KEMBALI KE ARTIKEL
23 June 2021

GNET

Desain Rumah Japandi yang Populer

Halo Sobat GNETion! Pada tau gak istilah Japandi yang saat ini sedang populer? Japandi adalah desain rumah yang menggabungkan gaya interior Japanese dan Skandinavia. Desain ini merupakan kombinasi dari fungsionalitas Skandinavia dan minimalis Jepang untuk menciptakan suasana nyaman namun sederhana. 

Masyarakat Jepang terkenal akan kehidupan minimalis dan sederhana mereka. Rumah Jepang identik dengan nuansa minimalis yang menenangkan jiwa. Berbeda dengan Jepang, interior Skandinavia adalah interior dengan desain masa kini, namun tetap menerapkan prinsip kebahagiaan melalui keseimbangan dalam hidup. Lalu seperti apa rumah ala Japandi ini? Yuk simak terus di bawah ini!

1. Perpaduan warna ala desain Japandi

tren desain rumah japandi 2021

Sumber: Johnlewis 

Warna putih juga menjadi warna andalan yang pasti selalu ada di palet warna ala Japandi. Hal ini karena putih secara efektif bisa dengan mudah memberikan kesan bersih, luas, dan netral. Dikombinasikan dengan warna cerah pastel, desain rumah Japandi akan terlihat lebih sempurna.

 

2. Perabotan desain Japandi

perabot multifungsi desain rumah japandi

Sumber: rumah123

Minim perabotan gak masalah. Minimalis artinya tidak membutuhkan berbagai furnitur atau perabot yang terlalu banyak dan menyesakkan ruangan. Cukup pilih furniture atau perabotan yang memang benar-benar digunakan. Fungsional adalah kuncinya, yaitu ketika furnitur yang digunakan sudah mencukupi apa yang menjadi kebutuhan kamu di rumah. Untuk apa menambah perabot lain jika hanya membuat ruangan jadi lebih sempit?

Kamu bisa juga memiliih perabot yang bisa multifungsi, yaitu perabot yang hanya dipakai satu hal, bisa juga dipakai untuk hal lain. Misalnya sofa yang bisa menjadi sekaligus tempat tidur, rak yang bisa juga menjadi meja, dan lain sebagainya.

 

3. Dominasi suasana alami ala rumah Japandi

desain rumah japandi natural

Sumber: extraspace.com

Sebagai elemen pendukung dari putih sebagai warna utama, desain Japandi juga mengutamakan unsur-unsur alam seperti kayu. Kamu bisa menggunakan lantai SPC motif kayu sebagai material lantai rumah. Lantai jenis SPC akan memberikan kesan alami dan menenangkan, namun tetap terlihat elegan. Selain itu, untuk mendukung suasana alami dalam rumah, bisa juga menambahkan sentuhan tanaman hijau agar hunian lebih terasa sejuk.
 

4. Lifestyle ala Japandi

gaya hidup desain rumah Japandi

Sumber: Amartha 

Selain hunian ala Japandi, lebih bagus lagi jika kamu juga menerapkan gaya hidup ala Japandi. Gaya Japandi mengusung perpaduan konsep Wabi-sabi ala Jepang dan konsep Lagom ala Skandinavia. Gaya desain Japandi mengusung konsep Wabi-sabi dan Lagom. Wabi-sabi merujuk pada menghargai keindahan dalam ketidaksempurnaan. Sedangkan Lagom, mencari keseimbangan dalam hidup. Dua konsep ini akan menunjang gaya hidup pemilik rumah yang tentunya akan berpusat pada kecukupan dalam hidup. Sesuai dengan prinsip Japandi, berikut gaya hidup yang bisa kamu terapkan sehari-hari:

  1. Menyusun barang sesuai kategori sehingga tak lagi tampak berantakan
  2. Meluangkan me time secukupnya
  3. Berhenti kerja lewat dari jam 8 malam
  4. Menjaga pola makan sehat seperti makan makanan bergizi dan seimbang 

Seru kan menerapkan desain rumah sekaligus gaya hidup ala Japandi? Jika kamu ada kebutuhan bahan bangunan, serahkan pada GNET yang udah jelas kualitasnya. Hunian nyaman, GNET solusinya!