KEMBALI KE ARTIKEL
12 December 2021

GNET

Apa itu Trasram dinding?

trasram dinding

Sumber: Freepik

Apakah kalian pernah mengenal istilah Trasram? Trasram sendiri adalah salah satu istilah dalam dunia bahan bangunan yang cukup penting. Trasram adalah plester anti air yang terbuat dari semen untuk aplikasi pada dinding batu bata. Trasram sering digunakan karena memiliki daya rekat tinggi, anti retak, awet, serta tahan air. Oleh karena itu, trasram sering digunakan pada dinding yang lembap. Trasram merupakan jenis dinding bata yang kedap air. Karena sifat yang tahan airnya ini, maka trasram biasanya diletakkan paling bawah, tepat di atas sloof. Trasram ini juga dipakai untuk dinding kamar mandi dan dapur yang seringkali lembap dan basah.

 

Bahan Trasram Dinding

Sesuai dengan perkembangan zaman, material sekarang ada berbagai jenis. Ada berbagai macam bahan pembuat trasram sesuai fungsinya. Berikut ini merupakan bahan-bahan pembuat trasram.

1. Bahan plester trasram dinding instan

Plester trasram instan dibuat dengan bahan untuk spasi campuran yang langsung digunakan tanpa oerlu adanya campuran atau komposisi lainnya.

2. Bahan trasram menggunakan seng plat datar tahan karat

Fungsi dari pemakaian seng plat dalam pembuatan trasram adalah untuk mencegah serangan rayap. Selain itu, trasram yang dilapisi seng akan lebih awet karena lebih tahan karat daripada besi. Untuk membuatnya, semua sambungan seng harus disolder dengan rapat agar dapat menghalau kelembapan.

3. Bahan karet trasram (karet talang atau lembaran PE)

Selain bahan seng, trasram juga bis dibuat dengan lapisan bahan karet yang tahan air. Bagaimana cara membuatnya? Caranya yaitu karet trasram dipotong sesuai dengan lebar sloof bangunan, dan setiap bangunan dan setiap sambungannya harus diberi overlap minimal 10 cm.

4. Bahan trasram dengan lapisan aspal (bitumen atau kertas aspal)

Trasram juga bisa dibuat dari bahan lapisan aspal atau bitumen. Trasram lapisan aspal bisa digunakan untuk sloof beton bertulang atau di bawah sloof struktur kayu. Tebal dari trasram ini adalah sekitar 2mm, dan dibuat dengan cara mengecat 2-3 kali lapisan aspal panas dengan bitumen ataupun karet latex emulsi.

5. Plesteran emulsi

Trasram dengan emulsi biasanya terbuat dari plesteran semen, namun biasanya ditambah dengan bahan sintesis seperti material call-black.

 

Kelebihan trasram dinding pada bangunan

kelebihan trasram dinding

Sumber: batamerahgarut.com

 

  1. Trasram dapat melindungi bangunan dari kelembapan
  2. Trasram dapat membuat dinding anti lembap, sehingga ruangan tidak basah
  3. Trasram dapat melindungi dinding interior dari jamur dan pengelupasan
  4. Trasram melindungi ruangan yang ada di samping kamar mandi

 

Kekurangan menggunakan trasram dinding pada bangunan

  1. Pemasangan memerlukan waktu sehingga terasa lebih merepotkan
  2. Dengan membuat trasram dinding, maka tentu akan menambah biaya lebih mahal

 

Nah, itu dia sekilas mengenai apa itu trasram dinding, fungsi, jenis bahan, kelebihan, dan kekurangannya jika digunakan pada bangunan, Trasram dinding ini cocok digunakan pada bangunan yang terhubung langsung dengan area lingkungan yang lembap. Selain menggunakan trasram, kamu pun bisa menggunakan GNET bubble foil untuk mengatasi dinding yang rembes. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuanmu seputar bahan bangunan ya. Semoga dapat menginspirasi untuk rumah idamanmu. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan bangunan berkualitas dari GNET. Hunian nyaman, GNET solusinya!