KEMBALI KE ARTIKEL
04 January 2024

Karat menjadi salah satu momok yang cukup sering merusak furniture atau perabotan rumah. Pasalnya karat tidak hanya merusak tampilan furniture. Namun, juga kondisi struktur dari furniture itu sendiri.

Bila tak segera diatasi karat akan semakin melebar dan menimbulkan kerusakan yang kian parah. Untuk itu, GNET Indonesia akan membagikan ulasan mengenai cara menghilangkan karat pada furniture yang bisa Kamu coba. Berikut ulasannya!

Cara Menghilangkan Karat Pada Furniture Rumah

Simak cara menghilangkan karat pada furniture rumah di antaranya, yaitu:

  1. Ampelas

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan adalah menggunakan ampelas. Alat ini cukup mudah untuk ditemukan di toko-toko bangunan terdekat. Selain berfungsi sebagai alat penghalus permukaan kasar, ampelas juga ternyata bisa Kamu aplikasikan untuk menghilangkan karat.

Walau begitu ampelas hanya bisa menghilangkan karat ringan. Jika karat sudah membandel dan berkerak, ampelas tidak begitu efektif untuk memperbaikinya. Untuk melakukan pengampelasan, rendam atau basahi dahulu furniture rumah yang mengalami karat. Setelah itu barulah Kamu bisa melakukan proses pengampelasan.

  1. Buah Lemon

Sebelumnya Kamu sudah tahu belum kalau buah lemon mampu digunakan untuk membersihkan karat pada permukaan logam? Lemon dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan asam. Buah ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan masakan, minuman dan lain pembersih alami.

Cara menggunakan buah lemon adalah dengan memerasnya untuk mengambil cairannya. Setelah itu masukkan cairan lemon tersebut ke dalam botol semprot. Lalu, basahi pula permukaan furniture yang berkarat dengan air garam. Jika sudah Kamu bisa menyemprotkan cairan lemon pada permukaan yang berkarat.

  1. Larutan Soda Kue, Air Jeruk dan Garam

Bahan-bahan dapur, seperti soda kue, air jeruk dan garam juga bisa Kamu manfaatkan untuk membersihkan karat pada furniture rumah. Bagaimana caranya? Nah, untuk caranya cukup mudah. Kamu cukup mencampurkan larutan setengah sendok garam, setengah sendok bubuk soda kue dan juga sedikit perasan air jeruk.

Setelah Kamu oles secara menyeluruh pada permukaan berkarat, bersihkan kembali dengan menggunakan lap kering. Silakan perhatikan apakah karat sudah benar-benar hilang atau belum. Jika belum Kamu bisa melakukan prosesnya kembali sampai furniture bersih dari karat.

  1. Sabun Cuci Piring dan Kentang

Pernahkah Kamu menyangka bahwa kombinasi sabun cuci piring dan kentang dapat menghilangkan karat pada logam? Nyatanya kedua kombinasi ini cukup ampuh. Caranya Kamu bisa menghaluskan kentang dengan menggunakan blender atau alat tumbuk.

Setelah halus, campurkan kentang dengan sabun pencuci piring dan aduk hingga merata. Bila sudah oleskan campuran tersebut pada permukaan berkarat sampai menyeluruh. Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan kembali sisa-sisa kotor dengan lap kering.

  1. Serbuk Asam Sitrat

Bubuk asam sitrat menjadi cara alternatif yang bisa Kamu manfaat untuk membersihkan berbagai noda dan kotoran di rumah. Hal ini pun berlaku pada permukaan logam yang berkarat.

Caranya larutkan asam sitrat dengan air dan mengaduknya hingga rata. Jika sudah rendam furniture yang berkarat pada larutan tersebut selama satu malam supaya memberikan hasil maksimal. Setelah itu, keringkan menggunakan lap kering.

  1. Bahan Bakar Solar

Bila biasanya solar digunakan sebagai bahan bakar kendaraan, Kamu juga bisa memanfaatkannya lho untuk menghilangkan karat. Untuk melakukannya pun tidak sulit. Kamu cukup merendam atau furniture pada cairan solar selama satu malam. 

Setelahnya bilas dan keringkan. Kamu akan melihat perbedaannya antara sebelum dan sesudah direndam solar. Namun, cara ini perlu perhatian lebih dalam melakukannya mengingat solar mudah terbakar sehingga berbahaya jika digunakan di ruangan.

  1. Minuman Bersoda

Tak hanya mempunyai rasa yang enak dan menyegarkan, minuman bersoda juga Kamu gunakan untuk membersihkan karat. Untuk melakukannya silakan tuang minuman bersoda pada furniture yang berkarat.

Diamkan beberapa saat hingga karat tampak luntur. Jika sudah gosok dengan lap kering sampai karat tak tersisa. Lalu bilas kembali furniture dengan air bersih dan keringkan. Karat pada furniture pun hilang.

  1. Aluminium Foil

Aluminium foil jadi bahan baku lain yang bisa Kamu gunakan untuk menghilangkan karat pada furniture logam. Hal ini bisa dilakukan karena aluminium mempunyai sifat anti karat. Lantas bagaimana cara menggunakannya?

Pertama-tama buatlah campuran garam dan air. Jika sudah celupkan bola aluminium foil pada larutan tersebut. Ketika aluminium foil sudah basah gosoklah pada permukaan furniture yang berkarat. Terakhir bersihkan sisa karat menggunakan air bersih dan keringkan.

  1. Molase

Bahan alami, seperti molase bisa Kamu gunakan sebagai penghilang karat lainnya. Kandungan mineralnya yang tinggi dapat memicu pengikatan ion dan molekul logam. Untuk melakukanya Kamu bisa mencampurkan air dan molase. Lalu rendam furniture berkarat hingga karat berhasil terlarut. Terakhir, bilas kembali furniture dengan air bersih dan keringkan

  1. Krim Tartar

Cara menghilangkan karat terakhir pada ulasan ini adalah krim tartar. Umumnya krim tartar digunakan untuk membuat meringue dan whipped cream. Tapi jika Kamu padukan dengan jus lemon, krim tartar bisa menjadi bahan penghilang karat.

Untuk membuatnya, campurkan satu sendok makan krim tartar dan beberapa tetes dari jus lemon. Padukan hingga menjadi pasta yang halus. Gosokkan pasta tersebut pada area yang berkarat. Ketika karat sudah hilang Kamu bisa membersihkannya dengan air bersih dan keringkan menggunakan kain lembut.

Penyebab Timbulnya Karat Pada Furniture Rumah

Supaya noda karat tidak kembali mengotori furniture rumah, penting untuk Kamu mengetahui apa-apa saja yang menjadi penyebabnya. Berikut beberapa penyebab timbulnya karat pada furniture rumah:

  • Reaksi Oksidasi Pada Logam

  • Suhu Ruangan yang Lembab

  • Hawa Udara Mengandung Garam

  • Kandungan Asam

Demikian ulasan tentang cara menghilangkan karat pada furniture rumah. Semoga cara di atas dapat membantu Kamu. Temukan tips dan trik menarik tentang hunian dan konstruksi lainnya bersama GNET Indonesia. Sampai jumpa di artikel lainnya!