KEMBALI KE ARTIKEL
19 September 2023

Mengetahui ukuran bak cuci piring sangatlah penting. Bagaimana tidak? Tanpa mengaplikasikan bak cuci piring sesuai dengan kebutuhan, bisa jadi Kamu tidak akan nyaman saat mencuci perkakas piring dan gelas.

Bila bak cuci piringmu terlalu besar dan tidak sesuai dengan dimensi ruangan, tentu akan membuat aktivitas mencuci piring menjadi kurang nyaman. Hal ini lantaran ruangan akan terasa lebih sempit.

Lain halnya ketika bak cuci piringmu terlalu kecil. Sedangkan Kamu mempunyai perkakas makan dan minum dalam jumlah banyak. Bak cuci piring yang kecil tersebut tentu tidak akan bisa menampung perkakas kotor secara keseluruhan. Akibatnya ruangan dapur menjadi tampak berantakan.

Untuk mencegah hal ini terjadi pada Kamu, GNET Indonesia akan bagikan ulasan tentang jenis ukuran bak cuci piring dan tips untuk memilihnya. Langsung saja simak di bawah ini, ya!

Jenis-Jenis Ukuran Bak Cuci Piring

Berikut beberapa jenis ukuran bak cuci piring yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan dan selera:

  1. Ukuran 50 cm x 40 cm

Apakah ruang dapur Kamu berukuran kecil atau sempit? Jika iya, bak cuci piring berukuran 50 cm x 40 cm bisa menjadi pilihan yang tepat. Bak cuci piring kecil ini tidak akan memakan banyak ruang pada dapur. Dengan begitu, Kamu dapat tetap beraktivitas dengan nyaman tanpa harus terganggu dengan ukuran bak cuci piring yang kebesaran.

Penggunaan ruang dapur pun menjadi lebih efisien. Kamu bisa menggunakan sisa ruang dari bak cuci piring berukuran kecil tersebut dengan menempatkan perkakas dapur lainnya. 

  1. Ukuran 75 cm x 40 cm

Bak cuci piring ukuran 75 cm x 40 cm sangat cocok untuk diaplikasikan pada ruangan dapur sedang. Bisa dibilang ukuran lubang ini lebih besar dari bak cuci piring jenis sebelumnya. Kamu dapat mencuci lebih banyak perkakas makan dan minum lebih leluasa. Tanpa harus khawatir perkakas tersebut memberikan tampilan yang berantakan di dapur.

  1. Ukuran 86 cm x 50 cm

Bak cuci piring berukuran 86 cm x 50 cm dapat menjadi solusi untuk Kamu yang mempunyai perkakas dapur dengan ukuran besar. Kamu dapat mencuci perkakas tersebut dengan lebih leluasa pada bak cuci piring ini. Contohnya, seperti panci, penggorengan dan peralatan masak ukuran besar lainnya, bisa Kamu cuci pada bak cuci piring tersebut.

  1. Ukuran 96 cm x 43 cm

Kamu mempunyai ruang dapur dengan berukuran besar dan mempunyai banyak perkakas makan dan minum? Nah, Kamu bisa memilih bak cuci piring berukuran 96 cm x 43 cm. Selain memiliki bak yang besar, Kamu juga dapat menempatkan piring dan gelas yang sudah dicuci di sebelah sayap kanan. Kamu dapat membeli aksesoris, seperti rak yang berfungsi untuk meniriskan perkakas makan dan minum setelah dicuci.

  1. Ukuran 52 cm x 38 cm

Buat Kamu yang mengusung konsep hunian minimalis, bak cuci piring ukuran 52 cm x 38 cm cocok untuk diaplikasikan. Desainnya yang kecil, membuatmu lebih dinamis dalam menempatkannya. Kamu juga bisa menghemat ruangan di dapur. Namun, Kamu akan sedikit kesulitan untuk mencuci perkakas masak berukuran besar mengingat ukuran dari bak cuci piring yang kecil.

Tips Memilih Bak Cuci Piring

Setelah mengetahui jenis-jenis ukuran, mari ketahui lebih jauh tentang tips memilih bak cuci piring. Dengan begitu, Kamu dapat mengaplikasikan bak cuci piring secara efektif dan efisien. Berikut beberapa tipsnya:

  1. Pilih Ukuran Sesuai Mungkin

Tips pertama adalah memilih ukuran bak cuci piring yang sesuai dengan lebar dapur dan kabinet. Dengan begitu bak cuci piring dapat dipasang secara dinamis dan tidak membuat ruang dapur menjadi sempit. Kamu juga perlu meninjau bak cuci piring sesuai dengan kapasitas perkakas dapur. Bila perkakas Kamu berukuran besar, maka Kamu perlu memilih bak cuci piring yang besar pula

  1. Pemilihan Material

Ada banyak bak cuci piring dengan beragam jenis material. Salah satu material yang direkomendasikan adalah stainless steel. Material stainless steel mempunyai durabilitas yang kuat karena tahan karat. Bak cuci piring stainless steel juga tidak membutuhkan perawatan yang sulit.

  1. Jumlah Bak Cuci

Bak cuci piring terbagi dalam beberapa jenis. Ada jenis yang hanya memiliki satu lubang, dua lubang, atau bahkan tiga lubang. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Semakin banyak lubang, kian banyak pula perkakas masak yang bisa Kamu cuci. Jika kebutuhan mencuci Kamu tidak banyak, bak cuci dengan satu lubang dapat menjadi pilihan tepat.

  1. Aksesoris Pelengkap

Beberapa bak cuci piring telah dilengkapi oleh beragam aksesoris pelengkap. Contohnya, seperti rak pengering, rak sabun, saringan lubang dan lain sebagainya. Pastikan Kamu memilih bak cuci piring dengan aksesoris selengkap mungkin. Jadi, aktivitas mencuci Kamu akan jadi lebih mudah.

Penutup

Itulah ulasan tentang jenis ukuran bak cuci piring dan tips untuk memilihnya. Kabar baiknya, GNET Indonesia hadirkan GNET Kitchen Sink sebagai solusi kebutuhan bak cuci piring dengan durabilitas maksimal dan perawatan minimal. 

Tersedia berbagai ukuran dan beragam jenis material, membuatmu lebih mudah memilih GNET Kitchen Sink sesuai dengan kebutuhan. Yuk, checkout sekarang GNET Kitchen Sink langsung di official store Tokopedia GNET Indonesia