KEMBALI KE ARTIKEL
18 February 2022

GNET

Dinding gypsum adalah salah satu material yang banyak digunakan sebagian besar perumahan masa kini. Salah satunya adalah karena harganya terjangkau dan proses pemasangannya yang mudah. Material ini bisa diaplikasikan sebagai partisi antar ruang dan juga bisa digunakan sebagai material finishing pada dinding. Meski begitu, dinding gypsum juga mempunyai beberapa kelemahan yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya, karena itu sangat berpengaruh terhadap komposisi rumah. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak kelebihan dan kekurangan dinding gypsum di bawah ini! 

 

Kelebihan dinding gypsum

1.Proses pemasangannya mudah

kelebihan kekurangan dinding gypsum 3

Sumber: smithplastering.com

Penggunaan gypsum sebagai material dinding relative lebih mudah dibanding menggunakan dinding konvensional seperti batu bata. Pemasangan dinding gypsum yang dimaksud adalah dengan metode dry wall, yaitu dinding kering dengan minim penggunaan air. Proses pemasangannya tidak perlu menggunakan adonan semen, namun hanya memerlukan sekrup untuk memasangnya pada rangka besi hollow. Papan gypsum ini pada dasarnya dapat menggantikan fungsi plester dinding. Proses pengerjaannya juga cepat dan area kerja juga lebih bersih.

 

2.Gypsum bisa dipasang melapisi dinding bata

kekurangan kelebihan dinding gypsum 3

Sumber: Pixabay

Selain dipasang pada rangka besi hollow, material gypsum ini juga bisa digunakan untuk melapisi dinding batu bata yang kurang merata saat proses pengerjaannya. Caranya ialah dengan menggunakan lem perekat khusus, di mana lem perekat ini juga nantinya akan digunakan untuk merekatkan papan gypsum pada dinding.

 

3.Bahan papan gypsum ramah lingkungan

Bahan papan gypsum relative lebih ramah lingkungan dibandung dengan dinding dari batu bata atau beton. Pemasangan papan gypsum hanya membutuhkan sedikit air dalam pemasangannya. Untuk satu meter persegi, partisi gypsum hanya butuh setengah liter air, sedangkan pemasangan dinding dari batu bata membutuhkan 22 liter air. Jauh lebih hemat bukan?

Selain itu, pembuatan papan gypsum juga menggunakan kertas dari bahan daur ulang. Sisa-sisa papan gypsum juga jika dibuang tidak akan merusah unsur-unsur tanah, namun justru mampu menyuburkan tanah lho! Sebagai informasi, gypsum mengandung kadar volatile organic compound yang lebih rendah daripada material lainnya. 

 

4.Papan gypsum mudah dibentuk

kekurangan kelebihan dinding gypsum 4

Sumber: finehomebuilding.com

Papan gypsum mudah dibentuk dan dipotong sesuai keinginan. Material dari gypsum lebih fleksibel jika kamu menginginkan visual yang lebih baik karena bisa diaplikasikan ke dalam berbagai bentuk, termasuk dinding melengkung. 

 

Kekurangan dinding gypsum

1.Dinding gypsum rentan air

Dengan berbagai keunggulan di atas, ternyata masih ada beberapa kelemahan dinding gypsum. Salah satunya ialah dinding gypsum belum water resistance, apalagi karena adanya bahan kertas pelapis gypsum yang membuat bahan ini rentan terhadap air. Jika ada rembesan air, biasanya akan meninggalkan bercak noda. Jika terus-menerus rembes tanpa diperbaiki, maka lama-kelamaan dinding akan berjamur dan rumah menjadi tidak sehat. Oleh karena itu, semua instalasi ketika membangun rumah serta bahan bangunan yang digunakan pastikan berkualitas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Proses pemasangan dinding gypsum membutuhkan ketelitian lebih

kelebihan dan kekurangan dinding gypsum 1

Sumber: qtoestimating.com

Proses pemasangan papan gypsum umumnya menggunakan sekrup dan bubuk gypsum. Bubuk ini berguna sebagai lem pada sambungan. Jika pemasangan dinding gypsum tidak dilakukan secara tepat dan teliti, maka bukan tidak mungkin rumah akan roboh.  

 

3.Tidak tahan benturan

Bahan papan gypsum dapat rusak jika terjadi benturan yang sangat keras. Misalnya jika kamu menggunakan palu secara berlebihan, maka dapat melubangi atau membuat papan gypsum menjadi retak. Selain itu, pastikan menggunakan rangka dengan bahan yang kuat untuk mengurangi resiko keretakan atau roboh pada papan gypsum.

 

4.Tempat pemasangan terbatas

Walaupun proses pemasangan yang relative lebih mudah, dinding gypsum hanya bisa dipasang di tempat tertentu. Sangat tidak disarankan untuk memasang dinding gypsum pada dinding kamar mandi. Tingkat kelembapan yang tinggi akan membuat dinding gypsum jadi cepat lapuk dan berjamur. Jika tetap ingin memasanhg dinding dari gypsum, lebih baik memilih material yang waterproof atau tahan air.

Nah itulah tadi beberapa kekurangan dan kelebihan dinding gypsum untuk hunian. Untuk kualitas dinding gypsum terbaik, kamu bisa gunakan papan gypsum INDOBOARD yang kualitasnya terjamin namun harga terjangkau. Untuk material lainnya, jangan lupa gunakan bahan bangunan berkualitas dari GNET. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu dalam membangun rumah impianmu ya. Hunian nyaman, GNET solusinya!