KEMBALI KE ARTIKEL
02 June 2021

GNET

 

Bagaimana cara membuat rumah lebih sejuk walau tanpa AC?

Tinggal di Indonesia yang merupakan negara tropis, resikonya adalah sering merasakan kepanasan. Oleh karena itu, banyak orang yang kemudian memilih pendingin ruangan seperti AC (air conditioner) supaya ruangan lebih sejuk dan nyaman. Namun, resiko selanjutnya adalah tagihan listrik membengkak deh. Trus gimana solusinya?

Terlepas dari pemasangan AC yang menjadi solusi instan biar rumah jadi gak panas lagi, masih banyak cara hemat dan praktis lho untuk membuat rumah jadi lebih sejuk tanpa AC. Nah, berikut Genta bagi beberapa inspirasi desain rumah agar tetap bisa terasa sejuk walaupun tanpa AC:

 

1. Membuat plafon dengan langit-langit tinggi

rumah sejuk plafon tinggi

Sumber: Pinterest

Sebenarnya ini adalah cara klasik dan sudah banyak digunakan oleh banyak orang karena terbukti paling efektif. Namun, cara ini adalah cara yang lebih tepat dilakukan saat akan membangun rumah. Merenovasi atap bisa dilakukan bila kamu mempunyai dana lebih, karena harus menyesuaikan juga dengan desain rumah yang kamu miliki sekarang.

Hal ini karena langit-langit yang rendah akan membuat hunian terasa lebih sumpek, sedangkan plafon yang tinggi akan menjadikan hunian tampak lebih luas, sehingga sirkulasi udara pun akan semakin maksimal. Jangan lupa untuk hasil maksimal, gunakan plafon gypsum INDOBOARD atau plafon PVC dari GNET ya.

 

2. Memperbanyak bukaan ventilasi

rumah sejuk tanpa ac ventilasi

Sumber: Rumahminimalisoi.com

Ventilasi udara yang baik sangat diperlukan agar rumah tidak lembap dan terasa lebih sejuk. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat ventilasi udara di berbagai bagian rumah. Misalnya membuat beberapa celah dan lubang angin di dinding ruangan, khususnya untuk ruang tengah akan membantu mengurangi rasa panas dalam ruangan. Agar celah dan lubang untuk ventilasi tersebut bentuknya tidak aneh, yang perlu diperhatikan adalah lubang ventilasi tersebut disesuaikan dengan desain rumah yang kamu miliki. Nah, jika memungkinkan, buatlah ventilasi silang. Misalnya dengan membuat jendela atau ventilasi yang saling berhadapan. Dijamin udara di dalam rumah makin sejuk!

 

3. Menggunakaan insulasi atap

rumah sejuk tanpa ac insulasi

Cara lain yang bisa kamu lakukan ialah dengan menggunakan insulasi atap, yaitu material yang berfungsi untuk meredam suhu panas dari atap rumah. Kehadiran peredam panas ini bisa membuat ruangan di bawahnya menjadi lebih sejuk dari sebelumnya. Bagaimana cara kerjanya? Jika tidak ada insulasi atap, begitu ada vahaya matahari yang menyinari atap, mana panas matahari akan diserap oleh atap dan diteruskan ke dalam ruangan. Namun, ketika kamu memakai insulasi atap, panas matahari akan diserap oleh insulasi atap dan menangkapnya dalam lapisan yang berongga. Hasilnya, suhu ruangan akan turun beberapa derajat dan tentunya akan terasa lebih sejuk. Kamu bisa menggukan insulasi atap seperti ROCKWOOL atau memakai insulasi atap lain seperti GNET Bubble Foil.

 

4. Kurangi penggunaan lampu, gunakan pencahayaan alami

rumah sejuk tanpa ac cahaya alami

Sumber: Livingloving

Genta kan udah pernah bahas kalau pencahayaan alami itu penting bagi sebuah hunian di artikel sebelumnya. Cahaya matahari alami akan membuat hunianlebih sehat. Selain itu, tentunya lebih menghemat listrik karena tidak mengurangi penggunaan lampu di siang hari.

Barang elektronik juga bisa memicu panas lho. Sadar atau tidak, penggunaan barang elektronik yang berlebihan juga ikut memicu hawa panas di dalam ruangan, seperti lampu, komputer, televisi, mesin cuci, dan lain sebagainya. Lebih baik gunakan barang-barang tersebut saat malam hari, bukan saat siang terik ketika hari sedang panas-panasnya. Jangan lupa juga matikan lampu yang menyala sebelum kamu meninggalkan rumah supaya panas tidak tersimpan dalam ruangan. Untuk pencahayaan alami, kamu bisa menggunakan GNET Trimdeck atau PVC Roof.

 

5. Tambahkan tanaman di dalam dan luar rumah

rumah sejuk tanpa AC tanaman

Sumber: Casa Indonesia

Kalau kamu masih punya lahan yang cukup untuk halaman atau kebun, tanami 1 atau 2 pohon rindang agar rumah terasa lebih sejuk. Keberadaan pohon rindang bukan hanya melindungi rumah dari sinar matahari yang terik, tapi juga menjadi salah satu penghantar oksigen yang besar.

Jika membuat taman di luar tidak memungkinkan karena lahan yang terbatas, kamu juga bisa membuat taman kecil di dalam rumah atau meletakkan beberapa pot tanaman untuk diletakkan di dalam rumah agar suasana di dalam rumah lebih alami dan sejuk.

 

6. Tambahkan unsur air

rumah sejuk tanpa ac kolam  renang

Sumber: kolambali

Unsur aiar dipercaya mampu meredam atau menurunkan suhu panas di sekitar dan tentunay dapat menambah suasana sejuk di rumah. Oleh karena itu, jika masih ada ruang, tidak ada salahnya membangun kolam atau air mancur kecil di dalam atau luar rumah untuk menyerap udara panas.

Itu tadi sekilas mengenai bagaimana membuat rumah jadi lebih sejuk walau tanpa AC. Selain bisa semakin hemat biaya listrik, tips di atas juga akan membuat rumah jadi lebih ramah lingkungan. Jangan lupa menggunakan bahan bangunan dari GNET yang sudah jelas kualitasnya ya! Hunian nyaman, GNET solusinya!


#SelaluBikinNyaman