KEMBALI KE ARTIKEL
24 March 2022

GNET

Memasang granit tanpa nat

memasang granit tanpa nat

Sumber: doityourself.com

Selain keramik atau marmer, salah satu material yang banyak digunakan untuk lantai adalah granit. Hal ini karena granit memiliki sejumlah keunggulan, yaitu harga dan motifnya yang bervariasi, serta desain yang terkesan mewah dan elegan. Agar lebih terlihat elegan, pemasangan granit pun harus diperhatikan. Salah satu metode yang bisa diterapkan ialah memasang granit tanpa nat. Meskipun nat adalah salah satu hal yang cukup vital, namun memasang granit tanpa nat bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. Penasaran gimana caranya? Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini!

 

1. Siapkan alat dan bahan 

Sebelum ke tahap memasang granit, tentu kamu perlu mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses pemasangan granit ini. 

 

2. Siapkan adukan semen untuk memasang granit tanpa nat

Siapkan adukan semen yang tepat agar granit bisa merekat kuat walaupun tanpa menggunakan nat. Kamu harus memperhitungkan komposisi yang sesuai antara semen, pasir, dan air. Semen yang digunakan tersebut harus padat saat dilakukan pemasangan granit. Alternatif lain, kamu juga bisa menggunakan semen instan. Buatlah dalam versi setengah basah dan setengah kering agar kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Untuk perbandingannya, kamu bisa menggunakan pasir dan semen dengan perbandingan 1:3, kemudian siram dengan acian encer.

 

3. Cek keadaan granit

Sebelum memasang granit tanpa nat pada lantai, cek terlebih dahulu kondisi granit yang akan kamu gunakan. Pastikan tidak ada keretakan atau goresan pada permukaannya. Jika ada keretakan dan goresan, maka granit tersebut bisa berpotensi pecah saat dipasang.

 

4. Gambar pola

Pola diperlukan untuk memudahkan pemasangan granit tanpa nat. Mulailah dengan  menggambar pola dari bagian tengah agar ukuran granit yang digunakan pada bagian ini utuh. Untuk bagian lainnya bisa dilakukan pemotongan sesuai gambar pola tersebut. Untuk lebih mempermudah pengerjaan, kamu bisa menggambar dengan menggunakan tali berkapur sehingga tinggal menjepretkannya saja untuk membuat garis lurus.

 

5. Aplikasikan adukan semen untuk memasang granit tanpa nat

Untuk memasang granit ke lantai, ada dua macam cairan yang bisa digunakan. Pertama, cairan perekat yang terbuat dari campuran pasir dan semen. Kedua, kamu bisa menggunakan campuran perekat dari semen instan. Aplikasikan campuran perekat ke permukaan lantai yang ingin dipasang granit. Gunakan roskam bertakik dan pastikan olesan adukan semennya memiliki ketebalan yang cukup, sehingga ujung takik tidak akan menyentuh dasar lantai saat membuat lubang garisnya. Pastikan juga kalau dalam pengaplikasian tersebut tidak membuat granit menjadi kopong.

 

6. Pasang granit

memasang granit tanpa nat

Sumber: Shutterstock

Jika semua langkah sudah dilakukan, maka mulailah pasang granit ke permukaan lantai. Mulailah pasang granit secara vertikal lalu berlanjut ke arah horizontal. Cara memasang granit tanpa nat ini prinsipnya ialah tidak memberikan jarak sedikit pun untuk nat. Artinya, pasang granit tersebut sampai rapat sehingga tidak terlihat batas sambungannya. Lakukan pemasangan secara cermat, karena kalau asal-asalan, maka tidak akan menempel secara sempurna. Jangan lupa lakukan pengetesan menggunakan sendok. Jika pemasangan granit tanpa nat itu kurang padat, maka suara yang timbul akan nyaring, sehingga kamu perlu memadatkannya lagi. Lalu bagaimana untuk pemasangan granit di sudut? Bisa baca tips memasang keramik di sudut ini ya.

 

7. Finishing

Jika semua granit telah terpasang, tunggu beberapa waktu sampai granit merekat dengan sempurna. Jika sudah, bersihkan permukaan granit dari sisa kotoran atau semen. 

Gimana? Mudah kan memasang granit tanpa nat? Namun perlu kamu ingat ya, bahwa memasang granit tanpa nat butuh ketelitian ekstra di pemasangan setiap granitnya. Semoga artikel di atas membantumu dalam mewujudkan rumah impianmu ya. Jangan lupa untuk selalu gunakan bahan bangunan berkualitas dari GNET untuk hasil maksimal. Hunian nyaman, GNET solusinya!