KEMBALI KE ARTIKEL
11 March 2022

GNET

Membuat rak bunga minimalis dari baja ringan

Jika kamu sedang membangun atau merenovasi rumah, dan masih mempunyai sisa baja ringan yang tidak terpakai, jangan dibuang! Kreasikan saja menjadi perabot yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya ialah rak bunga. Mengoleksi tanaman hias adalah hobi yang belakangan ini tengah naik daun. Membuat rak bunga adalah salah satu solusi untuk menata koleksi tanaman hias di rumah agar terlihat lebi rapi dan estetik. Nah, material yang cocok untuk rak bunga minimalis salah satunya ialah dari baja ringan. Selain harganya yang cukup terjangkau, material baja ringan mudah untuk dikreasikan menjadi berbagai bentuk. Semua hanya tinggal bagaimana kamu mendesain baja ringan tersebut menjadi suatu karya yang unik dan cantik. Dan yang terpenting, rak bunga baja ringan ini bisa dibuat sendiri loh! Yuk simak cara membuatnya di bawah ini.

 

Alat dan bahan membuat rak bunga minimalis baja ringan

Sebelum membuat rak bunga minimalis, pastikan kamu memiliki alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut alat dan bahan yang harus dipersiapkan.

  1. Beberapa batang baja ringan sesuai dengan kebutuhanmu
  2. Gerinda
  3. Paku
  4. Alat paku tembak elektrik
  5. Palu

 

Langkah membuat rak bunga minimalis dari baja ringan

Melansir dari kanal YouTube DhiDhut, berikut adalah cara membuat rak bunga dari baja ringan.

 

1. Siapkan bingkai dasar rak bunga

rak bunga minimalis baja ringan 1

rak bunga baja ringan 2

Sumber: Kanal Youtube DhiDhut

Untuk membuat bingkai dasar rak, siapkan baja ringan yang cukup panjang. Tandai empat titik agar bisa dibentuk menjadi persegi empat. Setelah diberi tanda, potonglah ketiga sisinya, dan sisakan satu sisi untuk menyisakan lempengan yang berbentuk lipatan yang masih bisa digunakan untuk merekatkan sudut siku-siku. Kemudian, tekuklah keempat sisi yang telah dilubangi tersebut. Lalu, lubangi dan pasanglah paku di bagian sudut untuk mengokohkan bentuk bingkai.

 

2. Membuat tiang penyangga

rak bunga baja ringan 3

Sumber: Kanal Youtube DhiDhut

 

Setelah selesai membuat bingkai dasar rak, selanjutnya adalah melubangi beberapa titik sebagai tempat penyangga tiang rak. Caranya adalah dengan menandai beberapa titik pada bingkai tersebut. Lubangi bagian tersebut dengan menggunakan gerinda, lalu masukkan beberapa batang baja ringan yang digunakan sebagai tiang penyangga.

 

3. Cara membuat kerangka rak penyangga tanaman

 rak bunga baja ringan 5

Sumber: Kanal Youtube DhiDhut

Untuk membuat kerangka rak penyangga tanaman, siapkan beberapa batang baja ringan yang berukuran pendek. Dengan cara yang sama seperti membuat bingkai dasar, buatlah beberapa batang baja ringan tersebut membentuk letter “U”. Setelah selesai, lubangilah dua titik pada kerangka letter “U” tesebut. 

 

4. Pasang penyangga bagian tengah rak

rak bunga baja ringan 6

rak bunga baja ringan 7

Sumber: Kanal Youtube DhiDhut

Jika kamu membuat rak bunga yang terdiri dari tiga bagian, pasti ada bagian tengah yang belum diisi oleh penyangga. Oleh karena itu, siapkan beberapa batang baja ringan yang sudah dilubangi bagian ujungnya. Kemudian, pasangkanlah baja ringan tersebut pada dua tiang yang berada di tengah rak.

 

5. Buat penyangga tanaman paling atas

rak bunga baja ringan 9\

rak bunga baja ringan 10

Sumber: Kanal Youtube DhiDhut

Untuk membuat penyangga tanaman yang berada di susunan paling atas, kalian harus membuat bingkai persegi empat berukuran kecil. Cara membuatnya, sama dengan membuat bingkai dasar, hanya berbeda ukuran. Untuk penyangga tanaman paling atas ukurannya lebih kecil. 

Kemudian, lubangi empat sudut bingkai tersebut. Setelah itu, masukkan ujung tiang ke lubang di sudut bingkai tersebut. Pastikan bahwa ukuran bingkai sama dengan jarak antar tiang penyangga. Setelah itu, borlah keempat sisi bingkai tersebut sebelum memasang paku.

 

6. Buat tatakan untuk rak bunga baja ringan

rak bunga baja ringan 11

rak bunga baja ringan 12

Sumber: Kanal Youtube DhiDhut

Supaya tanaman hias bisa berdiri di atas rak, kita harus membuat tatakan atau alas pada rak. Untuk itu, siapkan bebeapa batang baja ringan. Potongan baja ringan tersebut harus kalian sesuaikan dengan lebar bingkai rak ya! Setelah itu, lubangi kedua ujung baja ringan tersebut untuk mempermudah pemasangan. Susunlah baja ringan di atas kerangka yang telah kamu buat, lalu lubangi kedua ujung lempengan yang dijadikan alas tanaman dengan menggunakan bor. Terakhir, rekatkanlah alas tanaman tersebut menggunakan paku. Voila! Rak bunga baja ringanmu telah siap digunakan.

Nah itulah beberapa langkah yang bisa kamu terapkan dalam membuat rak bunga baja ringan. Mudah bukan? Jangan lupa untuk menggunakan bahan bangunan berkualitas dari GNET. Hunian nyaman, GNET solusinya!