KEMBALI KE ARTIKEL
21 November 2021

GNETRumah Joglo Modern Kekinian

Rumah Joglo mungkin sudah tidak asing lagi di telinga sebagian besar orang. Sebenarnya, kata Joglo itu sendiri merupakan kata-kata yang merujuk bentuk atap yang unik dari rumah Joglo. Walaupun Rumah Joglo identik dengan rumah di Jawa, namun Rumah Joglo hanyalah satu tipe dari banyaknya rumah adat Jawa. Secara umum, ada tiga tipe rumah Jawa, yaitu rumah kampung, rumah limasan, dan rumah joglo. Pembagian ini dahulu ditentukan oleh strata sosial pemiliknya. Rumah kampung adalah rumah orang kebanyakan. Kelas menengah Jawa umumnya memiliki rumah limasan. Sementara itu kelas bangsawan dan saudagar akan tinggal di Rumah Joglo.

Dalam bentuk aslinya, Rumah Joglo ini terdiri dari beberapa bagian, dan masing-masing memiliki fungsi dan filosofi Jawa yang kompleks. Meskipun Rumah Joglo terkesan rumah ‘jadul’, tapi tenang saja, untuk kamu yang menyukai gaya Rumah Joglo, bisa kok tetap dibuat kekinian! Berikut Genta bahas Rumah Joglo yang kekinian yaaa. Yuk simak di bawah ini.

1. Perlu diingat bahwa Rumah Joglo membutuhkan halaman yang besar

rumah joglo modern kekinian 1

Sumber: ruparupa.com

Sebelum membangun Rumah Joglo modern, penting untuk mengetahui bahwa rumah Joglo dibangin di tanah yang cukup luas. Untuk lingkungan yang memiliki perumahan dengan tembok melekat di kiri kanannya, rumah dengan gaya ini tidak disarankan. Hal ini karena atap Joglo yang lebar membuat hunian membutuhkan halaman luas di sekitarnya.

 

2. Desain rumah Joglo modern dengan pendopo

Jika rumah Joglo klasik minimal memiliki 7 bagian terpisah (pendopo, pringgitan, dalem, sentong, emperan, dan lain sebagainya), rumah Joglo modern yang kekinian biasanya hanya mengambil salah satu bagian, yaitu pendopo. Pada zaman dahulu, pendopo ini adalah tempat untuk menerima tamu resmi, misalnya sebagai ruang pertemuan, pagelaran seni, dan lain sebagainya. Selain sebagai ruang menerima tamu, kini pendopo juga bisa dijadikan sebagai ruang bersantai yang teduh dan sejuk.

 

3. Dalam membangun Rumah Joglo, kombinasikan dengan material kekinian 

rumah joglo modern kekinian

Sumber: rumahpedia.info

Biasanya Rumah Joglo tradisional menggunakan material kayu yang ada pada semua aspek. Untuk Rumah Joglo modern, gunakan material-material yang banyak orang gunakan saat ini. Misalnya menggunakan material marmer atau granit untuk lantai, material beton untuk kolom bangunan, batu alam untuk dinding eksterior, dan lain sebagainya. Yang jelas, gunakan warna-warna netral atau earthy sesuai dengan warna Rumah Joglo aslinya.

4. Kombinasikan Rumah Joglo dengan fasilitas modern

rumah joglo modern kekinian

Sumber: content.co.id

Walaupun Rumah Joglo adalah rumah tradisional, tapi jangan ragu untuk memadukan Rumah Joglo dengan fasilitas-fasilitas modern. Asal bisa menempatkan fasilitas tersebut dengan tepat dan pemilihan warna yang sesuai, maka Rumah Joglo modern kamu akan makin terlihat elegan.

5. Desain Rumah Joglo modern dua lantai

rumah joglo modern dua lantai

Sumber: The Gorbalsla

Rumah Joglo tradisional pada umumnya hanya terdiri dari satu lantai. Tapi, jika ingin membuatnya lebih modern, gaya Rumah Joglo bisa lho diubah menjadi dua lantai. Misalnya bagian bawah untuk pendopo dan ruang bersantai, bagian atas merupakan bangunan utama untuk tempat tinggal.

 

Nah, itu tadi sedikit penjelasan yang bisa menjadi inspirasimu dalam membuat Rumah Joglo modern. Jangan lupa gunakan bahan bangunan berkualitas dari GNET ya untuk hunian idamanmu. Misalnya menggunakan GNET plank sebagai pengganti kayu untuk eksterior, SPC Flooring sebagai pengganti lantai dari kayu, dan bahan bangunan berkualitas lainnya. Silahkan cek produk-produk kami yaaa. Hunian nyaman, GNET solusinya!