KEMBALI KE ARTIKEL
29 April 2022

MENGENAL KONSEP RUANG TAMU LESEHAN SEDERHANA

Mungkin tidak asing lagi bagi kamu ketika mendengar konsep “lesehan”. Biasanya, konsep lesehan diterapkan dalam penataan ruang tamu pada rumah-rumah tradisional Jepang, interior bergaya Timur Tengah dan juga rumah-rumah adat yang ada di Indonesia. Beberapa wilayah di Indonesia seperti Bali, Bandung, Jakarta dan Yogyakarta juga terkenal dengan budaya lesehannya.

Belakangan ini, konsep penataan ruang tamu lesehan sedang banyak diminati dan diterapkan di rumah-rumah modern dengan ukuran mungil. Penempatan sofa berukuran besar atau satu set kursi ruang tamu akan mempersempit ruang tamu yang kecil. Solusinya adalah dengan mengganti konsep ruang tamu ber-sofa besar dengan ruang tamu lesehan, alternatif ini akan memaksimalkan ukuran ruang tamu yang terbatas dan juga menghemat budget karena kamu tidak harus mengeluarkan uang tambahan untuk membeli furnitur dan dekorasi ruang tamu. Tidak hanya membuat ruangan terlihat lebih luas, konsep ruang tamu lesehan akan membuat suasana berkumpul semakin akrab dan hangat, waktu kamu untuk membersihkan atau merubah susunan pun jadi lebih singkat dan mudah.

Jika kamu penasaran dan tertarik untuk memiliki ruang tamu dengan konsep lesehan, ini dia beberapa inspirasi desain ruang tamu lesehan sederhana yang bisa kamu tiru!

 

?RUANG TAMU MINIMALIS ALA DRAMA KOREA

Sumber: Pinterest

Pernahkah kamu bertanya dalam hati ketika sedang nonton drama Korea, mengapa latar belakangnya selalu Apartemen? Hal ini karena mayoritas masyarakat Korea Selatan lebih memilih untuk tinggal di apartemen kebanding di rumah. Seperti yang kita tahu, luas apartemen terbatas maka tidak banyak perabotan rumah yang dapat kita susun. Perpaduan warna putih untuk tembok dan sofa lantai dengan lantai kayu dan perabotan cokelat membuat penampilan ruangan lebih bersih, nyaman dan juga aesthetic. Cocok untuk penggemar drakor.

 

RUANG TAMU MINIMALIS MONOCHROME

Sumber: Pinterest

Menggunakan karpet dan bangku bean bag dapat menjadi pilihan yang bisa kamu pertimbangkan untuk menghias ruang tamu lesehan kamu, kombinasikan warna cerah seperti putih, krem dan warna gelap seperti abu-abu atau hitam untuk mendapatkan kesan modern dan minimalis. Cocok untuk kaum millenial.

 

RUANG TAMU DENGAN SENTUHAN ALAM

Sumber: Pinterest

Ide desain ini dikhususkan untuk kamu yang ingin memasukkan sentuhan alam kedalam hunian kesayanganmu. Cukup menggunakan karpet rumput bewarna hijau, seketika suasana ruang tamu akan berubah lebih santai seperti sedang berada di taman. Kamu juga dapat menambahkan hiasan tumbuhan sintetis atau tumbuhan asli untuk membuat suasana lebih hijau. 

 

RUANG TAMU INDUSTRIAL MINIMALIS

Sumber: Pinterest

Tidak perlu ribet dan banyak usaha untuk memiliki ruang tamu kece, kamu bisa menerapkan gaya industrial di ruang tamu berukuran kecil. Gaya industrial juga banyak disenangi kaum millenial karena memiliki kesan luas dan aesthetic. Menggunakan sofa lantai dan karpet sudah cukup memberi kesan nyaman, pemilihan warna seperti earth tone (krem, hijau muda, broken white, cokelat) akan membuat ruang tamu lebih cantik.

Nah itulah beberapa desain ruang tamu lesehan sederhana yang bisa kamu terapkan dalam menata ruang tamu dengan ukuran kecil. Bagus-bagus kan? Jangan lupa untuk menggunakan bahan bangunan berkualitas dari GNET. Hunian nyaman, GNET solusinya!