KEMBALI KE ARTIKEL
22 January 2024

Cara menata ruang tamu yang sempit penting untuk Kamu ketahui jika ingin menjadikan hunian menjadi lebih nyaman. Terlebih apabila rumah Kamu sering kedatangan oleh tamu, Kamu pasti merasa sedikit canggung bukan ketika keadaan ruang tamu terasa sempit.

Tapi Kamu tidak perlu khawatir karena masalah ini masih bisa Kamu atasi. Yuk, simak cara menata ruang tamu yang sempit melalui pembahasan artikel di bawah ini!

Cara Menata Ruang Tamu yang Sempit

Tak perlu berlama-lama lagi, mari ketahui cara menata ruang tamu yang sempit sebagai berikut:

  1. Gunakan Tata Ruang Terbuka

Apabila Kamu mempunyai ruang tamu dengan luas yang terbatas, gunakanlah konsep ruang terbuka tanpa menggunakan banyak penyekat dinding di dalamnya. Pasalnya, terlalu banyak sekat atau partisi di dalam ruangan justru membuat ruang tamu menjadi terasa sempit.

Namun, jika Kamu tetap membutuhkan partisi untuk memberikan privasi disarankan untuk menggunakan material semi permanen. Saat ini sudah banyak material partisi semi permanen yang beredar di pasaran. Ketika tamu datang, Kamu dapat melepas partisi semi permanen ini supaya ruang tamu jadi lebih luas.

  1. Perhatikan Pemilihan Warna

Warna cat dinding mempunyai peranan vital dalam menghadirkan nuansa luas pada ruang tamu. Pastikan untuk memilih warna yang selaras antara dinding dan juga furniture. Disarankan untuk menggunakan warna netral supaya ruang tamu lebih nyaman untuk dipandang dan memberikan kesan luas.

Beberapa contoh warna cat netral yang bisa Kamu aplikasikan pada dinding ruang tamu, yaitu krem, beige, greige, putih, mauve dan masih banyak lagi. Warna-warna ini juga memberikan nuansa segar sehingga ruang tamu tidak terlihat sesak.

  1. Pastikan Cahaya Alami Masuk

Kehadiran cahaya alami menjadi salah satu cara menata ruang tamu yang sempit menjadi tampak leluasa. Itu sebabnya mengatur masuknya cahaya alami ke dalam ruang tamu sangatlah penting. 

Untuk memudahkan masuknya cahaya alami ke dalam ruang tamu, Kamu dapat memasang jendela berukuran besar di tengah ruangan. Alhasil cahaya akan masuk menerangi ruang tamu secara maksimal. Namun, jika tidak memungkinkan untuk menggunakan jendela berukuran besar Kamu dapat mengombinasikan antara cahaya alami dan cahaya lampu. Dengan begitu, ruang tamu tetap memperoleh pencahayaan yang cukup.

  1. Gunakan Cermin

Siapa sangka jika cermin dapat menjadi komponen yang dapat membantumu dalam menjadikan ruang tamu tampak lebih luas? Visualisasi yang diberikan dengan pemasangan cermin akan membuat ruang tamu terkesan leluasa. Tapi satu hal yang perlu Kamu ketahui adalah gunakan cermin dengan ukuran besar.

Kamu bisa menempatkan cermin tersebut di banyak tempat. Bisa di atas sofa dan di sudut ruangan. Bila ingin memaksimalkan cahaya alami, Kamu juga dapat menempatkan cermin berseberangan dengan sumber cahaya alami. Alhasil cahaya alami dan menjangkau ruang tamu secara lebih luas.

  1. Jangan Gunakan Furniture Besar

Keberadaan furniture-furniture berukuran besar kerap kali menjadi penyebab ruang tamu terasa sempit. Hal ini karena furniture berukuran besar akan memakan ruang yang luas pula.

Amat disarankan untuk memilih furniture dengan ukuran kecil dan memiliki multi fungsi. Soalnya furniture jenis ini akan menghemat tempat dan bisa digunakan untuk lebih dari satu hal. Contoh furniture yang dimaksud adalah meja laci.

  1. Sirkulasi Udara Mencukupi

Cara menata ruang tamu yang sempit supaya terasa luas adalah dengan memperhatikan sirkulasi udara. Pasalnya ruang tamu dengan sirkulasi udara yang layak akan memberikan nuansa sumpek dan sempit. 

Oleh sebab itu, perhatikanlah keberadaan sirkulasi udara dan pastikan dapat berfungsi dengan baik. Beberapa cara untuk mengelola sirkulasi udara adalah dengan membuat jendela dan ventilasi di sudut-sudut ruangan. Perhatikan pula letak penempatan furniture supaya tidak mengganggu alur sirkulasi udara di dalam ruang tamu.

  1. Minimalisir Penggunaan Dekorasi atau Ornamen Ruangan

Secara tidak sadar mungkin Kamu pernah menggunakan dekorasi atau ornamen ruangan dalam yang berlebihan. Adanya dekorasi yang berlebihan tersebut justru akan mendatangkan nuansa sempit dan sesak.

Utamakanlah fungsi dalam memilih dekorasi supaya tidak banyak ornamen yang memenuhi sudut-sudut ruangan. Jadi ruang tamu akan terlihat minimalis dan sederhana. Namun, tetap elegan.

Manfaat Mempunyai Ruang Tamu yang Nyaman

Dengan membuat ruang tamu yang nyaman, akan ada banyak manfaat di antaranya yaitu:

  1. Menghasilkan Citra Positif

Ruang tamu yang nyaman dan leluasa akan memberikan kesan pertama yang baik pada tamu. Artinya menata ruang tamu yang sempit menjadi lebih luas akan membantumu untuk mewujudkan hal ini.

Dengan citra yang baik, Kamu juga akan dikenal sebagai sosok yang apik dan rapi. Percakapan bersama tamu pun bakal terasa lebih nyaman dan mengalir apabila mereka sudah mempunyai kesan yang positif terhadapmu.

  1. Mencegah Pertumbuhan Lumut dan Jamur

Tahukah Kamu bahwa ruang tamu yang sempit karena banyak furniture tidak tertata dapat berpotensi memicu pertumbuhan lumut dan jamur. Terlebih jika ruangan tersebut mempunyai suhu yang lembab. Lumut dan jamur pun akan lebih cepat tumbuh dan meluas. Keberadaan lumut dan jamur tentunya akan memperburuk suasana ruang tamu. Akibatnya tamu pun akan merasa kurang nyaman untuk berlama-lama berkunjung ke rumah Kamu. 

  1. Ruangan Jadi Lebih Sehat

Ruang tamu yang nyaman tentu sudah pasti terjaga kebersihannya. Lain halnya apabila ruang tamu Kamu dipenuhi oleh furniture dan dekorasi. Kamu pasti akan kesulitan dalam membersihkannya. Hal ini pun berujung pada kondisi ruang tamu yang kotor.

Nah, dengan menata ruang tamu yang sempit secara baik Kamu akan lebih mudah dalam melakukan bersih-bersih. Alhasil ruang tamu jadi lebih sehat dan nyaman untuk dikunjungi oleh siapapun.

  1. Meningkatkan Kualitas Hidup

Kondisi ruang tamu yang nyaman dan hangat juga akan meningkatkan kualitas hidup hunian secara keseluruhan. Hal ini lantaran lingkungan yang nyaman mendatangkan suasana positif pada hati dan memberikan kebahagiaan. Kamu juga akan lebih betah untuk menghabiskan waktu di dalam rumah.

Penutup

Demikian ulasan artikel tentang cara menata ruang tamu yang sempit. Semoga cara-cara di atas bisa bermanfaat dan membantumu dalam mengatur tata letak ruangan. Temukan tips dan trik menarik lainnya tentang dekorasi hunian lainnya bersama GNET Indonesia!