KEMBALI KE ARTIKEL
02 April 2024

Kita semua tentu menginginkan untuk tinggal di rumah yang nyaman. Nah, salah satu bentuk kenyamanan tersebut adalah rumah yang bebas dari suara-suara mengganggu. Coba bayangkan saat Kamu bangun tidur di pagi hari ada suara berisik di sekitar rumah Tentu sangat tidak nyaman bukan?

Terlebih jika suara-suara bising dari luar ruangan menimbulkan gaung di dalam rumah. Pasti akan membuat suasana di rumah menjadi gaduh. Kamu jadi tidak bisa beristirahat dengan tenang sehingga akibatnya produktivitas kerja pun menurun. Tapi jangan khawatir, GNET akan bagikan cara menghilangkan gaung atau gema di dalam ruangan rumah.

Cara Menghilangkan Gaung di Dalam Ruangan

Simak beberapa cara menghilangkan gaung atau gema di dalam ruangan, sebagai berikut:

  1. Menghilangkan Gaung dengan Menggunakan Karpet

Terkadang derap langkah kaki menimbulkan gaung atau gema suara yang mengganggu di dalam rumah. Oleh karena itu, kamu bisa memasang karpet lantai untuk mengurangi suara dari langkah kaki. Selain itu, memasang karpet juga bisa mempercantik rumah lho!

Sebisa mungkin pilihlah karpet dengan bahan yang tebal dan cukup padat supaya mampu meredam suara dengan maksimal. Posisikan karpet secara benar dan rapi hingga ke seluruh sudut ruangan. Pastikan tidak menyisakan celah.

Untuk meningkatkan fungsi karpet dalam meredam suara gaung, Kamu dapat mengaplikasikan underlayer di bawahnya. Keberadaan layer akan membuat karpet lebih tebal dan berisi.

  1. Menghilangkan Gaung dengan Mengganti Pintu

Tahukah Kamu? Material dan bentuk pintu juga berpengaruh dalam meredam kebisingan suara. Pintu yang mengaplikasian desain solid lebih efektif dalam meredam suara bila dibandingkan dengan pintu berhiasan berukir. Selain itu, pintu dengan material UPVC lebih bisa meredam suara juga dibanding pintu dari material kayu. 

Apabila memungkinkan, Kamu dapat menambah karet peredam suara di sekitar sisi-sisi pintu untuk menutup celah dan gelombang suara masuk. Tutuplah secara rapat hingga benar-benar tidak ada celah atau rongga sedikitpun.

  1. Menghilangkan Gaung dengan Menggunakan Material Insulasi

Memasang insulasi pada atap ataupun dinding rumah adalah cara paling efektif untuk mencegah masuknya suara bising ke dalam rumah. Selain itu, insulasi tidak hanya berfungsi sebagai peredam suara, tetapi juga mengurangi panas matahari merambat ke dalam rumah. Supaya berfungsi dengan baik lakukan proses instalasi sesuai dengan petunjuk pemasangan.

Jangan lupa untuk memastikan faktor perawatan supaya material insulasi tetap berfungsi maksimal seiring berjalannya waktu penggunaan. Perhatikan apakah ada bagian yang mengalami kerusakan atau degradasi sehingga dapat mengurangi efektivitasnya dalam meredam gaung.

  1. Menghilangkan Gaung dengan Menanam Tanaman

Untuk kamu yang memiliki rumah di pinggir jalan, ada cara untuk mengurangi atau meredam suara dari luar sehingga rumah tidak terlalu berisik. Salah satu caranya ialah dengan membuat media yang bisa dijadikan alat untuk menyerap atau meredam suara bising dari luar.

Misalnya, yakni dengan menanam tanaman tinggi yang bisa menutup semua bagian pagar. Kamu juga bisa menanam pohon-pohon rindang di sekitar rumah, terutama pada bagian depan. Dengan begitu, suara bising dari luar akan terhalang tanaman-tanaman tersebut.

Disarankan untuk memilih tanaman yang tepat dengan karakteristik daun tebal dan lebat. Misalnya, seperti tanaman karet, pakis, pohon palem, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk menempatkan tanaman pada posisi yang strategis. Mulai dari di dekat dinding hunian dan sudut-sudut ruangan.

  1. Gunakan Cat Dinding Khusus Peredam Suara

Saat ini sudah ada cat dinding khusus yang dirancang untuk mampu meredam suara. Menggunakan cat jenis ini dapat menjadi solusi terbaik untuk meminimalisir gaung atau suara bising pada rumah.

Supaya dapat berfungsi optimal, aplikasikanlah cat dinding khusus ini secara merata dengan tingkat ketebalan yang sama. Perhatikan pula cara pengaplikasiannya pada bagian petunjuk penggunaan.

Perhatikan secara berkala untuk melihat apakah ada bagian dinding dengan cat yang mulai rusak. Hal ini karena kerusakan atau cat yang terkelupas akan menimbulkan celah untuk suara gaung masuk ke dalam rumah.

Penyebab Gaung atau Gema di Dalam Ruangan

Suara gaung atau gema di dalam ruangan dapat dihasilkan karena beberapa penyebab. Adapun beberapa penyebab tersebut, yakni sebagai berikut:

  1. Permukaan Ruangan Keras

Penyebab pertama yang umum terjadi adalah kondisi permukaan ruangan yang keras. Hal ini memungkinkan gelombang suara lebih cepat terpantul sehingga gaung dan gema terdengar kian jelas.

Ketika sumber suara ke permukaan keras berada dalam jangka dekat, maka bunyi pantulan akan kembali terdengar. Alhasil gaung terdengar lebih jelas. Sedangkan bila sumber suara ke permukaan keras kian jauh, maka bunyi gema yang akan terdengar jelas.

Untuk mengatasinya Kamu dapat mengaplikasikan insulasi suara untuk menyerap dan meredam pantulan suara. Dengan demikian, suara tidak akan memantul sehingga menimbulkan gaung atau gema.

  1. Ukuran Ruangan

Ukuran ruangan menjadi penyebab lain akan terjadinya gaung atau gema di dalam ruangan. Nah, ruangan yang kecil akan mempunyai waktu pantul lebih pendek sehingga gaung terdengar jelas.

Sedangkan ruangan berukuran besar cenderung mempunyai waktu pantul lebih panjang. Inilah yang menjadikan suara gema bakal terdengar secara lebih jelas. 

  1. Posisi Pengeras Suara

Penyebab gaung dan gema berikutnya adalah peletakan pengeras suara pada penempatan posisi yang kurang tepat. Akibatnya menimbulkan gaung dan gema di dalam ruangan. Untuk itu, penting dalam memperhatikan peletakkan pengeras suara.

Misalnya, pengeras suara mengarah langsung pada permukaan dinding atau lantai. Maka suara gaung dan gema pun akan tercipta. Berbeda bila Kamu mengarahkan langsung pengeras suara pada pendengar. Suara gaung dan gema jadi lebih minim.

Penutup

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan gaung atau gema serta suara bising yang dapat mengganggu kenyamanan di rumah. Untuk kualitas terbaik, jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan bangunan berkualitas dari GNET yaaa. Hunian nyaman, GNET solusinya!