KEMBALI KE ARTIKEL
20 March 2021

GNET

fasad dengan papan silikat

Fasad modern dengan papan silikat

Sumber: Pinterest

Apa itu papan silikat?

Papan silikat merupakan material bahan bangunan yang terbuat dari campuran pasir silika dan semen, yang diperkuat dengan serat selulosa. Papan silikat dapat digunakan untuk aplikasi plafon, dinding partisi, dan sebagai pengganti triplek pada berbagai aplikasi bangunan, seperti perumahan, hotel, gedung bertingkat tumah sakit, sekolah, dan lain sebagainya. 

 

Pengapikasikan papan silikat

Sumber: prancebuilding

Walaupun harganya lebih mahal dibanding papan kayu atau triplek, namun aplikasinya jauh lebih mudah dan bobotnya lebih ringan. Papan silikat ini cocok diaplikasikan pada berbagai bagian rumah, baik eksterior maupun interior, seperti plafon, partisi ruangan, penutup dinding kolom, sampai dinding luar. Proses pemasangannya pun tergolong cukup mudah. Papan silikat saat ini bukan hanya sebagai material substitusi kayu atau triplek, namun merupakan produk yang mendukung sistem pembangunan yang lebih praktis dan cepat.

 

Keunggulan papan silikat

Ternyata, masih banyak yang belum mengetahui kelebihan papan silikat yang dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti kayu atau triplek sebagai material bahan bangunan. Berikut beberapa keunggulan papan silikat:

1. Papan silikat anti lapuk, jamur, dan serangan rayap

Material seperti kayu maupun triplek memiliki ketahanan yang minim terhadap lembap. Hal ini membuat material tersebut mudah lapuk dan rentan terhadap jamur dan serangan rayap. Nah, papan silikat ini dapat dijadikan alternatif pengganti kayu atau triplek karena sifatnya yang tahan terhadap lembap. Papan silikat cocok digunakan terutama untuk pengaplikasian ruangan yang lebih lembab seperti kamar mandi atau teras rumah.

 

2. Papan silikat lebih awet dan tahan lama

papan silikat awet

Sumber: Pinterest

Oleh karena ketahanannya terhadap lembap, papan silikat dapat bertahan lebih lama disbanding material lain. Sehingga dengan menggunakan papan silikat, kamu dapat menghemat biaya perawatan.

 

3. Papan silikat memiliki tingkat kepadatan yang tinggi

Oleh karena papan silikat memiliki tingkat kepadatan yang tinggi, papan siliakt mampu meredam suara dengan lebih baik disbanding kayu atau triplek. Hal ini tentu akan menajdikan hunian lebih nyaman.

 

4. Memiliki bobot yang ringan dan fleksibel

Meskipun papan silikat ini terbuat dari bahan yang padat, kokoh, dan kuat, namun hebatnya, papan silikat ini memiliki bobot yang ringan. Selain itu, papan silikat juga memiliki bentuk yang fleksibel.

 

5. Desain modern dan ramah lingkungan

rumah modern papan silikat

Sumber: Archdaily

Apakah kamu tertarik dengan tampilan rumah bergaya modern? Jika jawabannya iya, maka papan silikat ini adalah solusi yang tepat. Selain itu, papan silikat ini dibuat 100% TANPA ASBES. Sehingga papan silikat ini tidak berbahaya bagi kesehatan, dan hunian kamu akan lebih sehat dan tentunya ramah lingkungan! 

 

Gimana, cukup takjub kan dengan berbagai kelebihan dari papan silikat? Untuk kualitas terbaik, gunakan papan silikat GNET yang sudah terbukti JELAS kualitasnya!