KEMBALI KE ARTIKEL
06 December 2023

Hari raya Natal menjadi sebuah momen yang amat dinantikan oleh para umat kristiani. Kemeriahan dan kebahagiaan Natal kian terasa ketika Kamu melakukan dekorasi natal di rumah. GNET Indonesia akan membagikan inspirasi dekorasi natal di rumah untuk membantu Kamu untuk memeriahkan hari raya ini. Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut.

Inspirasi Dekorasi Natal di Rumah

Temukan inspirasi dekorasi natal yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

  1. Dekorasi Pohon Natal

Bukan perayaan natal namanya jika tidak ada dekorasi pohon natal di rumahmu. Kamu dapat memilih pohon natal yang hidup maupun buatan. Pohon hidup biasanya akan memberikan aroma alami tersendiri namun perlu perawatan khusus. Sedangkan pohon buatan lebih awet dan tahan lama serta Kamu tidak melakukan perawatan tertentu.

Ada beragam tema dekorasi pohon natal yang bisa Kamu gunakan. Mulai dari tema tradisional yang sederhana, tema rustik dengan ornamen hiasan ala hutan, sampai tema vintage dengan warna klasik seperti merah tua dan emas.

  1. Ornamen Gantungan

Tidak lengkap rasanya jika pohon natal tidak dihias kembali dengan beragam ornamen gantungan. Ada berbagai macam jenis ornamen yang bisa Kamu jadikan untuk hiasan. Mulai dari bintang, bola hias tradisional, kantong kado, hewan rusa kutub, hingga buah-buahan.

  1. Lilin Natal

Keberadaan dekorasi lilin natal juga tidak bisa dipisahkan. Hal ini karena lilin merepresentasikan sebuah harapan. Silakan letakkan lilin sebagai hiasan di atas meja makan dan tempat-tempat lainnya yang Kamu inginkan.

Selain di meja makan, lilin juga bisa Kamu susun mengelilingi pohon natal. Namun, disarankan Kamu menggunakan lilin buatan karena pohon natal alami dapat mudah terbakar bila terkena api. Lilin buatan juga tahan angin untuk digunakan di ruangan ber AC.

  1. Rangkaian Bunga

Dekorasi natal selanjutnya adalah rangkaian bunga yang disusun manis membentuk sebuah lingkaran atau biasa disebut Christmas Wreath. Hiasan ini biasa ditempel di berbagai area rumah. Mulai dari dinding, depan pintu dan juga jendela rumah.

Gunakan juga pita berwarna khas natal, seperti merah, putih dan hijau untuk menghiasi rangkaian bunga tersebut. Dedaunan buatan juga dapat mempercantik hiasan rangkaian bunga menjadi lebih hidup.

  1. Kudapan atau Kue Natal

Perayaan natal identik dengan datangnya sanak saudara untuk saling berkunjung. Sebagai tuan rumah, Kamu tentu ingin menyediakan kudapan terbaik guna menyambut tamu. Ada berbagai macam jenis kue yang bisa menjadi pilihan Kamu.

Beberapa kue yang kerap dijamu dalam perayaan hari raya natal adalah, kue nastar, kue kering kacang, putu kacang hijau, lapis legit, kue lumpur dan masih banyak lagi. Selain kudapan Kamu juga dapat menghidangkan menu makanan utama untuk disantap bersama.

  1. Lampu Kelap-Kelip

Kemeriahan natal takkan terasa tanpa hadirnya lampu kelap-kelip di sudut-sudut ruang rumah. Sentuhan gemerlap dari cahaya pohon natal akan memberikan nuansa magis dan estetik.

Ornamen lampu kelap-kelip sendiri bisa ditempatkan di banyak tempat, seperti lampu natal, dinding, pintu, jendela dan tempat-tempat lainnya. Beberapa lampu kelap-kelip ada yang mempunyai remot untuk mengontrol gemerlap dan warna cahaya.

  1. Dekorasi Meja Makan 

Selain berfungsi untuk menghidangkan makanan, meja makan juga Kamu rias untuk menambah estetika ruangan. Bentuk hiasannya pun berbagai macam. Bisa dengan memasang kain taplak meja bertemakan natal, menempatkan patung atau boneka santa hingga miniatur pohon natal.

Penempatan dekorasi tersebut perlu Kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran meja. Dengan demikian, meja makan dapat tetap berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu sebagai tempat untuk menyantap makanan bersama keluarga.

Tips untuk Dekorasi Natal di rumah

Supaya dekorasi natal di rumah dapat optimal, ada beberapa tips yang bisa menjadi referensimu di antaranya:

  1. Tidak Berlebihan

Tips pertama yang penting untuk Kamu ketahui adalah tidak berlebihan dalam melakukan dekorasi natal. Pasalnya dekorasi yang berlebihan justru malah akan mengganggu aktivitasmu. Misalnya seperti penempatan pohon natal dengan ukuran yang sangat besar. Hal ini tentu akan membatasi ruang gerakmu di dalam rumah.

  1. Gunakan Warna yang Selaras

Setidaknya ada 3 warna yang identik dengan perayaan natal. Warna tersebut adalah merah, putih dan hijau. Penggunaan kombinasi dari ketiga warna ini akan menciptakan tampilan bernuansa klasik dan juga tradisional.

Apabila Kamu ingin menambahkan kesan mewah, warna emas dan perak dapat menjadi pilihan yang tepat. Perlu diketahui kembali bahwa pemilihan warna kembali lagi dengan selera dan kebutuhan dekorasi rumah Kamu.

  1. Perhatikan Penempatan Lilin Natal

Penempatan lilin natal sangatlah penting untuk Kamu perhatikan. Itu karena api pada lilin mempunyai potensi untuk membahayakan Kamu. Jika lilin diletakkan di dekat benda yang mudah terbakar, dikhawatirkan api akan cepat menyambar dan membakar seisi rumah. Kamu tentu tidak ingin bukan kecelakaan ini terjadi di rumahmu?

Penutup

Demikian ulasan tentang dekorasi natal di rumah. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk memeriahkan hari spesial bersama keluarga tercinta. Temukan lebih banyak artikel tentang tips dan trik dekorasi lainnya bersama GNET Indonesia.