KEMBALI KE ARTIKEL
04 October 2023

Mengetahui cara membersihkan lantai kamar mandi akan sangat membantu Kamu dalam menjaga setiap ruang dalam rumah tetap bersih. Seperti diketahui rumah yang bersih tentu akan memberikan dampak baik kepada Kamu sebagai penghuninya. Salah satu dampak baik yang dimaksud, yaitu kesehatan.

Bayangkan jika rumahmu kotor, pasti Kamu akan rentan terserang penyakit. Pasalnya rumah yang kotor pasti akan dipenuhi oleh berbagai bakteri dan kuman. Terutama pada kamar mandi di mana ruangan ini menjadi tempat untuk membersihkan diri dari kotoran setelah menjalani aktivitas sehari-hari.

Seiring berjalannya waktu, lantai kamar mandi yang jarang dibersihkan tentu akan menguning atau bahkan berkerak. Untuk mencegah hal ini terjadi, GNET Indonesia akan membantumu dengan mengulas cara membersihkan lantai kamar mandi melalui ulasan berikut ini.

Apa Penyebab Lantai Kamar Mandi Kotor?

Ada beragam penyebab yang menjadikan lantai kamar mandi pada hunianmu kotor. Beberapa di antaranya, yaitu:

  1. Suhu Ruangan Lembab

Suhu yang lembab pada ruang kamar mandi merupakan penyebab utama ruangan ini tampak kotor. Hal ini lantaran suhu lembab dapat menstimulasi pertumbuhan bakteri dan jamur.

Jika dibiarkan, persebaran bakteri dan jamur akan terus meluas. Bila tadinya hanya mengotori lantai kamar mandi. Ke depannya bakteri dan jamur akan menimbulkan tampilan yang kotor secara menyeluruh di kamar mandi, seperti pada langit-langit ruangan.

Suhu ruangan yang lembab bisa Kamu atasi dengan mengaplikasikan rockwool pada ruang kamar mandi. GNET Rockwool menjadi solusi tepat untukmu.

  1. Kotoran dan Debu yang Terbawa Penghuni

Kamar mandi menjadi tempat untuk membersihkan diri dari segala kotoran dan debu. Nah, kotoran dan debu yang dibawah oleh penghuni juga dapat berpotensi mengendap pada lantai. Supaya kotoran dan debu tidak mengendap, pastikan Kamu menyiram lantai ruangan kamar mandi secara menyeluruh setelah digunakan.

  1. Sisa-Sisa Sabun

Tahukah Kamu? Ternyata produk-produk perawatan tubuh seperti sabun, shampoo dan kondisioner ternyata dapat menyebabkan lantai kamar mandi kotor. Hal demikian lantaran produk-produk ini meninggalkan residu yang dapat mengotori permukaan lantai. Supaya residu dari sabun tidak tersisa pada lantai, pastikan untuk menyiram secara menyeluruh agar tak mengotori kamar mandi.

Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi

Setelah mengetahui penyebab lantai kamar mandi kotor, kini mari ketahui cara membersihkannya baik dengan bahan alami maupun kimia. Simak selengkapnya langsung di bawah ini.

  1. Baking Soda

Cara pertama adalah dengan menggunakan baking soda. Siapa sangka kalau bahan untuk membuat kue ini dapat digunakan untuk membersihkan lantai pada kamar mandi. Untuk menggunakannya pertama-tama Kamu bisa mempersiapkan kain lap dan baking soda secukupnya.

Selanjutnya, mulailah untuk menaburkan baking soda di permukaan lantai kamar mandi secara menyeluruh. Setelah itu silakan diamkan sekitar 15 hingga 30 menit. Jika sudah Kamu bisa mengelap baking soda dan membersihkannya dengan air bersih.

  1. Kaporit

Kamu bisa mengaplikasikan kaporit untuk membersihkan lantai kamar mandi. Tak cuma berfungsi untuk menjernihkan kolam renang, kaporit juga ampuh untuk membersihkan permukaan lantai. Taburkan kaporit pada lantai keramik yang kotor dan tunggu setidaknya 30 menit. Setelah itu gosok keramik dengan kaporit sampai bersih menggunakan air.

  1. Garam

Bumbu memasak yang satu ini juga bisa, lho Kamu gunakan untuk membersihkan lantai keramik kamar mandi. Untuk menggunakannya, Kamu perlu mencampur garam dan air panas terlebih dahulu. Setelah mendidih siramkan air panas dengan garam pada permukaan lantai kamar mandi. Sikat dan bilas lantai yang sudah disiram dengan air bersih.

  1. Pasta Gigi

Bahan pembersih serbaguna selanjutnya adalah pasta gigi. Cara membersihkan lantai kamar mandi dengan pasta gigi juga cukup mudah. Kamu tinggal mengoleskannya saja pada permukaan lantai keramik yang kotor dan berkerak. Tunggu sekitar 20 menit sampai pasta mengering. Jika sudah kering, silakan Kamu sikat dan bilas menggunakan air.

  1. Asam Sitrat

Asam sitrat (citrun) merupakan bahan kimia yang biasa dimanfaatkan sebagai zat pengawet dan pembilas sayuran. Namun begitu, Kamu juga dapat mengaplikasikan asam sitrat untuk membersihkan lantai keramik kamar mandi. Larutkan campuran 1 liter air dan asam sitrat lalu siramkan pada permukaan lantai keramik yang kotor. Tunggu hingga beberapa saat, lalu Kamu bisa gunakan sikat untuk membersihkan lantai keramik hingga bersih dari kotoran dan kerak.

  1. Ampas Kelapa

Buat Kamu yang tinggal di pedesaan mungkin sudah mengetahui kalau ampas kelapa dapat digunakan untuk membersihkan lantai. Caranya mudah, Kamu cukup menaburkan ampas kelapa pada permukaan lantai yang kotor dan biarkan selama 30 menit. Selanjutnya, sapu sisa-sisa ampas kelapa hingga bersih. Jika sudah Kamu dapat membilas lantai keramik kamar mandi supaya bersih sempurna.

  1. Cairan Soda

Cairan dari minuman bersoda dapat Kamu gunakan sebagai pembersih lantai keramik kamar mandi. Contohnya, seperti minuman Cola. Untuk menggunakannya pastikan botol minuman bersoda tersebut masih tertutup rapat supaya kandungan soda belum menguap.

Kamu cukup menyiram beberapa botol Cola pada lantai keramik kamar mandi yang kotor. Setelah itu diamkan selama 20 menit dan gosok permukaan lantai dengan sikat pembersih. Terakhir siram lantai tersebut dengan air bersih. Cara ini cukup unik bukan?

  1. Cairan Pembersih Lantai

Selain menggunakan cara-cara alternatif, seperti yang sudah dibahas di atas. Kamu bisa mengaplikasikan cara konvensional, yakni dengan cairan pembersih lantai. Kamu dapat menemukan cairan pembersih lantai di toko terdekat. Caranya mudah, larutkan pembersih lantai ke dalam ember berisi air. Siram larutan air tersebut dan siram pada permukaan lantai keramik yang kotor.

Penutup

Sekian ulasan tentang cara membersihkan lantai kamar mandi dari GNET Indonesia. Apakah artikel di atas memberikan referensi baru untukmu? Jika iya, pantau terus website GNET Indonesia untuk tahu lebih banyak insight tentang tips hunian lainnya!