KEMBALI KE ARTIKEL
20 November 2023

Buat Kamu yang berkarier sebagai arsitek dan dekorator bangunan pasti sudah tidak asing dengan apa itu akrilik. Material ini mempunyai beragam fungsi dan biasanya digunakan untuk media periklanan. 

Kamu juga dapat memanfaatkan lembaran akrilik untuk dekorasi di dalam hunian. Tampilan yang estetik dan harga terjangkau menjadikan lembaran akrilik untuk digunakan di berbagai kebutuhan. Simak selengkapnya ulasan tentang apa itu akrilik, karakteristik, jenis-jenis dan kisaran harganya melalui artikel di bawah ini!

Apa itu Akrilik?

Akrilik adalah material yang terbuat dari plastik polimer dengan tampilan transparan berbentuk lembaran. Material ini umumnya menjadi bahan pengganti kaca. Bobot dari akrilik lebih ringan dari kaca pada umumnya. Akan tetapi, kemampuan struktural akrilik masih lebih kuat dari kaca.

Dahulu, akrilik diciptakan pada tahun 1843. Dalam pembuatannya, bahan kimia asam metacrilic dicampur dengan methanol. Lalu, kedua kombinasi bahan baku tersebut menghasilkan polymethyl methacrylate atau yang biasa disebut dengan akrilik pada sekarang ini.

Akrilik ditemukan oleh kimiawan asal Inggris bernama Rowland Hill dan John Crawford pada awal tahun 1930. Di lain kesempatan, kimiawan asal Jerman yaitu Otto Rohm dan Haas AG juga menemukan akrilik dengan cara memisahkan molekul pada 2 lapis kaca. Penemuan tersebut terjadi pada tahun 1933.

Penemuan akrilik Rowland Hill dan John Crawford berhasil dipatenkan dengan nama Perspex. Sedangkan akrilik ciptaan Otto Rohm dan Haas AG mempunyai paten dengan nama Plexiglas.

Karakteristik Akrilik

Di bawah ini ada beberapa karakteristik dari akrilik yang membedakannya dengan material lainnya:

  1. Transparan

Karakteristik utama dari akrilik adalah mempunyai transparansi yang hampir menyerupai kaca. Hal inilah yang menjadikan akrilik menjadi primadona untuk beragam aplikasi. Baik untuk panel display elektronik hingga langit-langit dan panel dinding dekoratif.

Transparansi akrilik memungkinkan cahaya untuk menembusnya dengan baik. Dengan demikian efek tampilan periklanan dan dekorasi dapat tampil lebih menarik dan mempunyai pencahayaan cukup.

  1. Mempunyai Bobot Ringan

Lembaran akrilik mempunyai bobot ringan sehingga membuat material ini menjadi lebih mudah diolah. Saking ringannya, lembar akrilik lebih enteng dari kaca. Alhasil Kamu dapat melakukan proses instalasi secara lebih praktis dan tidak sulit untuk ditangani terutama saat memasang di lokasi yang tinggi.

  1. Tahan Pecah

Walaupun memiliki bobot lebih ringan dari kaca, akrilik tetap mempunyai durabilitas tinggi. Hal demikianlah yang menjadikan akrilik lebih aman dan tahan lama dalam situasi apapun. Serta, tidak mudah rusak dan juga pecah sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Tahan Cuaca dan Sinar UV

Akrilik memiliki ketahanan yang baik terhadap kondisi cuaca dan sinar ultraviolet (UV). Sifat ini membuatnya ideal untuk penggunaan di luar ruangan, seperti pembuatan signage atau panel pameran yang akan terpapar secara langsung oleh elemen cuaca.

  1. Kemampuan Pencetakan dan Warna yang Variatif

Akrilik dapat dengan mudah dicetak dan diberi warna. Alhasil desainer dan seniman bisa melakukan kreasi yang lebih bervariasi. Fleksibilitas dalam pencetakan dan berbagai pilihan warna membuatnya sesuai untuk aplikasi yang memerlukan keunikan dalam tampilan dan desain.

Macam-Macam Fungsi Akrilik 

Adapun ragam fungsi dari lembaran akrilik yang biasa digunakan untuk beragam kebutuhan antara lain:

  1. Kerajinan dan Seni

Lembaran akrilik biasa digunakan untuk kebutuhan kerajinan tangan dan seni. Permukaannya yang halus membuat akrilik dapat dengan mudah untuk dicat. Hasil cat di akrilik juga tidak mudah pudar dan tahan lama.

Akrilik juga memiliki beragam warna dasar yang bisa dipadupadankan dengan beragam kreasi seni. Hal demikian tentu sangat membantu para seniman dan pengrajin untuk membuat berbagai hasil karyanya.

  1. Desain Interior 

Dalam desain interior lembar akrilik berfungsi untuk pembuatan dinding, partisi dan ornamen dekorasi lainnya. Akrilik mempunyai ragam warna yang variatif sehingga mudah untuk dipadupadankan dengan kebutuhan dekorasi.

Karakternya yang mudah dibentuk juga menjadikan akrilik sebagai pilihan utama para dekorator interior. Bobotnya yang ringan dan tidak sulit dipotong pada sifat akrilik membuat proses kerja dekorator menjadi lebih praktis dan cepat.

  1. Reklame

Apakah Kamu sering memperhatikan papan reklame iklan yang ada di tepi jalan? Nah, beberapa reklame umumnya menggunakan material lembar akrilik. Selain warnanya yang variatif, akrilik juga memiliki daya tahan yang kuat terhadap perubahan cuaca. 

Hal inilah yang menjadikan lembar akrilik cukup kuat dan tidak mengalami deformasi ketika terpapar air hujan dan terik sinar matahari. Warna yang dihasilkan dari akrilik pun tidak mudah pudar sehingga materi reklame dapat lebih mudah dibaca oleh siapapun yang melihat.

  1. Industri Otomotif

Dalam industri otomotif, akrilik lembaran digunakan untuk membuat lampu belakang mobil, lampu depan, dan aksesori lainnya. Sifatnya yang dapat dibentuk dan diberi warna sesuai kebutuhan memungkinkan desain yang menarik dan fungsional.

Jenis-Jenis Akrilik

Berikut ragam jenis-jenis lembar akrilik yang biasa ditemukan di pasaran:

  1. Akrilik Cast (Ekstrusi)

Akrilik cast diproduksi melalui proses casting (pengecoran). Hasilnya akrilik cast memiliki lembaran dengan tingkat ketebalan yang sama. Akrilik cast juga mempunyai kejernihan dan tingkat durabilitas tinggi. Ideal untuk penggunaan pada lingkup eksterior, seperti papan reklame.

  1. Akrilik Diffuser

Akrilik diffuser dirancang khusus untuk menyebar cahaya secara merata. Untuk itu, akrilik diffuser biasa digunakan untuk membuat lampu LED sehingga pencahayaannya merata untuk digunakan pada kendaraan. Efek titik cahaya pun tampak lebih terang di segala sisi.

  1. Akrilik Berwarna

Lembaran akrilik berwarna hadir di berbagai pilihan warna dan tingkat transparansi. Dengan demikian, desainer atau seniman dapat memilih akrilik sesuai dengan estetika dan kebutuhan proyek. Misalnya seperti, display atau pameran suatu produk. Penggunaan akrilik secara baik akan memberikan tampilan produk yang semakin estetik.

Kisaran Harga Akrilik di Pasaran

Berikut kisaran harga akrilik yang dijual di pasaran sebagai referensi untuk Kamu.

No. Jenis Harga
1.

GNET Acrylic Sheet

Tebal 2mm 3mm 5mm - CLEAR - 2mm

Rp457.000
2. AW (AM 4450) Acrylic Sheet Cast 3mm - 1220mm x 2440mm ~ Grade A Rp1.045.000
3. Akrilik sheet 10mm 122cm x 244cm Rp1.600.000
4. Akrilik sheet bening lembaran 5mm Rp625.000
5.  Akrilik sheet bening 6mm 82.5x153cm

Rp725.000

 

Penutup

 

Demikian ulasan tentang apa itu akrilik, material dekorasi multifungsi yang bisa menjadi alternatif Kamu. Penuhi kebutuhan akrilik Kamu dengan produk GNET Acrylic Sheet. Checkout produknya sekarang juga di Official Store GNET Indonesia!