KEMBALI KE ARTIKEL
01 February 2022

GNET

Sebelum membuat desain rumah di tanah miring

Seperti banyak yang kita lihat, membangun rumah normalnya dilakukan di atas lahan datar. Lalu bagaimana jika kita ingin mendesain rumah minimalis di tanah miring? Apakah memungkinkan dan aman untuk ditinggali? Walaupun unik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membangun rumah di tanah miring. Pertama-tama, cari dan hitunglah data tanah yang akan dibangun, sehingga didapatkan data sebagai berikut:

  1. Bentuk tanah
  2. Lebar depan dan belakang, serta panjang samping kanan kiri
  3. Lokasi jalan raya di sekitar lahan tersebut, sehingga dapat ditentukan arah hadap rumah nantinya
  4. Ketinggian elevasi tanah
  5. Kondisi tanah, apakah ada bangunan lama ataukah benar-benar lahan baru. Hal ini mempengaruhi perlu tidaknya penyesuaian dengan desain rumah baru nantinya

 

Setelah mempersiapkan data-data di atas, barulah mendesain rumah di tanah miring yang kamu inginkan. Yuk simak beberapa desain berikut!

1. Desain rumah di tanah miring dengan garasi di bagian belakang

desain rumah di tanah miring garasi belakang

Sumber: Pinterest

 

Desain ini diperuntukkan untuk kamu yang memiliki lahan cukup luas, namun miring ke belakang. Kamu bisa coba menerapkan konsep garasi di lahan belakang. Biasanya garasi diletakkan di depan rumah. Namun dengan menempatkan garasi di belakang rumah, kamu akan lebih bebas mempercantik halaman depan. Misalnya dengan membuat patio, gazebo, atau sekedar taman bermain. Jangan lupa sisakan sedikit spaceuntuk akses kendaraan masuk ke garasi belakang. Btw, kamu juga bisa cek artikel bagaimana membangun landasan garasi yang kuat.

 

2. Desain rumah di tanah miring dengan split level

desain rumah di tanah miring split level

Sumber: montgomeryhomes

Salah satu cara untuk mengakali tanah miring adalah dengan menerapkan konsep split level. Namun konsep ini membutuhkan perhitungan yang tepat. Struktur pondasinya pun harus diperhitungkan dengan cermat agar kuat. Selain mengatasi lahan miring, konsep split level juga sangat berguna dalam menentukan pembagian ruangan. Biasanya split level diterapkan pada lantai dasar, kemudian dihubungkan dengan tangga kecil untuk menghubungkan ke lantai di atasnya.

 

3. Desain rumah di tanah miring dengan penyangga

desain rumah di tanah miting dengan penyangga

Sumber: Pinterest

Membangun rumah di tanah miring memang butuh perhitungan yang cermat. Hal ini dilakukan agar rumah tanah miring dapat berdiri dengan kokoh dan kuat. Salah satu cara yang dapat menjadi alternatif ialah dengan menggunakan struktut yang tepat. Struktur bangunan yang kuat tidak melulu harus dari material beton. Namun kamu juga bisa mengombinasikannya dengan struktur kayu. Selain memperkuat pondasi, material kayu juga bisa memperindah bangunan.

 

4. Desain rumah di tanah miring dengan kolam renang

desain rumah tanah miring dengan kolam renang

Sumber: homedit

Membangun rumah di tanah miring memang cukup sulit. Namun lahan yang miring bukanlah kendala berarti untuk menciptakan hunian yang nyaman. Asal dengan perencanaan yang matang dan desain yang tepat, hal itu bukanlah jadi masalah. Misalnya dengan memanfaatkan kemiringan lahan di bagian belakang rumah sebagai halaman bertingkat. Kamu bisa memanfaatkannya menjadi area bermain, kolam renang, tempat bersantai, dan lain sebagainya.

 

5. Rumah di tepi lereng

rumah di tepi lereng

Sumber: Archello

Rumah yang dibangun di tanah miring sering juga dijumpai dibangun di area atau tepi lereng. Dengan kondisi demikian, banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membangun rumah. Meski cukup rumit, namun rumah di lereng terkadang memiliki tampilan yang unik lho!

Gimana, cukup unik kan desain-desain rumah di tanah miring? Jadi kamu gak perlu takut untuk membangun rumah di tanah miring. Semoga beberapa desain dan pejelasan di atas bisa menginspirasimu dalam membangun rumah impianmu ya! Untuk hasil yang maksimal, jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan bangunan berkualitas dari GNET.