KEMBALI KE ARTIKEL
29 October 2021

GNET

Memilih cat exterior terbaik dan paling sesuai

Kamu lagi bingung memilih cat exterior yang bagus untuk rumah? Memilih warna cat rumah kadang memang sulit dan membingungkan. Apalagi kamu memiliki minim pengetahuan soal cat. Jika kamu memilih warna-warna cat yang membosankan, maka rumahmu akan tampak baisa saja dan tidak menarik. Padahal exterior rumah harus bisa menonjolkan keindahan rumahmu. Agar tidak salah pilih, yuk simak beberapa tips memilih cat exterior yang bagus dan sesuai untuk rumahmu!

 

1. Jika ingin memilih cat exterior yang bagus, perhatikan kualitasnya

cat exterior bagus dan tahan lama

Sumber: Freepik

Jika ingin memilih cat exterior yang bagus, jangan asal pilih yang murah, apalagi yang diobral. Hehe.. Bisa jadi hasilnya tidak seperti yang kita harapkan. Entah warna cepat pudar, tidak tahan cuaca, dan sebagainya.

 

2. Pastikan memilih cat khusus exterior jika ingin memilih cat yang bagus dan tahan lama

cat exterior bagus dan tahan lama

Sumber: Pinterest

Jangan lupa memilih cat yang memang diperuntukkan untuk eksterior rumah. Kenapa? Karena memang cat khusus ini memang dibuat khusus untuk cat dinding bagian luar. Cat eksterior juga mampu untuk melindungi dinding dari perubahan cuaca. Nah, jika kamu menggunakan cat biasa untuk eksterior rumah, maka biasanya dinding akan berjamur, retak, dan warna cat akan mudah mengelupas.

 

3. Jika ingin memilih cat exterior yang bagus dan sesuai, perhatikan warna cat tetangga

cat exterior bagus dan tahan lama

Sumber: furnizing.com

Rumah-rumah tetangga bisa menjadi inspirasimu dalam memilih warna cat lho! Eh tapi bukan berarti sama seperti tetangga-tetangga sebelah ya. Maksudnya kamu harus bisa melihat di sekitar lingkunganmu. Pilih warna yang bisa membedakan rumahmu dengan rumah-rumah sekitar. Jadi, jangan asal pilih warna cat ya!

 

4. Cat exterior yang bagus dan tahan lama ialah cat yang tahan cuaca

cat eksterior bagus awet tahan lama

Sumber: lenterarumah.com

 

Kriteria cat exterior yang bagus dan tahan lama berikutnya ialah yang bersifat tahan cuaca. Sehingga, cuaca panas atau hujan tak jadi masalah. Bagaimana cara memilihnya? Pilih saja cat dengan keterangan weatherproof atau weather resistance. Cat yang memiliki kriteria ini dapat mencegah timbulnya jamur pada dinding, terutama ketika hujan.

 

5. Dalam memilih cat exterior yang bagus dan sesuai, pertimbangkan juga warna bahan yang tidak dicat

Setiap rumah pastinya memiliki bahan yang tidak memerlukan cat eksterior. Misalnya kusen kayu, dinding batu, pagar, dan lain sebagainya. Nah, kamu perlu mempertimbangkan warna cat jika dikombinasikan dengan bahan-bahan tersebut. Apakah pagar dan dinding memiliki warna yang sama? Jadi, pilihlah warna dinding yang selaras.

Masih bingung memilih cat exterior yang bagus dan tahan lama? Semoga tips di atas bisa membantumu memilih cat terbaik yaaa. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan bangunan berkualitas dari GNET untuk kualitas terbaik. Hunian nyaman, GNET solusinya.