KEMBALI KE ARTIKEL
18 April 2022

Ini Dia Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal!

Memiliki garasi mobil adalah salah satu faktor penting dalam pertimbangan membeli sebuah mobil sebagaimana yang telah tertulis dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (LLAJR) bahwa pemilik kendaraan beroda empat wajib memiliki garasi.

Source: WowTribun

Memiliki garasi mobil pun, kamu turut menjaga kendaraan jadi lebih awet karena mengurangi potensi karat dan terlindungi dari embun dan air.

Lalu, jika sudah bertekat untuk membangun garasi mobil untuk kendaraan kesayangan kamu, menentukan ukuran garasi yang ideal / pas adalah langkah selanjutnya!

Source: Voire

Ukuran garasi untuk mobil kecil dan mobil besar tentunya berbeda, mobil kecil yang dimaksud disini adalah seperti Daihatsu Ayla, Honda Brio, Toyota Agya, dsb dan mobil besar adalah seperti Toyota Innova, Daihatsu Terios, Toyota Alphard. Berikut adalah perkiraan ukuran mobil berdasarkan jenisnya yang dilansir dari orapada.com:

Jenis van dan SUV

  1. Lebar: 1,8 meter – 2,1 meter
  2. Panjang: 4,9 meter – 5,8 meter
  3. Tinggi: 1,5 meter – 1,8 meter

Jenis mobil besar dan mewah

  1. Lebar: 1,8 meter – 1,9 meter
  2. Panjang: 4,9 meter – 5,5 meter
  3. Tinggi: 1,4 meter – 1,5 meter

Jenis mobil kecil dan sport

  1. Lebar: 1,5 meter – 1,8 meter
  2. Panjang: 4,3 meter – 4,9 meter
  3. Tinggi: 1,2 meter – 1,5 meter

Setelah mengetahui ukuran mobil kamu, ukuran lahan adalah hal selanjutnya yang perlu kamu catat. Sebaiknya menambah 100cm - 120cm untuk ukuran panjang sebagai ruang antara mobil dengan dinding, 100cm untuk ukuran lebar sebagai ruang antara mobil dengan dinding sisi lainnya dan 100cm untuk ukuran tinggi agar garasi mobilmu lebih leluasa.

Nah jika kamu sekarang sudah punya ukuran mobil dan ukuran lahan, coba hitung ukuran garasi untuk mobil kamu yuk dengan menggunakan rumus dibawah ini:

Panjang mobil / lebar mobil / tinggi mobil + 1000mm

Source: cekpremi

Setelah kamu menemukan ukuran ideal, pilihlah bahan bangunan yang berkualitas untuk membangun garasi mobilmu mengingat desain untuk garasi mobil juga memiliki beberapa unsur yang harus dipenuhi seperti ventilasi udara, bahan lantai yang akan digunakan, bagian penyimpanan untuk sparepart mobil, dsb. Bahan lantai yang digunakan sebaiknya yang memiliki pori-pori kecil supaya mudah dibersihkan dari kotoran yang bisa menyerap, maka itu keramik atau granit adalah bahan yang disarankan. GNET dengan merek GNET Ceramic Tile menyediakan keramik dalam berbagai jenis desain, warna dan ukuran. Kamu dapat menyesuaikan kebutuhan lantai garasi mobilmu dengan memilih ukuran dan desain yang pas.

Kamu baru saja membaca bagaimana caranya menentukan ukuran garasi mobil yang ideal, semoga informasi ini berguna ya! Hunian nyaman, GNET solusinya!