KEMBALI KE ARTIKEL
23 January 2024

List plank adalah salah satu material bangunan yang berfungsi untuk menjadi penutup eksterior pada hunian. Umumnya list plank terbuat dari material komposit berupa campuran pasir, semen, dan serat selulosa.

Saat ini list plank sudah mulai menjadi primadona untuk digunakan pada hunian di Indonesia. Apa yang menjadi manfaat dari list plank sehingga material ini banyak digunakan? Yuk, temukan langsung jawabannya melalui ulasan artikel di bawah ini.

List Plank Adalah

List plank adalah papan yang umumnya diaplikasikan pada eksterior hunian yang berfungsi sebagai penutup dinding dan menambah estetika. Selain itu, list plank bermanfaat untuk menyembunyikan struktur atap sehingga tampilan hunianmenjadi lebih cantik.

Material ini sangat cocok untuk diaplikasikan hunian di daerah tropis, seperti Indonesia. Seperti diketahui, negara-negara tropis mempunyai curah hujan tinggi sehingga dapat menyebabkan air hujan rembes ke dalam rumah. Jika hal ini dibiarkan, lama-kelamaan rumah akan berpotensi rusak akibat suhu lembab yang dihasilkan dari air hujan tersebut.

Oleh sebab itu penggunaan list plank sangatlah disarankan. Pasalnya, list plank dapat mencegah air hujan langsung menerpa pada dinding dan struktur atap. Alhasil struktur hunian dapat lebih awet dan tidak mudah rusak. 

Apa Sajakah Fungsi dan Manfaat List Plank?

Terdapat beragam fungsi dan manfaat list plank untuk mendukung struktur banguna, di antaranya adalah:

  1. Memperkuat dan Melindungi Bangunan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa pengaplikasian list plank akan memberikan perlindungan tambahan pada eksterior hunian. Dengan memasang list plank, eksterior hunian Kamu tidak akan terpapar secara langsung oleh sinar UV dari matahari dan terpaan air hujan. 

Terlebih jika hunianmu menggunakan struktur kayu yang mana sangat rentan akan mengalami pelapukan. Bangunan dengan struktur terlindungi secara apik tentu bakal memberikan durabilitas yang lebih baik dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Kamu juga tidak perlu repot-repot memberikan perawatan secara lanjut pada eksterior hunian mengingat sudah ada list plank yang melindungi bagian ini.

  1. Meminimalisir Pertumbuhan Jamur dan Rayap

Struktur rumah yang menggunakan kayu dan terekspos sangat rentan mengalami pelapukan akibat tumbuhnya jamur dan rayap. Hal ini tentu berpotensi memberikan kerusakan secara lebih lanjut pada struktur hunian.

Namun, masalah ini bisa Kamu hindari dengan mengaplikasikan list plank pada hunian. List plank akan mencegah bangunan terpapar langsung oleh air hujan. Dengan begitu, struktur bangunan akan terlindungi dan tetap kering walau pada musim hujan sekalipun.

  1. Mencegah Kebocoran

Saat memasuki musim hujan seringkali dinding hunian mengalami rembes. Terlebih ketika bagian eksterior bangunan tidak dilapisi oleh cat waterproof. Jika Kamu abai dengan masalah ini, tentu akan ada lebih banyak dampak negatif lainnya pada struktur bangunan.

Lain halnya ketika Kamu memasang list plank secara menyeluruh pada eksterior bangunan. Masalah seperti kebocoran akibat rembesan air hujan pada dinding bangunan bisa diminimalisir. Itu sebabnya, sangat direkomendasikan untuk memasang list plank pada eksterior bangunan.

  1. Memberikan Sentuhan Estetika

Tidak hanya memberi perlindungan tambahan, list plank juga dapat menghadirkan sentuhan estetika pada bangunan. List plank tersedia dalam beragam warna, tekstur, dan gaya sehingga memungkinkan untuk Kamu memadupadankannya dengan konsep bangunan sesuai kebutuhan dan ketersediaan anggaran.

Kamu juga dapat meminta bantuan desainer eksterior bangunan untuk menyusun konsep menarik. Tampilan eksterior yang unik akan menambah estetika, serta dapat meningkatkan nilai properti di masa mendatang.

Jenis-Jenis List Plank Berdasarkan Materialnya

Ada beberapa jenis-jenis list plank yang penting untuk Kamu ketahui sebelum memasangnya pada bangunan.

  1. Material Beton

Pertama ada list plank dengan material beton. Jenis ini mempunyai durabilitas yang tidak perlu diragukan lagi. Beton mempunyai daya tahan akan sifat korosi dari air hujan, paparan sinar matahari dan kokoh sehingga tidak mudah bergeser akibat guncangan.

Walau begitu list plank beton mempunyai bobot yang cenderung lebih berat. Untuk itu, Kamu perlu memastikan dahulu bahwa struktur bangunan juga kokoh agar kuat dalam menopang list plank.

  1. Material Metal

Selanjutnya ada list plank berbahan material metal. List plank jenis ini cukup direkomendasikan karena mempunyai beberapa keunggulan yang mana di antaranya, yaitu memiliki bobot ringan, mudah dipasang, tidak menyerap air, dan harganya cukup terjangkau.

Meski begitu, Kamu juga perlu mempertimbangkan kekurangannya. Salah satu kekurangan list plank metal adalah merambatkan panas sehingga berpotensi dapat meningkatkan suhu dalam ruangan. Selain itu belum semua list plank metal yang tahan akan korosi. Jadi, Kamu perlu memperhatikan aspek perawatannya.

  1. Material GRC

List plank jenis GRC bisa jadi alternatif pilihan lainnya. Mempunyai bobot ringan, solid, stabil tahan api dan tahan korosi menjadi keunggulan utama dari list plank jenis material GRC. Akan tetapi, kekurangannya adalah harga pembeliannya yang lebih tinggi dan kurang fleksibel lantern mempunyai karakter kaku. 

  1. Material PVC

Jika Kamu mempunyai budget yang terbatas, list plank berbahan baku PVC bisa menjadi pilihan tepat. Walau begitu kualitas dari list plank PVC juga tidak boleh diragukan. Hal ini karena list plank PVC mempunyai daya tahan yang kuat terhadap air. Berbobot ringan sehingga mudah dipasang. Serta, tidak akan mengalami korosi.

Sedangkan kekurangan dari list plank material PVC adalah mudah mengalami deformasi akibat pemuaian ketika terpapar pada suhu tinggi. Rentan mengalami kerusakan, seperti goresan atau lecet karena benda tajam atau bahan kimia abrasif.

Kisaran Harga List Plank

Berikut kisaran harga list plank yang bisa menjadi referensi dan bahan pertimbanganmu.

No. Jenis Harga
1. List plank panjang 2,4 m Plint PVC Rp61.800
2. Conwood Plank Juara panjang 305 cm Rp43.800
3. Wood Plank Fiber Cement panjang 3 m Rp155.000
4. Timber Plank GRC panjang 4 m Rp85.900
5. Shera List Plank GRC panjang 3 m Rp65.000

Penutup

Demikian ulasan tentang list plank. Semoga pembahasan di atas dapat memberimu insight yang bermanfaat. Kabar baiknya GNET Indonesia hadirkan produk List Plank bermutu dengan harga terjangkau. 

Mempunyai durabilitas tinggi menjadikan GNET List Plank tahan terhadap api, cuaca ekstrem, lentur, dan anti rayap. Dapatkan GNET List Plank langsung di Official Store Tokopedia GNET Indonesia.