KEMBALI KE ARTIKEL
21 June 2022

Inovasi di dunia arsitektur memang tidak pernah berhenti dan terus berkembang sejak zaman dahulu hingga zaman modern seperti sekarang, seperti paviliun. Ternyata, struktur paviliun sendiri merupakan salah satu karya arsitektur warisan peninggalan pemerintahan Kolonial Belanda. Umumnya, struktur paviliun dibangun terpisah dari bangunan utama, dan terletak di bagian samping, depan, atau belakang bangunan utama seperti rumah. Berdirinya si rumah kecil ini juga biasanya diperuntukkan sang pemilik untuk menyalurkan hobi, tempat beristirahat keluarga, hingga sebagai ruang kerja terpisah. Dalam artikel ini, yuk mari sama-sama kita kenalan lebih dalam dengan paviliun!

Source: Pinterest

 

Apa Itu Paviliun?

Source: Pinterest

Paviliun merupakan sebuah karya arsitektur atau struktur bangunan yang dibuat dengan tujuan tertentu dan umumnya terpisah dari hunian utama dari suatu area bangunan. Pada awalnya, paviliun ditujukan untuk tempat hunian bagi asisten rumah tangga, rumah singgah bagi tamu, bahkan sempat menjadi stuktur bangunan bagi rumah sakit untu tempat rawat inap para pasien. Namun seiring berjalannya waktu alasan dibangunnya struktur paviliun bergeser, seperti untuk kebutuhan estetika suatu hunian, sebagai situs bangunan sekunder, pemanfaatan lahan yang kosong dari area rumah atau bangunan, sampai menjadi sebuah hunian sewaan bagi banyak orang.

Lalu apa bedanya dengan hunian Kost? Paviliun dan Kost tentunya berbeda. Pertama adalah luas unit, dimana paviliun umumnya memiliki luas yang lebih besar dibandingkan dengan kost yang biasanya berbentuk bangunan dengan banyak kamar. Kedua, fasilitas paviliun umumnya tidak selengkap kost. Hal ini dikarenakan dekorasi dan furniture paviliun diisi oleh sang penyewa atau pemilik, sedangkan hunian kost umumnya sudah dilengkapi fasilitas dan kelengkapan standar hunian. Ketiga, periode sewa paviliun lebih panjang seperti tahunan, sedangkan hunian kost umumnya punya periode bulanan saja. Terakhir, tagihan dan biaya untuk menyewa paviliun relatif lebih mahal dibandingkan dengan hunian kost.

 

Serba Serbi Si Rumah Kecil Paviliun dan Ragam Fungsinya

Paviliun memang dikenal sebagai karya arsitektur yang punya fungsi untuk menyalurkan hobi, area bersantai, ruang kerja, hingga hunian untuk tamu. Selain itu, paviliun juga memiliki fungsi lain. Apa saja? Yuk simak dibawah ini.

1. Outdoor Pavilion

Source: Pinterest

Paviliun dapat difungsikan untuk hunian minimalis yang berguna sebagai spot duduk-duduk sambil bercengkerama dan minum kopi. Sebagai hunian estetika, paviliun juga bisa ditambahkan beberapa furniture seperti sofa, coffee table, karpet santai, hingga rak buku sebagai pelengkap. Selain itu, kamu juga bisa tambahkan taman bunga atau kolam renang sebagai penghubung antara paviliun dan rumah atau bangunan utama.

 

2. Dapur atau Ruang Makan

Source: Pinterest

Mirip dengan fungsi gazebo atau pergola, rumah kecil paviliun juga bisa diandalkan sebagai ruang daput outdoor dengan dukungan material kayu atau bebatuan untuk menambah estetika. Fungsi ini sangat menyenangkan ketika dipakai untuk acara-acara keluarga, seperti hari-hari raya.

 

3. Gudang atau Tempat Penyimpanan

Source: Pinterest

Paviliun juga bisa menjadi opsi bagi rumah yang sudah kehabisan ruang untuk gudang atau tempat penyimpanan tambahan. Kamu bisa membuat gudang minimalis untuk menyimpan barang-barang yang sudah tidak terpakai, bahkan bisa dikombinasikan dengan fungsi-fungsi lainnya.

 

4. Ruang Serbaguna

Source: Pinterest

Paviliun juga bisa difungsikan sebagai rumah kedua, dimana kamu dapat melakukan banyak hal sesuai dengan keinginanmu seperti hobi atau sekedar koleksimu. Fungsi ini lebih cocok dikaitkan dengan minat atau ketertarikan seseorang untuk mengabadikan hal yang mereka suka dan cintai.

Jadi, gimana? Semoga kamu sudah mengenal lebih dalam tentang si rumah kecil paviliun, ya! Jangan lupa untuk tetap gunakan bahan bangunan berkualitas untuk hasil hunian yang maksimal. Hunian nyaman, GNET solusinya!