KEMBALI KE ARTIKEL
08 May 2021

GNET

 

 

Apa sih yang dimaksud dengan Fasad?

Fasad atau tampilan depan rumah jika dilihat dari sudut pandang desain, menjadi elemen yang paling krusial. Kenapa? Karena fasad merupakan wajah rumah yang menggambarkan jati diri penghuninya. Secara komersial, fasad juga merupakan elemen penting untuk menarik perhatian banyak orang. Oleh karena itu, rumah minimalis modern tampak depan perlu didesain sedemikian rupa agar dapat memberikan kesan yang positif bagi orang luar maupun penghuninya.

Kalau kamu sedang berencana membangun rumah minimalis yang sederhana, kamu bisa mengambil inspirasi dari model fasad rumah minimalis di bawah ini.

1. Fasad rumah minimalis modern untuk lahan sempit

fasad rumah minimalis modern

Sumber: Casa Indonesia

Tiap meter atau bahkan sentimeter sangat berharga untuk rumah yang memiliki lahan sempit. Kamu bisa memaksimalkannya dengan membangun rumah dua lantai. Cara membuat rumah dua lantai terlihat lebih tinggi adalah dengan mengombinasikan bentuk meruncing ke atas pada bangunan rumah. Dengan begitu, ukuran lahan yang sempit tersebut bisa terkesan lebih luas. 

 

2. Fasad dengan cahaya alami melimpah

fasad rumah minimalis modern

Sumber: Grid.id

Untuk kamu yang lebih memilih hunian dengan cahaya alami yang melimpah, kamu bisa merancang fasad rumah minimalis yang didominasi oleh jendela. Atau kamu bisa juga menggunakan atap berbahan polycarbonate atau PVC roof. Bahan ini memiliki transmisi cahaya yang sempurna namun mampu menahan radiasi sinar UV.

 

3. Fasad dengan hollow sebagai pelindung tampak depan rumah

Kalian udah tau kan yang Namanya besi hollow? Nah, ada juga model fasad rumah minimalis modern yang ciamik yaitu dengan menggunakan besi hollow sebagai pelindungnya. Penerapan besi hollow sebagai pelindung fasad tampak depan rumah yaitu agar cahaya alami tetap bisa masuk ke dalam rumah, namun tetap bisa mengurangi panas sinar matahari. 

 

4. Fasad rumah minimalis modern dengan model tertutup

fasad rumah minimalis tertutup

Sumber: Homify

Nah, kalau kamu lebih memilih hunian yang tertutup agar privasi lebih terjaga, rumah minimalis modern dengan model fasad tertutup bisa jadi pilihan tepat untuk kamu. Namun, agar tidak kekurangan udara dan pencahayaan alami, kamu tetap harus memasang lubang ventilasi ya agar rumah tidak pengap.

 

5. Fasad rumah minimalis dengan atap segitiga

fasad atap segitiga

Sumber: Casa Indonesia

Untuk rumah minimalis dengan lahan sempit, kamu bisa membangun hunian dengan model vertikal. Dengan begitu, luas ruang yang minim bisa kamu jadikan tampak lebih luas dengan tinggi ruang yang lebih tinggi dari standar biasanya. Misalnya kamu membuat fasad unik dengan ujung atap segitiga meruncing ke atas dengan tinggi hingga sekitar 5 meter

 

6. Fasad rumah minimalis dengan teras kecil

fasad rumah minimalis modern teras

Suka bersantai sambal menyeduh kopi dan teh? Teras tidak selalu harus di belakang lho. Teras bisa terletak di depan ataupun belakang karena fungsinya sebagai ruang peralihan antara outdoor dan indoor. Fasad dengan kombinasi kayu dan tanaman hijau di teras depan juga jadi pilihan menarik agar menampilkan kesan alami pada rumah. Sebagai alternatif penggunaan kayu, kamu pun bisa menggunakan GNET plank yang lebih ramah lingkungan.

 

7. Fasad rumah minimalis dengan dominasi warna hitam

fasad rumah minimalis hitam

Sumber: Dekoruma

Rumah minimalis modern dengan dominasi warna hitam tidak terkesan kusam dan serem kok. Justru fasad tampak depan rumah akan membuatnya lebih terlihat elegan dan mewah. Namun, penggunaan warna hitam pada eksterior rumah juga harus dipadukan dengan warna lain ya agar rumah tidak terlihat monoton dan terkesan lebih luas. 

Nah, ternyata fasad rumah bisa memberikan kesan yang berbeda kan pada hunian? Selain desain, pastikan kamu menggunakan bahan bangunan berkualitas ya. Hunian nyaman, GNET solusinya!