KEMBALI KE ARTIKEL
04 December 2023

Cara menghilangkan lumut di rumah penting untuk Kamu ketahui terutama saat memasuki musim penghujan. Umumnya, lumut akan tumbuh di berbagai lokasi dengan kondisi suhu yang lembab. Beberapa lokasi tersebut di antaranya, yaitu dinding, lantai dan langit-langit rumah.

Ada beragam dampak negatif tumbuhnya lumut di rumah. Salah satunya adalah menyebabkan lantai licin. GNET Indonesia akan mengulas lebih lengkap cara menghilangkan lumut di rumah, melalui artikel berikut.

Bahaya Tumbuhnya Lumut di Rumah

Adapun bahaya tumbuhnya lumut di rumah, di antaranya:

  1. Menyebabkan Lantai Licin

Lumut yang tumbuh di permukaan lantai, seperti di area teras dan kamar mandi berpotensi membahayakan Kamu. Lebih parahnya apabila Kamu tidak memperhatikan lantai yang telah ditumbuhi lumut. Kamu bisa tergelincir dan jatuh.

Cedera fisik serius pun bisa tak terhindarkan. Mulai dari patah tulang, memar, cedera pada sendi dan masih banyak lagi. Terlebih anak-anak dan orang tua yang rentan akan mengalami kecelakaan ini.

  1. Merusak Struktural Rumah

Kondisi struktural pada rumah lama-kelamaan dapat dirusak oleh lumut. Walau berukuran kecil, dampak kerusakan yang diberikan oleh lumut cukup besar bila dibiarkan dalam jangka waktu lama.

Lumut dapat melakukan penetrasi pada permukaan material bangunan, seperti kayu, cat dan bahan lainnya. Akar dan struktur lumut mampu merusak struktur permukaan secara perlahan. Keadaan suhu yang lembab pada rumah juga memperburuk keadaan ini. Suhu lembab memudahkan lumut untuk tumbuh lebih cepat. 

  1. Bahaya Kesehatan

Mengetahui cara menghilangkan lumut di rumah merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan Kamu. Pasalnya, lumut dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan yang kerap ditimbulkan oleh tumbuhan lumut adalah alergi atau iritasi dan masalah pernapasan. Lumut bisa melepaskan spora dan partikel ke udara yang dapat mempengaruhi kesehatan penghuni rumah.

Tumbuh-kembangnya lumut di dalam ruangan rumah dapat meningkatkan risiko terhadap masalah gangguan pernapasan. Spora lumut yang tersebar di udara dan terhirup akan menyebabkan alergi pada saluran pernapasan.

  1. Mengurangi Estetika

Lumut yang tumbuh dan tersebar di setiap permukaan rumah akan merusak kondisi estetika hunian. Tidak cuma itu, lumut juga menimbulkan kesan yang kurang bersih sehingga hunian menjadi kurang nyaman untuk dipandang.

Pertumbuhan lumut yang tidak diminimalisir juga menyebabkan perubahan warna pada permukaan material. Rumah jadi memiliki bercak-bercak hijau dan hitam. Lapisan cat dan finishing material rumah juga dapat rusak oleh lumut. 

Selain itu lumut juga berpotensi menciptakan deformasi atau pengeroposan pada material rumah. Bila hal ini terjadi, bukan cuma estetika saja yang semakin buruk. Struktur konstruksi rumah juga dapat rusak dan membahayakan Kamu sebagai penghuninya.

Cara Menghilangkan Lumut di Rumah

Setelah melihat beragam bahayanya kini saatnya untuk mengetahui cara menghilangkan lumut di rumah.

  1. Larutan Garam

Garam yang biasa digunakan untuk keperluan memasak ternyata bisa lho Kamu gunakan untuk membersihkan lumut di rumah. Caranya tidaklah sulit, Kamu cukup mencampurkan dua liter air dan tiga sendok makan garam.

Setelah itu larutkan keduanya hingga tercampur secara menyeluruh. Jika sudah, Kamu bisa memasukkannya ke dalam botol semprot. Lalu, semprotkanlah larutan garam tersebut ke area yang ditumbuhi oleh lumut.

  1. Air Cuka

Cara selanjutnya, Kamu bisa menggunakan air cuka untuk membersihkan lumut. Kandungan asam yang tinggi pada cuka bermanfaat dalam menghilangkan lumut yang menempel kuat pada permukaan. 

Kamu cukup menuangkan 3 sendok makan di setiap area yang ditumbuhi lumut secara merata. Setelah itu sikatlah secara perlahan sampai lumut rontok. Jika lumut yang menempel sudah rontok Kamu dapat membilas permukaan yang dibersihkan dengan air mengalir. Hal tersebut akan mencegah sisa-sisa cuka pada permukaan dinding dan lantai. 

  1. Sabun Cuci Piring

Siapa sangka kalau sabun cuci piring juga bisa Kamu gunakan untuk membersihkan lumut? Kamu dapat memadukan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air bersih. Lalu, masukkan campuran larutan tersebut ke dalam botol semprot.

Aplikasikan campuran tersebut untuk menyemprot area permukaan yang ditumbuhi lumut. Setelah itu, gunakanlah busa dengan tekstur halus untuk membersihkan lumut. Lakukan cara ini secara berkala agar lumut tidak tumbuh kembali.

  1. Baking Soda

Kamu bisa mengaplikasikan baking soda untuk membasmi lumut yang telah membandel pada permukaan lantai dan dinding. Lantaran memiliki tingkat keasaman tinggi, baking soda cukup efektif untuk menghilangkan lumut.

Untuk menggunakannya cukup mudah, yakni dengan membuat larutan air dan baking soda. Oleskan larutan tersebut di area yang berlumut. Setelah itu sikat perlahan menggunakan sikat sampai lumut terkelupas.

Perlu diketahui, tidak disarankan untuk menggunakan larutan baking soda pada lantai granit keramik dan kayu. Itu karena tingkat keasaman tinggi pada baking soda berpotensi membuat permukaan keropos 

  1. Air Mendidih

Suhu panas pada air mendidih bisa melepaskan lumut yang menempel kuat pada permukaan lantai. Kamu bisa menyiramnya secara menyeluruh pada permukaan yang ditumbuhi oleh lumut.

Supaya hasilnya maksimal, Kamu dapat menambahkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam air mendidih. Dengan demikian proses pembersihan lumut dapat dilakukan secara efektif.

  1. Air Kapur

Kandungan basa pada air kapur dapat membantumu dalam membasmi lumut. Campurkan larutan air kapur dan siramkan ke area yang dipenuhi oleh lumut. Serta, tunggu setidaknya satu hari satu malam hingga lumut melunak. Jika sudah, Kamu dapat membersihkan lumut tersebut dengan sikat dan membilasnya kembali dengan air bersih

  1. Cat Anti Lumut

Aplikasikan cat anti lumut merupakan salah satu metode efektif untuk mencegah tumbuhnya lumut di rumah. Oleskan cat tersebut pada area dinding rumah, baik pada interior maupun eksterior.

Kamu disarankan untuk mengimplementasikan cat anti lumut ketika musim kemarau. Hal ini untuk mempercepat proses keringnya cat. Alhasil cat dapat diaplikasikan secara sempurna dan merata.

Penutup

Demikian ulasan tentang cara menghilangkan lumut di rumah. Semoga ulasan ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Kamu. Temukan lebih banyak artikel tentang tips dan trik dekorasi rumah lainnya di website GNET Indonesia. Sampai jumpa di artikel lainnya!