KEMBALI KE ARTIKEL
26 July 2022

Pengertian Rumah Joglo Jawa

Memiliki hunian yang punya nilai estetika, keanggunan, serta suasana yang menenangkan memberikan kesan positif bagi pemiliknya, termasuk rumah adat Nusantara, rumah joglo. Rumah joglo adalah salah satu rumah adat tradisional dari Jawa yang umumnya sering ditemukan di daerah Solo hingga Yogyakarta.

Saat ini, rumah joglo sering dipadukan menjadi desain hunian kontemporer dengan memadukan bentuk rumah joglo yang tradisional dengan menambahkan elemen-elemen modern ke dalam sentuhan desainnya. Penasaran seperti apa saja desain rumah joglo modern? Yuk mari simak artikel berikut.

interior rumah joglo

Source: Pinterest

 

Rumah Joglo

rumah joglo jadul

Source: Pinterest

Rumah joglo klasik adalah bentuk hunian megah tradisional yang sering ditemukan di daerah Jawa Tengah, Solo, dam Yogyakarta. Rumah joglo sendiri adalah yang terbesar dari tiga tipe rumah Jawa, yaitu rumah kampung dan rumah limasan, dan sering dikenal sebagai rumah bangsawan pada jaman dahulu. Hal yang membedakan ketiganya desain atapnya yang berbeda, rumah kampung memiliki atap paling kecil, rumah limasan memiliki benntuk atap menyerupai limas, dan joglo yang hamper menyerupai limas namun atapnya memiliki sisi-sisi yang curam dan tinggi serta bubuhan yang lebih pendek dibanding yang lain.

 

Rumah Joglo Modern

rumah joglo modern

Source: Pinterest

Dalam desain rumah joglo modern biasanya hanya memakai satu dari tujuh elemen rumah joglo klasik, yaitu pendapa (pendopo). Ketujuh elemen tersebut adalah pendapa, pringgitan, emperan, dalem, sentong, gandok, dan sanggar. Pendapa (pendopo) sendiri umumnya adalah ruangan ruangan terbuka yang memiliki banyak fungsi seperti ruang pertemuan, pagelaran seni, serta kegiatan lainnya.

Rumah joglo modern juga biasanya memadukan elemen-emen tradisional seperti kayu dengan elemen bangunan modern seperti batu marmer dan batu alam. Kamu juga dapat menambahkan patio atau taman kecil yang terletak di tengah atau di dalam rumah. Selain itu penambahan fasilitas modern pada sisi interior juga dapat menjadi elemen tambahan. Setiap sudut rumah joglo dapat dipadukan dengan elemen-elemen modern lainnya guna menjadikannya joglo kontemporer, karena rumah joglo sendiri sangat mudah untuk dimodernisasi dari berbagai inspirasi.

 

8 Rekomendasi Desain Rumah Joglo Modern

1. Rumah Joglo Minimalis Gaya Modern

rumah joglo minimalis

Source: Pinterest

Tidak hanya rumah desain modern saja, rumah joglo modern juga dapat menggunakan konsep minimalis. Kamu bisa mengadopsi model atap joglo dengan bagian di bawah atap atau bagian bangunan dengan konsep rumah minimalis pada umumnya. Sehingga Anda hanya menggunakan atap joglo sebagai elemen tradisional dari rumah joglo.

GNET menyarankan untuk merancang desain bangunan rumah joglo minimalis modern dengan desain sederhana, serta dekorasi yang minim pula tanpa sekat yang berlebihan.

 

2. Rumah Joglo dengan Sentuhan Jepang

rumah joglo sentuhan jepang

Source: 99.co

Salah satu desain rumah joglo modern adalah perpaduan elemen tradisional dengan sentuhan hunian ala Jepang. Penggunaan ornament lampu khas Jepang sebagai dekorasi penerangan dapat menambah kesan Jepang pada rumah joglo tersebut. Selain itu Anda juga bisa membangun pintu gerbang ala Jepang untuk menambahkan kesan jejepangan atau kolam ikan koi disekitar rumah joglo untuk menguatkan kesan hunian ala Jepang.

 

3. Rumah Joglo Modern Dipadukan dengan Atap Terbuka

Atap terbuka rumah joglo

Source: Pinterest

Menerapkan atap yang terbuka dengan menggunakan kaca fiber bisa jadi salah satu opsi desain rumah joglo modern. Anda bisa mendapatkan sinar matahari yang masuk lebih banyak dengan kaca fiber, serta mampu menambahkan kesan minimalis karena ruangan yang ada terasa lebih luas dengan konsep open roof.

 

4. Rumah Joglo dengan Fasilitas Kolam Renang

kolam renang rumah joglo

Source: Pinterest

Anda dapat menambahkan fasilitas kolam renang pada rumah joglo guna menambahkan kesan modern, serta befungsi sebagai sarana hiburan pada rumah klasik tersebut. Menambahkan kolam renang tidak akan menghilangkan nuansa tradisional dari hunian Jawa tersebut.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menambahkan gazebo atau taman kecil di dekat kolam renang yang befungsi sebagai tempat bersantai atau berkumpul, serta menambah nilai estetika dan modern dari rumah joglo tersebut.

Anda juga bisa menambahkan kolam ikan untuk menambahkan kesan tradisional seperti zaman kerajaan dahulu. Anda bisa menggunakan bahan-bahan modern atau bahan yang memiliki kemiripan dengan candi zaman dulu, lebih baik kombinasinya disesuaikan dengan rumah joglo.

 

5. Rumah Joglo Gaya Tingkat dengan Sentuhan Modern

rumah joglo sentuhan modern

Source: Pinterest

Guna memaksimalkan penggunaan lahan dengan efisien, Anda dapat menggunakan konsep rumah betingkat pada rumah joglo. Selain memberikan kesan yang lebih modern, konsep rumah tingkat juga bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah joglo modern di lahan yang sempit. Untuk menambahkan kesan tradisional, Anda juga bisa menambahkan dekorasi-dekorasi khas tradisional daerah Jawa yang lain.

GNET menyarankan tetap bereksperimen dengan lebih banyak terhadap perpaduan elemen tradisional dan modern pada rumah joglo dua lantai tersebut.

 

6. Rumah Joglo dengan Atap Bergaya Putih

rumah joglo putih

Source: Pinterest

Salah satu cara yang bisa kamu aplikasikan untuk menambahkan kesan modern pada rumah joglo adalah dengan menggunakan warna putih sebagai warna yang dominan pada bangunannya. Dominasi warna putih akan memberikan kesan yang modern karena berbeda dari rumah joglo klasik pada umumnya.

Anda juga bisa mengombinasikan warna putih pada rumah joglo modrn dengan warna lain seperti toska untuk menambahkan kesan modern.

 

7. Rumah Joglo Aksen Kayu Bergaya Minimalis

rumah joglo aksen kayu

Source: Pinterest

Rumah joglo minimalis juga bisa dikombinasikan dengan menambahkan aksen kayu sebagai unsur yang dominan pada bangunannya. Aksen kayu tersebut juga dapat dipadukan dengan dekorasi-dekorasi keemasan guna memberikan kesan mewah pada hunian Joglo Modern. Jangan lupa untuk mempertahankan ruang-ruang luas tanpa sekat dengan jumlah dekorasi seminim mungkin.

 

8. Rumah Joglo Minimalis dengan Tambahan Tiang Penyangga

rumah joglo tiang penyangga

Source: Pinterest

Salah satu ciri hunian minimalis adalah adanya satu ruangan terbuka dengan elemen tiang penyangga di setiap sudutnya. Elemen tiang-tiang tersebut memperkuat kesan tradisional pada hunian joglo tersebut. Guna meningkatkan unsur klasik-modern, kamu bisa menambahkan dekorasi interior yang sesuai. Lampu penerang yang modern juga bisa dijadikan interior sebagai dekorasi pada ruangan terbuka pada hunian joglo modern.

 

Bagaimana, Sobat GNET? Apakah kamu tertarik untuk mencoba gaya rumah joglo modern? Jika iya, jangan lupa untuk tetap gunakan bahan bangunan berkualitas untuk hasil hunian yang maksimal. Karena hunian nyaman, GNET solusinya!