendukung dengan warna serupa.

Warna beige mempunyai spektrum netral yang mana memberikan kesan sederhana dan tidak mencolok. Namun, tetap tampil elegan. Ini sangat sesuai dengan konsep dasar dari desain minimalis yang mengedepankan kesederhanaan.

Tidak hanya itu, warna beige juga mendukung ruangan untuk tampil lebih cerah. Hal ini lantaran warna beige yang terang dapat memantulkan cahaya alami dengan baik. Hasilnya ruang tamu dapat memperoleh penerangan yang lebih optimal.

Buat Kamu yang ingin menciptakan ruang tamu dengan desain yang timeless atau tak lekang waktu. Dengan begitu, Kamu jadi tidak perlu repot-repot untuk terus mendekor ulang ruang tamu ketika ada tren konsep hunian terbaru.

  1. Ruang Tamu Mewah Minimalis Dekat Jendela Besar

Ruang Tamu Mewah Minimalis Dekat Jendela Besar

Pencahayaan alami lagi-lagi mempunyai peran vital dalam menunjang konsep minimalis pada ruang tamu. Untuk itu, Kamu bisa mengaplikasikan jendela besar di salah satu sisi ruangan.

Guna memaksimalkan pencahayaan alami, Kamu dapat menggunakan furniture berwarna tenang dan cerah. Tujuannya supaya cahaya dapat dipantulkan kembali sehingga dapat menyebar ke seluruh ruangan. 

Satu lagi, biarkanlah jendela besar tersebut terbuka dan hanya menggunakan gorden yang tipis. Jangan tempatkan furniture berukuran besar di dekat jendela supaya tidak menutupi cahaya yang masuk.

  1. Ruang Tamu Mewah dengan Wall Mounted TV

Ruang Tamu Mewah dengan Wall Mounted TV

Bila Kamu ingin menyediakan hiburan untuk tamu, memasang wall mounted tv di ruang tamu dapat menjadi solusi tepat. Kamu dapat menempatkan tv pada sisi tengah ruangan menghadap lurus pada sofa sebagai tempat bersantai.

Akan tetapi, satu hal yang perlu Kamu perhatikan adalah penempatan kabel-kabel di ruangan. Jangan sampai kabel terurai secara berantakan di ruang tamu karena akan mengurangi kesan minimalis dan rasa tidak nyaman.

Seperti pada contoh di atas Kamu bisa meletakkan lemari terbuka untuk menempatkan ornamen hiasan untuk mempercantik ruang tamu. Walau begitu pastikan untuk tidak berlebihan dalam menempatkan ornamen dekorasi karena akan merusak kesan minimalis pada ruangan.

  1. Ruang Tamu Mewah dengan Konsep Kitchen Bar

Ruang Tamu Mewah dengan Konsep Kitchen Bar

Jika sebelumnya ruang tamu dilengkapi dengan wall mounted tv, kini ada varian inspirasi lain yang unik dan bisa Kamu aplikasikan. Inspirasi tersebut adalah ruang tamu mewah dengan konsep kitchen bar.

Perpaduan antara ruang tamu dan kitchen bar bisa menghasilkan ruangan yang serbaguna dan modern. Selain di sofa, tamu yang berkunjung juga bisa duduk pada kursi bar stool untuk menikmati hidangan secara langsung setelah di masak di dapur.

Untuk mewujudkannya, Kamu disarankan untuk memilih peralatan dapur dengan ukuran lebih kecil agar dapat disimpan pada lemari penyimpanan. Alhasil ruangan ini tetap tampak bersih dan teratur sehingga kesan minimalis tetap terjaga.

  1. Ruang Tamu Mewah dengan Lukisan Abstrak

Ruang Tamu Mewah dengan Lukisan Abstrak

Sekali lagi ruang tamu dapat menjadi wajah untuk memberikan kesan pertama kepada tamu yang datang berkunjung. Seperti pada contoh di atas, tampak lukisan abstrak yang dapat memberikan kesan artistik dan estetik.

Silakan pilih palet warna lukisan yang serasi dengan konsep ruangan dan mendatangkan kesan elegan. Beberapa contoh warna tersebut adalah beige, putih dan abu-abu. Pastikan Kamu memilih lukisan dengan ukuran yang tepat agar bisa tampil menonjol dan menjadi titik fokus estetika ruangan.

Pencahayaan yang cukup juga sangat memengaruhi estetika pada konsep ruang tamu ini. Bila tidak, dikhawatirkan estetika lukisan pada ruangan ini tidak tampil secara maksimal dan justru menghadirkan kesan yang suram.

  1. Ruang Tamu Mewah Semi Outdoor

Ruang Tamu Mewah Semi Outdoor

Ruang tamu mewah semi outdoor bisa jadi terobosan baru untuk Kamu. Terlebih jika Kamu ingin mencoba menghadirkan suasana natural dan alamiah. Tamu yang berkunjung juga dapat menghirup udara segar dari luar ruangan.

Walau begitu, untuk mewujudkan konsep semi outdoor Kamu perlu perencanaan secara matang. Jika tidak dikhawatirkan ruang tamu ini justru tak bisa digunakan ketika hujan lantaran air yang tempias membasahi sofa dan furniture.

Untuk mengatasinya Kamu bisa memasang kanopi dengan dimensi yang mencukupi guna mencegah air hujan masuk. Kamu juga perlu memerhatikan letak pemasangan jaringan kelistrikan tetap berada pada area yang kering dan aman sehingga risiko masalah, seperti korslet dapat dicegah.

Penutup

Itulah pembahasan tentang inspirasi ruang tamu mewah minimalis dan modern. Semoga artikel di atas dapat memberi referensi baru yang menarik untuk Kamu. Yuk, temukan lebih banyak artikel tentang tips & trik ruang tamu mewah lainnya bersama GNET Indonesia!