KEMBALI KE ARTIKEL
28 June 2023

Ukuran tempat tidur yang tepat tentu akan mempengaruhi kualitas istirahat. Bila Kamu tidur di kasur yang terlalu kecil tentu akan memberikan rasa tidak nyaman. Sebaliknya bila kasur kamu terlalu besar dapat lebih memakan ruang yang lebih boros pada kamar tidur.

Maka dari itu Kamu perlu benar-benar memperhatikan ukuran tempat tidur atau ranjang dengan sebagaimana mestinya. Nah, GNET Indonesia akan mengajak Kamu untuk mengenal jenis ukuran tempat tidur dan tips memilihnya melalui ulasan berikut.

Jenis-Jenis Ukuran Tempat Tidur

Sebenarnya ada banyak jenis ukuran tempat tidur yang ada di dunia. Namun, ukuran umum yang biasa ditemukan di Indonesia di antaranya yaitu:

1.Single Bed

Mengenal Jenis-Jenis Ukuran Tempat Tidur dan Tips Memilihnya

Source: Bedandbasics

Ukuran single bed merupakan yang paling kecil. Setiap negara pada umumnya punya tolak ukurnya tersendiri. Untuk di Indonesia, single bed memiliki ukuran 90 x 200 cm dan 100  x 200 cm . Tak cuma di Indonesia, size tersebut juga cukup sama di negara Eropa Utara. Misalnya, seperti Swedia, Norwegia, dan Denmark.

Sesuai dari namanya, single bed disarankan untuk hanya digunakan satu orang saja. Cocok digunakan untuk Kamu yang masih tinggal sendiri atau punya ruang kamar yang kecil. Umumnya, single bed diperuntukkan untuk anak-anak.

2.Double Bed

Bila single bed belum cukup besar, Kamu bisa memilih ukuran double bed. Dengan panjang 200 cm x 120 cm, ranjang ini biasa digunakan pada hotel. Walau namanya double, tempat tidur tersebut tetap bisa Kamu gunakan seorang diri.

Ukuran ini cukup populer lantaran mempunyai jarak tidur yang cukup luas, tapi tetap menghemat ruang pada kamar tidur. Buat Kamu yang mempunyai ruang kamar minimalis tempat tidur ini akan sangat cocok Kamu gunakan. Harganya juga cukup terjangkau bila dibandingkan dengan ukuran ranjang yang lebih besar.

3.Double XL

Double XL mempunyai ukuran 140 cm x 200 cm. Biasanya jenis ini cukup jarang ditemukan di pasar Indonesia. Namun, masih ada beberapa toko yang menyediakannya. Umumnya, tempat tidur double XL mempunyai kasur sorong 2 in 1. Ranjang ini cukup luas untuk digunakan satu orang ataupun dua orang.

4.Queen Size

Ketika double XL belum cukup besar, pilihan selanjutnya adalah ukuran queen size. Tempat tidur ini bisa memberikan ruang yang lebih luas dan memadai untuk istirahat secara leluasa. Dengan lebar 160 cm x 200 cm Kamu bisa gunakan ranjang tersebut dengan dua orang.

5.King Size

Sama seperti namanya, yaitu king size. Ukuran dari tempat tidur ini cukup besar dengan panjang 200 cm dan lebar 280 cm. Ranjang ini sangat leluasa dan nyaman untuk membuat kualitas istirahat Kamu semakin meningkat.

Tempat tidur tersebut juga memungkinkan untuk digunakan tidur oleh pasangan yang baru menikah atau orang tua bersama anaknya yang masih kecil.

6.Super King Size

Ketika Kamu merasa ukuran king masih kurang luas, Super King size dapat menjadi solusi lainnya. Berukuran panjang 200 cm dan lebar 200 cm, Kamu dapat menggunakan ranjang ini untuk berdua hingga 3-4 orang. Tempat tidur ini bisa mencakup satu keluarga dengan 4 anggota, yaitu ayah, ibu, dan dua anak. 

Tips Memilih Tempat Tidur

Setelah mengenal jenis-jenis ukuran tempat tidur, berikut ada beberapa tips untuk memilihnya agar benar-benar sesuai dengan selera dan kebutuhan.

1.Bahan Kasur

Mengenal Jenis-Jenis Ukuran Tempat Tidur dan Tips Memilihnya

Source: Westelm

Tips pertama adalah sesuaikan bahan kasur. Ada beberapa jenis bahan kasur yang umum ditemukan, di antaranya:

- Memory Foam: Bahan ini terbuat dari lapisan busa dengan kepadatan yang bervariasi. Ketika digunakan memory foam akan menyesuaikan dengan bentuk tubuh Kamu saat tidur.

- Lateks: Bahan lateks diproduksi dengan material alami. Perbedaan bahan lateks dan memory foam, yakni pada tingkat kekokohannya yang berfungsi untuk mengatasi gangguan masalah di area punggung.

- Spring Bed: Bahan spring bed tersusun dalam rangkaian sejumlah baja pegas yang berbentuk lingkaran. Umumnya, ranjang tersebut memiliki lapisan busa yang tebal di bagian atas sehingga nyaman untuk menopang tubuh bagian belakang Kamu.

2.Ukur Luas Kamar

Selanjutnya ukurlah luas kamar Kamu sebelum membeli tempat tidur. Jangan sampai, tempat tidur yang Kamu beli mempunyai ukuran yang terlalu besar sehingga tidak muat ditempatkan di kamar.

Akan tetapi, bila Kamu tetap membutuhkan tempat tidur dengan ukuran besar, carilah yang bisa dilipat agar tidak memakan ruang yang besar.

3.Siapa yang akan Menggunakan?

Untuk siapa dan berapa orang yang akan menggunakan tempat tidur tersebut? Apakah untuk anak-anak atau orang dewasa. Bila orang anak-anak ukuran single bed dapat menjadi pilihan yang tepat.

Sebaliknya, jika ranjang diperuntukkan pada orang tua atau orang dewasa, disarankan untuk memilih setidaknya ukuran double bed. Dengan demikian, pengguna ranjang akan lebih nyaman untuk beristirahat.

Itulah pembahasan tentang jenis-jenis ukuran tempat tidur dan tips untuk memilihnya. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat untuk membantu Kamu. Temukan tips & trik menarik tentang hunian lainnya di Instagram GNET Indonesia, ya!