KEMBALI KE ARTIKEL
05 October 2021

GNET

Jenis talang air yang dipasang di rumah

Talang air merupakan elemen penting dalam sebuah rumah. Fungsinya ialah untuk menjaga agar rumah terhindar dari kebocoran karena talang air memberikan saluran khusus untuk air hujan untuk menuju daerah resapan. Ketika musim hujam, keberadaan talang air ini menjadi tidak bisa diabaikan. Jenis talang air di rumah pun bermacam-macam, tergantung dari bahan atau materialnya. Yuk simak di bawah ini agar kamu bisa membedakan jenis talang air!

 

1. Jenis talang air di rumah yang berbahan PVC

jenis talang air di rumah pvc

Sumber: thespruce.com

Mendengar nama talang air, pasti talang air PVC yang terlintas pertama kali. Memang talang air jenis ini paling banyak digunakan di rumah-rumah. Hal ini karena talang air PVC bobotnya sangat ringan dan mudah dipsang di atap rumah. Ukurannya pun bermacam-macam dan bisa disesuaikan dengan berbagai jenis rumah. Namun talang air PVC ini adalah bahan yang renan dengan cuaca ekstrim, terutama di Indonesia yang memiliki cuaca esktrim, di mana seringkali panas lalu tiba-tiba hujan. Talang air PVC ini mudah retak dan patah jika terkena curah hujan yang banyak dan cuaca panas yang tinggi.

 

2. Jenis talang air di rumah berbahan beton

jenis talang air di rumah bahan beton

Sumber: verdant.id

Jenis talang ini bisa dibilang adalah bahan yang paling kuat dibanding talang air lainnya. Pemakaiannya pun awet dan tahan lama. Namun, butuh perencanaan yang tepat ketika memasang talang ini di rumah. Hal ini karena talang ini umumnya dibuat saat rumah baru dibangun, sehingga proses pengerjaan memasang talang air beton ini menjadi lebih lama. Selain itu, talang beton harganya lebih mahal dibanding material lainnya. 

 

3. Jenis talang air di rumah berbahan seng

Seng adalah zat yang biasanya dijadikan bahan bangunan, termasuk talang air. Walaupun bahannya ringan, kekurangan talang air dari seng ini cukup mudah berkarat, sehingga lebih mudah bocor dan harus beberapa kali diganti.

 

4. Jenis talang air di rumah berbahan galvalume

jenis talang air di rumah galvalume

Jenis talang air galvalume adalah salah satu jenis talang air yang awet dan tahan lama. Bahan ini cukup ringan dan fleksibel sehingga mudah dipasang. Selain itu, jenis talang air dari galvalume tahan terhadap perubahan cuaca, baik curah hujan yang banyak ataupun suhu panas yang tinggi. Talang air GNET berbahan galvalume berkualitas, sehingga bisa dipastikan awet dan tahan lama, serta tahan karat.

Nah, setelah membaca artikel di atas, pasti kamu sudah memahami jenis talang air apa saja yang biasa dipasang di rumah. Dengan mengenal jenis talang air, kamu bisa menemukan mana talang air yang sesuai dengan rumahmu. Semoga menginpirasi ya! Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan bangunan berkualitas dari GNET. Hunian nyaman, GNET Solusinya!