KEMBALI KE ARTIKEL
27 June 2022

APA ITU SPLIT LEVEL?

Rumah dengan konsep split level, pernahkah kamu mendengarnya? Mungkin masih terdengar asing karena memang belum terlalu populer di Indonesia. Konsep rumah ini awalnya berasal dari wilayah Amerika Utara, diperkenalkan pada pertengahan abad ke-20 yang akhirnya menjadi populer saat Perang Dunia terjadi dan kemudian digunakan sampai saat ini. Masyarakat yang tinggal di pinggiran kota berkembang banyak menggunakan konsep split level karena lahan terbatas dan berkontour.

 

Source: Deezen

Dalam dunia arsitektur, istilah split level memiliki definisi sebagai gaya rumah yang ketinggian tiap lantainya diubah. Split level digunakan sebagai pembeda fungsi ruangan di dalam rumah, teknik konstruksi ini akan membuat rumah terlihat lebih luas.

Akhir-akhir ini, split level digunakan juga untuk mendeskripsikan adanya perbedaan lantai yang minor seperti hanya beberapa puluh sentimeter. Walau hanya menggeser ketinggian lantai beberapa sentimeter pada rumah split level, seluruh ruangan akan berubah menjadi lebih lapang.

Source: tenniswood

 

KONSEP SPLIT LEVEL

Konsep split level memiliki beberapa keuntungan seperti membuat suasana rumah kamu menjadi lebih leluasa dan terbuka. Rumah kamu akan terasa lebih hangat dan dekat karena tidak ada pembatas yang masif yang mempermudah komunikasi antar penghuni rumah menjadi lebih lancar dengan memanfaatkan konstruksi split level.

Selain itu, konsep split level menambahkan nilai plus pada estetika rumah kamu. Dengan perhitungan matang dan desain yang tepat, konsep split level membuat visual dalam rumah menjadi lebih unik dan tidak monoton seperti rumah berlantai dua pada umumnya.

Source: Archdaily

Tujuan utama dari rumah berkonsep split level adalah menciptakan ruangan tambahan dengan memanfaatkan ketinggian langit-langit rumah. Semakin tinggi langit-langit rumah, semakin banyak udara yang akan masuk secara maksimal ke dalam rumah kamu. Konsep split level dinilai cukup efektif dalam menghemat biaya untuk membuat rumah lebih luas.

 

KEUNTUNGAN KONSEP SPLIT LEVEL

Keuntungan lainnya dalam menerapkan konsep split level adalah kamu tidak perlu membeli partisi atau pintu pembatas tambahan karena hanya ketinggian lantai yang memisahkan area dalam rumah. Kalau awalnya konsep split level ditujukkan untuk rumah yang berlahan sempit, kini rumah-rumah yang luas pun juga menerapkan konsep ini. Perbedaan ketinggian lantai memberikan nilai visual plus pada tampilan dalam rumah. Berikut ini, ada beberapa tips yang dapat kamu ikuti jika berniat untuk menerapkan konsep split level!

1. Contoh pertama bisa kita mulai dari ruang makan dan ruang keluarga. Bila kedua ruangan ini bersebelahan, kamu bisa menaikkan lantai sekitar 50-100cm untuk membedakan area kedua ruangan tersebut.

 

Source: hemnet

 

2. Desain unik rumah split level juga identik dengan fungsi ruang berkonsep open space tanpa batas partisi yang terlalu masif. Misalnya ruang tamu menyatu dengan ruang makan. Bila tema hunian Anda ialah industrial, Anda bisa memainkan tema tersebut pada area tangga. Gunakan bahan baja, spandex, besi, atau aluminium untuk memperkuat tema industrial pada hunian Anda.

Source: Pinterest

 

3. Konsep split level identik dengan ruangan berkonsep open space atau terbuka tanpa partisi atau pembatas masif. Contohnya pada gambar dibawah ini, dimana ruang makan dan ruang tamu menyatu menjadi satu area. 

Source: The Interiors Addict

 

4. Seperti yang sudah kita bahas diawal, tujuan awal terciptanya konsep split level adalah memanfaatkan lahan sempit di daerah perkotaan tetapi ingin mendapatkan rumah bertingkat. Maka, konsep ini adalah solusi bagi kamu yang ingin memiliki rumah idaman dengan lahan yang terbatas. Penataan ruangan sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal.

Source: Deezen

 

5. Yang harus kamu ketahui, rumah split level tentu berbeda dengan rumah konvensional biasanya karena perbedaan ketinggian lantai yang bervariasi dengan tangga sebagai penghubung area ruangan. Hal-hal ini akan membutuhkan biaya lebih dari rumah yang biasanya.

Source: decorfacil

 

Nah, kamu baru saja membaca artikel mengenai konsep rumah split level. Persiapkan perencanaan budget dan desain yang kamu inginkan dengan matang agar hasil rumah impian kamu bisa dibangun secara maksimal. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan bangunan terbaik dari GNET agar awet dan tahan lama. Hunian nyaman, GNET solusinya!