KEMBALI KE ARTIKEL
15 November 2023

Mengetahui cara memasang baja ringan tentu sangat berguna buat Kamu yang berkarier di dunia konstruksi, seperti aplikator atau arsitek. Pengaplikasian baja ringan secara benar tentunya akan menjadikan struktur konstruksi semakin kokoh.

Lantas, bagaimanakah cara memasang baja ringan dan apa saja peralatan, serta perlengkapannya? GNET Indonesia akan membahasnya secara lengkap melalui artikel berikut ini:

Alat dan Perlengkapan untuk Memasang Baja Ringan

Sebelum mengulas tentang cara pemasangan, mari persiapkan dahulu alat-alat dan perlengkapan supaya proses kerja menjadi lebih optimal. 

  1. APD (Alat Pelindung Diri)

Perlengkapan pertama yang Kamu sangat butuhkan dalam proses pemasangan baja ringan adalah APD atau Alat Pelindung Diri. Selain untuk memenuhi standar aturan kerja, menggunakan APD tentu akan memberikan keamanan. 

Risiko kecelakaan yang membahayakan dan mencelakakan ketika memasang baja ringan bisa ditanggulangi. Adapun APD tersebut mencakup, alat pelindung kepala, pelindung mata dan wajah, sarung tangan, pelindung kaki dan masih banyak lagi.

  1. Alat Ukur

Sebelum memasang kuda-kuda rangka baja ringan, Kamu perlu memastikan ukuran telah sesuai dengan kebutuhan. Kamu dapat menggunakan meteran untuk mengukur seberapa panjang struktur rangka.

Pastikan Kamu mengukur secara tepat supaya baja ringan dapat dipasang secara presisi. Bila tidak, daya tahan struktur akan tidak optimal dan bisa saja menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

  1. Alat Gunting Metal

Setelah Kamu mengukur kebutuhan panjang baja ringan, kini saatnya untuk melakukan proses pemotongan. Gunakanlah alat gunting metal untuk mempermudah pekerjaan ini. Gunting metal pada umumnya mampu memotong baja ringan dengan ketebalan hingga 1,2 mm.

  1. Bor Listrik

Ketika baja ringan sudah memiliki panjang yang sesuai dengan kebutuhan, barulah Kamu bisa memulai instalasi. Bor listrik menjadi alat yang tak boleh Kamu lewatkan. Fungsi bor listrik adalah untuk memudahkan proses pemasangan baut dan sekrup pada rangka baja ringan.

Pada umumnya jenis mata bor listrik yang digunakan memiliki bentuk runcing, seperti tabung. Sediakan pula kontak terminal bila area instalasi baja ringan berada jauh dari sumber listrik.

  1. Waterpass

Pemasangan baja ringan yang tidak sejajar antara satu sama lain tentu akan mengakibatkan ketidakseimbangan struktural dan potensi masalah lainnya. Maka dari itu, Kamu perlu menggunakan alat Waterpass untuk membantu mencegah kemiringan yang tidak diinginkan dengan memberikan panduan visual yang akurat.

Cara Memasang Baja Ringan

Adapun berikut cara memasang baja ringan yang bisa Kamu terapkan.

  1. Perencanaan dan Persiapan

Pertama lakukan perencanaan dan persiapkan segala hal yang dibutuhkan. Mulai dari gambar panduan, ukuran struktur hingga alat-alat pendukung, seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Pastikan Kamu melakukan perencanaan dan persiapan secara matang. Karena jika tidak, proses pemasangan baja ringan akan tidak optimal dan kurang efisien. Baik dalam segi waktu maupun proses.

  1. Menentukan Posisi Pemasangan

Tentukan posisi pemasangan ring balok. Buatlah posisi ring balok dengan keadaan rata secara presisi tanpa adanya kemiringan. Kamu bisa menggunakan alat waterpass untuk membantu permukaan ring balok dalam keadaan rata.

Perhatikan apakah rangkaian ring balok sudah merekat pada semua bagian rangka atap bangunan. Lalu, jangan lupa untuk mengukur jarak antar kuda-kuda baja ringan secara presisi satu sama lain.

  1. Pasang Rangka Kuda-Kuda

Setelah posisi pemasangan ditentukan, Kamu dapat mengangkat kuda-kuda baja ringan pada struktur atap. Lakukanlah secara hati-hati supaya kuda-kuda baja ringan tidak mengalami kerusakan.

Aplikasikan reng dengan jarak yang sesuai dengan material atap yang hendak digunakan ketika rangka kuda-kuda sudah terpasang. Setiap pertemuan pada rangka reng perlu diikat dengan screw.

  1. Instalasi Penutup Atap

Sesudah baja ringan terpasang sempurna, Kamu bisa lanjut pada proses instalasi penutup atap. Adapun material atap yang direkomendasikan adalah genteng metal. Contohnya, seperti atap dengan material galvalum dan galvanis.

Kamu bisa menggunakan GNET Genteng Metal untuk memenuhi kebutuhan ini. Terbuat dari bahan baku bermutu tinggi sehingga mempunyai durabilitas yang kuat. Mampu digunakan dalam jangka waktu lama tanpa membutuhkan perawatan maksimal.

  1. Finishing

Ketika semua sudah berhasil terpasang saatnya memasuki proses finishing. Diproses ini Kamu dapat memperhatikan kembali seluruh aspek instalasi. Apakah masih ada baut atau hal pendukung lainnya yang perlu diperbaiki. 

Disarankan untuk melapisi rangka baja ringan dengan cat anti karat. Dengan demikian, struktur atap dapat semakin awet dan tahan korosi dalam jangka waktu lama.

Manfaat Memasang Baja Ringan

Pemasangan baja ringan mendatangkan beragam manfaat untuk konstruksi, beberapa di antaranya adalah:

  1. Ringan dan Kokoh

Sesuai namanya, baja ringan mempunyai bobot yang ringan. Walau demikian, tidak membuat kualitas baja ringan menjadi ringkih. Baja ringan tetaplah kokoh untuk menopang material atap pada bangunan. Dengan proses pemasangan yang tepat membuat baja ringan semakin kuat dan tidak mudah bergeser pada struktur atap.

  1. Pemasangan Cepat

Bila dibandingkan dengan material seperti kayu atau beton, pemasangan baja ringan cenderung lebih cepat. Hal demikian karena baja ringan mempunyai karakter yang mudah dibentuk sesuai kebutuhan. 

Proses pemasangannya juga tidak memerlukan waktu lama. Kamu dapat memanfaatkan bor listrik untuk merekatkan antar baja ringan ketika membentuk rangka struktur.

  1. Durabilitas Kuat

Baja ringan mempunyai durabilitas yang tidak main-main. Terbuat dari campuran komposisi aluminium, zink, silikon dan lain sebagainya menjadikan baja ringan tahan korosi. Artinya, baja ringan sangat cocok untuk penggunaan di Indonesia dengan curah hujan yang tinggi.

Selain tahan korosi, baja ringan juga tidak mudah lapuk akibat dari serangan rayap atau jamur. Berbeda dengan material kayu yang cenderung lebih sensitif dengan suhu lembab ketika musim hujan.

Penutup

Demikian ulasan tentang cara memasang baja ringan dan manfaat pengaplikasiannya pada bangunan. GNET Baja Ringan dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan baja ringan pada bangunan Kamu.

Terbuat dari material bermutu tinggi menjadikan GNET Baja Ringan mempunyai daya tahan maksimal. Serta hanya membutuhkan perawatan minimal. 

Temukan lebih banyak artikel tentang tips dan trik bangunan lainnya di website GNET Indonesia.