KEMBALI KE ARTIKEL
08 September 2021

GNET

Penyebab lantai granit di rumah mudah lepas

 

Mempunyai jenis lantai granit di rumah bisa dibilang adalah suatu kemewahan. Hal ini karena dibandingkan dengan jenis lantai lain, bahan granit lebih kokoh, serta tampilan lebih berkelas. Meskipun begitu, banyak yang sering mengalami bahwa lantai granit mudah lepas. Kok bisa? Ada beberapa fakto yang bisa menyebabkan jenis lantai ini mudah lepas. Meskipun lantai granit memberikan kesan mewah, memasangnya pun tidak bisa sembarangan dan perawatannya pun harus dilakukan secara rutin. Apa saja sih penyebab granit mudah lepas?

1. Pembuatan perekat yang kurang tepat menyebabkan lantai granit mudah lepas

lantai granit mudah lepas

Sumber: doityourself.com

 

Penyebab utama lantai granit mudah lepas biasanya berkaitan dengan pembuatan perekat yang digunakan. Hal ini karena perekat memiliki peran penting pada pemasangan lantai. Jika adonan perekat yang kamu buat terlalu lembek, maka perekat berpotensi menyusut saat sudah kering. Hal ini menyebabkan sambungan antar lantai menjadi renggang dan lantai pun lepas. Selain itu, campuran antara semen dan pasir yang tidak sesuai juga menimbulkan adanya kantong udara di bawah lantai.

 

2. Pemasangan tidak dilakukan oleh yang profesional sehingga lantai granit mudah lepas

lantai granit mudah lepas

Sumber: Tribun Jogja

Jika tidak dipasang oleh ahlinya, sudah tentu ini jadi penyebab lantai granit mudah lepas. Pemasangan lantai granit harus dilakukan oleh yang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya agar mampu memberikan tampilan yang menarik, namun juga menghindari resiko yang tidak diinginkan. Hubungi saja para aplikator GNETION untuk memasang lantai granit di rumah kamu. Dijamin aman!

 

3. Lantai granit mudah kepas karena dipasang dengan teknik yang tidak tepat 

lantai granit mudah lepas

Sumber: Shutterstock

Pemasangan lantai tidak bisa sembarangan karena memiliki standar teknik yang khusus lho. Tekniknya yaitu dengan memulai satu keeping lalu memanjang, bukan melebar. Selain itu, arah pemasangan yang benar yaitu dimulaid dari sisi bagian dalam menuju ke sisi bagian luar. Artinya, lantai granit lebih baik dimulai dari area tengah ruangan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke tepi hingga menuju area pinggir ruangan. Jangan pernah memasang lantai granit dari sisi bagian luar menuju sisi bagian dalam, karena akan menyebabkan hasil pekerjaan menjadi tidak rapi. Pemasangan yang tidak rapi akan meningkatkan resiko lantai lepas.

 

4. Menginjak lantai granit yang baru saja dipasang

Jika lantai granit mudah lepas, coba inget-inget lagi deh. Dulu ketika awal pemasangan, apakah ketika selesai kamu langsung menginjaknya? Karena jika kamu melakukannya, hal inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab lantai granit mudah lepas. Menginjak lantai granit saat perekat belum kering akan menekan salah satu sisi lantai dan mengangkat sisi yang lain, sehingga bagian lantai granit yang terangkat tidak merekat secara sempurna.

 

5. Kualitas lantai granit yang buruk menyebabkan lantai granit mudah lepas

memilih lantai granit

Sumber: Freepik

Keramik atau granit dengan kualitas buruk memiliki ketahanan yang buruk juga. Hal ini juga yang menjadi penyebab lantai granit bisa pecah, atau bahkan meledak akibat ketahanannya yang tidak bagus. Gunakan lantai granit yang kualitasnya jelas. GNET memiliki dua jenis lantai granit berkualitas, yaitu JETRI Granit Tile, dan GIBPRO Luxury Granite Tile

 

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa jadi penyebab lantai granit mudah lepas. Sederhananya, jika bahan lantai granit kualitasnya bagus, dan dipasang dengan teknik yang tepat dan oleh yang profesional, maka resiko lantai lepas akan lebih kecil.