KEMBALI KE ARTIKEL
17 February 2021

GNET

Manfaatkan atap rumah sebagai rooftop rumah minimalis

rooftop rumah minimalis

Rooftop rumah minimalis

Sumber: 99.co

Menikmati udara di ruang terbuka sepertinya hampir mustahil di zaman sekarang ini. Apalagi lagi pandemi gini, mau liburan juga bingung mau ke mana. Tapi, pernah nggak kepikiran kalau atap rumah kamu bisa disulap jadi tempat yang nyaman?

Kalau kamu mempunyai rumah minimalis, nggak ada salahnya kan memanfaatkan atap rumah sebagai tempat bersantai dengan membuat rooftop yang nyaman? Selain sebagai atap pelindung rumah, rooftop juga bisa digunakan sebagai area multifungsi, misalnya untuk menikmati “me time”, ataupun bersantai dengan teman-teman atau keluarga. Lalu apa saja yang bisa disiapkan untuk membuat rooftop minimalis sederhana?

 

1. Mengedak / Mengecor atap untuk rooftop rumah minimalis

Mengedak lantai adalah salah satu tahapan konstruksi yang merepotkan dan membutuhkan serangkaian tahapan yang panjang. Menyusun bekisting sampai proses kerjanya membutuhkan waktu yang cukup lama lho, apalagi jika lantai atau atap dak beton berukuran besar. 

Banyak orang masih berpikir untuk mengecor lantai atas bangunan dengan cara konvensional. Akan tetapi, ada cara lebih hemat tenaga, hemat waktu, dan hemat biaya. Caranya yaitu dengan menggunakan floordeck. Pastinya menggunakan floordeck GNET yaaa!

floordeck atap rumah

Aplikasi floordeck

Sumber: buildingsteelframe.com

Jika menggunakan floordeck, tidak perlu lagi menggunakan bekisting, kayu, ataupun triplek. Bentuk floordeck yang menyerupai gelombang membuat penggunaan beton bisa lebih hemat dibanding mengedak dengan cara konvensional. Hemat banyak kan?

 

2. Motif kayu dan tanaman hijau untuk nuansa alam

Bawa suasana alam terbuka ke dalam rumah dengan menggunakan lantai motif kayu. Motif kayu bisa memberikan kesan natural dan alami pada rumah. Untuk rooftop minimalis yang terbuka, gunakan bahan yang tahan terhadap cuaca, baik ketika panas ataupun hujan. 

Kamu bisa gunakan Papan Silikat GNET dengan tekstur kayu yang tahan lama serta tahan terhadap berbagai cuaca. Dibanding menggunakan kayu asli, papan silikat GNET lebih tahan air, tahan rayap, dan tidak mudah lapuk.

rooftop rumah minimalis

Rooftop lantai kayu

Sumber: digsdigs.com

Jangan lupa tambahkan tanaman-tanaman hias untuk mempercantik rooftop minimalis kamu yaaa. Selain mempercantik tampilan, menambahkan tanaman hijau pada rooftop akan membawa suasana alam pada rumah. Suasana alam dipercaya memiliki daya tarik tersendiri karena mampu memberikan rasa tenang, damai, dan sejuk. Rooftop minimalis kamu dijamin nyaman deh!

 

3. Tambahkan kanopi biar tambah adem

atap kanopi rumah minimalis

Rooftop rumah minimalis

Sumber: chicagoroofdeck

Agar ketika bersantai tetap nyaman, tambahkan kanopi untuk melindungimu dari panas atau hujan. Kamu bisa gunakan kanopi dari bahan polycarbonate atau PVC GNET yang bisa berfungsi sebagai pencahayaan alami, namun tahan terhadap sinar UV. 

 

4. Jangan lupa meja dan kursi untuk bersantai dengan nyaman

Selain menambah kecantikan desain rooftop minimalis kamu, rooftop bisa menjadi tempat terbaik untuk bersantai dengan sahabat atau keluarga. Atau bisa juga kamu tambahkan hammock di rooftop minimalis kamu. Selain rooftop jadi lebih estetik, kegiatan bersantai kamu akan makin maksimal! Kamu bisa ke rooftop buat berjemur pagi-pagi atau santai sore sambal ngeteh dan ngemil lucu.

 

Nah, itu tadi pembahasan mengenai cara hemat membuat rooftop minimalis yang bisa menjadi inspirasi kamu ketika ingin membuat rooftop. Gunakan floordeck dari GNET untuk menghemat biaya. Tambahkan meja kursi, kanopi, dan tanaman hijau agar rooftop minimalis kamu makin kece dan terasa nyaman. Jangan lupa untuk selalu menggunakan produk berkualitas dari GNET untuk bahan bangunan kamu yaaa!