KEMBALI KE ARTIKEL
29 June 2022

 

Salah satu faktor yang perlu kita perhatikan saat membangun atau membeli rumah adalah lokasinya. Lokasi rumah sangat membantu pemilik untuk mengenali lingkungan rumah nantinya, seperti kondisi air dan lahan, kebersihan lingkungan, akses listrik dan telepon, fasilitas utama dan pendukung, lokasi strategis, hingga posisi rumah. Salah satu posisi rumah yang cukup dikenal banyak orang adalah rumah hook, kamu tidak asing dengan istilah tersebut, bukan?

Source: Pinterest

 

Apa Itu Rumah Hook?

Source: Pinterest

Usut punya usut, kata hook yang sering dipakai sebagai istilah properti “rumah hook” merupakan serapan dari bahasa Belanda “hoek” yang memiliki arti pojok atau sudut. Hook atau rumah hook adalah istilah untuk rumah yang posisinya terletak di sudut atau ujung perumahan, dan berada di persimpangan dua jalan, serta punya dua fasad atau sisi yang terbuka dan salah satu sisi sampingnya biasa menghadap ke jalan. Sisi-sisi yang terbuka itulah yang menjadi ciri khas rumah hook dibandingkan dengan rumah yang lain.

Secara umum, rumah hook lebih tenang dan terprivasi, memiliki pencahayaan matahari yang baik dan banyak, serta lahan yang lebih luas. Oleh karena itu, rumah hook biasanya memiliki denah lantai dan blueprint yang cukup berbeda dibandingkan rumah lain pada lingkungan tersebut. Sehingga, beberapa ruang atau spot pada rumah hook memiliki porsi yang lebih besar dan lebih banyak seperti garasi atau halaman.

 

6 Hal Ini Yang Membuat Rumah Hook Lebih Spesial

1. Posisinya Strategis Sebagai Tempat Bisnis atau Usaha

Source: Pinterest

Posisinya yang berdiri di sudut dan terletak di persimpangan dua jalan memberikan akses spesial tersendiri bagi rumah hook dalam berbisnis. Jika dijadikan sebagai tempat usaha atau bisnis, rumah hook memiliki keuntungan karena punya dua fasad (sisi wajah rumah atau bangunan) yang dapat terlihat dari dua sisi jalan. Hal ini menguntungkan jika lahan hook dijadikan spot bisnis atau usaha seperti toko, ritel, perkantoran, media promosi, maupun rumah atau bangunan. Bangunan hook dapat menjadi ciri khas yang mudah diingat dan memiliki jumlah sisi yang lebih banyak untuk dipandang dari luar dibandingkan rumah atau bangunan yang lain.

 

2. Memiliki Nilai Investasi yang Menjanjikan

Source: Pinterest

Jika Anda gemar berinvestasi, rumah atau bangunan hook bisa jadi salah satu pilihan. Harga atau nilai rumah hook terus meningkat tiap tahunnya, hal ini dikarenakan pangsa pasar dan permintaannya yang tinggi. Sehingga pemilik dapat menjualnya kembali dengan harga yang jauh lebih tinggi, atau opsi lainnya yaitu menyewakannya dengan pihak lain.

 

3. Fleksibel, Memberikan Akses Desain Tanpa Batas

Source: Pinterest

Kelebihan lain yang bisa dirasakan oleh pemilik rumah hook adalah opsi desain yang sangat luas. Desain rumah hook bersifat fleksibel yang memungkinkan pengguna dapat mengatur fasad rumah di salah satu dari kedua sisi, atau bahkan keduanya. Hal ini memberikan variasi yang beragam dan memberikan kesan yang dinamis.

 

4. Menyalurkan Hobi atau Minat

Source: Pinterest

Rumah hook memiliki denah lahan dan bangunan yang lebih luas dan punya sisi terbuka yang lebih. Sehingga pemilik dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk menyalurkan hobi seperti taman atau kebun, kolam renang, air mancur, atau spot lain khusus sedekar bersantai dan berkumpul dengan keluarga. Bahkan, elemen air dapat menyalurkan energi positif untuk rumahmu.

5. Renovasi yang Mudah

Source: Pinterest

Berbeda dengan rumah atau bangunan lain, rumah hook memiliki opsi renovasi yang lebih mudah. Hal ini kembali dikarenakan lahannya yang relatif lebih luas, sehingga kita bisa dengan leluasa merancang ulang dan merenovasi lahan dengan mudah. Seperti menambahkan pagar untuk fungsi privasi, balkon kecil tambahan, hingga dapat menambahkan pintu samping sebagai akses masuk alternatif yang tentu perlu diperhatikan juga sisi keamanannya.

 

6. Sirkulasi dan Pencahayaan yang Lebih Baik

Source: Pinterest

Satu hal lagi yang membuat rumah hook spesial adalah mendapatkan sirkulasi udara yang lebih banyak dan pencahayaan matahari yang lebih baik. Sudut bangunannya yang banyak memudahkan udara untuk bersirkulasi, seperti sisi bangunan yang terbuka dan tidak bersentuhan dengan bangunan tetangga. Sinar matahari yang masuk juga lebih banyak karena banyaknya sisi sehingga pencahayaan alami lebih banyak didapatkan.

 

Dengan begitu, rumah hook bisa jadi salah pilihan bagi Anda yang menginginkan lahan atau properti yang punya multifungsi, baik fungsi estetika maupun nilai bisnis yang menguntungkan. Semoga kamu sudah mengenal lebih dalam tentang rumah hook, ya! Jangan lupa untuk tetap gunakan bahan bangunan berkualitas untuk hasil hunian yang maksimal. Hunian nyaman, GNET solusinya!