KEMBALI KE ARTIKEL
10 January 2024

Pengaplikasian lantai kamar mandi mempunyai peran vital baik dalam segi fungsional maupun estetika. Untuk segi fungsional, lantai kamar mandi dapat mencegah ruangan ini menjadi tidak licin sehingga lebih aman.

Sedangkan pada segi estetika, pemilihan lantai kamar mandi secara tepat akan menjadikan ruangan ini tampak indah. Kamu juga bisa memadupadankan warna dan motif lantai kamar mandi sesuai dengan konsep hunian.

Nah, tanpa perlu berlama-lama lagi GNET Indonesia akan bagikan beragam jenis lantai kamar mandi sebagai referensi Kamu. 

Jenis-Jenis Lantai Kamar Mandi

Inilah rekomendasi beberapa jenis lantai kamar mandi yang bisa Kamu aplikasikan.

  1. Lantai Batu Alam

Jenis pertama ada lantai batu alam. Lantai ini merupakan salah satu pilihan tepat buat Kamu yang ingin menjadikan area kamar mandi menjadi tidak licin. Serta, mempunyai nuansa natural. Tampilan kamar mandi pun menjadi lebih unik. 

Lantai batu alam mempunyai karakteristik yang solid sehingga tidak mudah rusak ketika terkena air secara terus-menerus. Walau begitu, lantai batu alam mempunyai harga yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan jenis lainnya.

  1. Lantai Keramik Caspari

Lantai keramik bermotif caspari mempunyai permukaan yang tidak licin. Motif atau pola pada lantai caspari akan membawamu pada seni di abad pertengahan. Estetika tinggi dengan motif berdekorasi berupa tanaman dan bunga-bunga akan menyulap area kamar mandi Kamu menjadi tampil lebih cantik.

Motif yang timbul pada lantai caspari menjadikan lantai ini tidak licin. Varian pola pada lantai caspari dapat memberikan pilihan beragam yang bisa Kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

  1. Lantai Keramik Koral

Pada umumnya lantai keramik koral digunakan pada garasi. Mengingat permukaannya yang cukup kasar, tetapi kokoh untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Namun, Kamu juga bisa menggunakannya untuk area kamar mandi.

Jenis lantai ini sesuai untuk digunakan pada hunian yang mengusung konsep minimalis. Hal tersebut lantaran lantai keramik koral mempunyai warna netral dan mudah untuk dipadupadankan dengan warna lainnya.

  1. Lantai Keramik Matte

Lantai keramik matte punya tekstur kesat dan ketahanan akan goresan sehingga cocok untuk Kamu aplikasikan pada area kamar mandi. Buat Kamu yang mempunyai hunian berkonsep minimalis, memilih lantai keramik matte cukup direkomendasikan.

Tampilannya yang sederhana namun tetap elegan pun memberikan kesan eksklusif dan premium. Dalam segi perawatan lantai keramik matte juga lebih mudah. Kamu cukup mengelapnya dengan kain basah dan mengeringkannya setidaknya dua kali dalam kurun waktu satu bulan.

  1. Lantai Granit Teraso

Berikutnya ada lantai granit teraso yang bisa menjadi pilihan menarik untuk kamar mandi Kamu. Teraso adalah material lantai yang terbuat dari kombinasi komposisi batu alam kecil, keramik dan lain sebagainya.

Campuran komposisi tersebutlah yang menjadikan lantai granit teraso mempunyai kekuatan solid dan permukaan yang sedikit kasar. Oleh sebab itu, Kamu dapat menggunakan lantai granit teraso di area kamar mandi.

  1. Lantai Granit Herringbone

Lantai granit herringbone cukup banyak diminati untuk digunakan pada area kamar mandi. Motif ini menghadirkan tampilan, seperti bentuk anyaman atau zig-zag sehingga cukup unik bila dibandingkan dengan lainnya. Nuansa sederhana sekaligus modern memberikan sentuhan tersendiri pada kamar mandi menjadi lebih estetik.

  1. Lantai Keramik Moroccan

Lantai keramik moroccan menjadi alternatif lain yang bisa Kamu gunakan di area kamar mandi. Motif pada lantai keramik moroccan memungkinkan air lebih mudah mengalir ke lubang pembuangan. Permukaannya juga tidak licin jadi Kamu tidak perlu khawatir akan risiko tergelincir ketika menggunakannya. Kamu bisa dapatkan lantai keramik moroccan dengan mudah di pasaran.

  1. Lantai Granit Rustic

Lantai granit terbuat dari batuan alami yang terbentuk dari proses pendinginan magma di bawah permukaan bumi. Pada dasarnya lantai granit tersedia dalam beragam jenis motif. Salah satu jenis motif tersebut adalah rustic.

Kamu bisa menggunakan lantai granit berjenis motif rustic untuk di kamar mandi. Itu karena lantai granit rustic memiliki permukaan yang sedikit kasar. Dengan demikian, risiko tergelincir di kamar mandi bisa diminimalisir.

Manfaat Lantai Kamar Mandi

Berikut manfaat penggunaan lantai kamar mandi yang mungkin sebelumnya belum Kamu tahu.

  1. Meminimalisir Kelembaban Ruangan

Pada umumnya lantai kamar mandi telah diranncang khusus untuk mempunyai ketahanan terhadap air dan suhu lembab. Beberapa jenis lantai yang sudah memenuhi hal ini, di antaranya lantai keramik dan lantai porselen. Dengan pemasangan lantai kamar mandi suhu pada ruangan ini jadi lebih stabil. Alhasil, pertumbuhan jamur dan lumut yang diakibatkan suhu lembab dapat dicegah

  1. Meningkatkan Keamanan

Lantai kamar mandi dengan motif rustic umumnya banyak digunakan pada ruangan kamar mandi. Itu karena motif rustic memiliki permukaan yang sedikit kasar. Jadi, Kamu tidak mudah tergelincir ketika melakukan aktivitas sehari-hari di kamar mandi. Keamanan kamar mandi pun kian terjaga dan kecelakaan yang mengakibatkan cedera bisa diminimalisir.

  1. Mempermudah Pembersihan

Lantai kamar mandi mempunyai permukaan yang datar sehingga dapat memudahkan Kamu dalam proses pembersihan. Lain halnya pada ruang kamar mandi yang tak dipasang lantai. Tentu permukaannya rentan mengalami rusak dan bergelombang. Akibatnya, kotoran banyak bersarang di sela-sela lantai. Proses pembersihan pun menjadi lebih sulit.

  1. Estetika

Lantai kamar mandi mempunyai banyak varian motif dan warna yang bisa memberikan fleksibilitas dalam menciptakan tampilan estetis. Kamu dapat memilih motif dan warna lantai sesuai dengan selera dan konsep hunian. Semakin tepat pilihan lantai kamar mandi, kian cantik pula tampilan ruang kamar mandi Kamu.

Penutup

Demikian beberapa jenis-jenis lantai kamar mandi yang bisa menjadi referensi dan wawasan baru untuk Kamu. Buat Kamu yang ingin memasang lantai kamar mandi, GNET Indonesia punya solusinya!

GNET Indonesia hadirkan lantai granit bermotif rustic dengan varian motif yang menarik. Temukan ragam motif sesuai dengan kebutuhan Kamu di halaman Flooring GNETIndonesia.com.